Rekomendasi 10 Oleh Oleh Khas Sumatera


prita  October 5, 2020  0 Comment

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang terdiri dari 10 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung. Pulau yang menduduki peringkat keenam sebagai pulau terbesar di dunia ini tak hanya menyimpan berbagai wisata alam yang memukau, namun juga kaya akan sejarah, budaya, suku serta kuliner khas yang menggugah selera. Pulau ini memang menjadi destinasi wisata yang cukup menarik dan banyak menyedot wisatawan setiap tahunnya. Bila kamu juga berencana untuk berlibur kesana, jangan lupa untuk membawa oleh oleh khas Sumatera untuk keluarga di rumah atau sebagai kenang-kenangan. Apa saja oleh oleh khas Sumatera yang patut kamu beli? Berikut adalah daftarnya.

1. Kopi Aceh, Aceh

kopi aceh
yours.org

Oleh oleh khas Sumatera yang pertama adalah Kopi Aceh yang berasal dari Provinsi Aceh. Provinsi ini memang sangat terkenal sebagai penghasil kopi unggulan di Indonesia dan mancanegara.

Jika kamu berkunjung ke Pulau Sumatera tepatnya ke Provinsi Aceh, kamu wajib berkunjung ke kota Banda Aceh dimana kamu bisa menemukan kawasan Jalan Lamreung yang banyak sekali ditemukan penjual kopi Aceh. Berbagai varian kopi Aceh tersedia disini, mulai dari Kopi Gayo, Kopi Ulee Kareng hingga Kopi tarik khas Aceh.

Gotravelly

Es Kesambi 4 Salatiga: Slurrpppp.. Segarnya Es Pelepas Dahaga Menepis Panasnya Cuaca

Melihat Kupu-Kupu Di Taman Kupu-Kupu Sukardi

2. Bika Ambon, Sumatera Utara

bika ambon
lifestyle.okezone.com

Meskipun namanya adalah Bika Ambon, namun sajian yang satu ini adalah salah salah satu oleh oleh khas Sumatera yang wajib dibeli. Bika Ambon ini berasal dari Provinsi Sumatera Utara, tepatnya kota Medan dan menjadi oleh oleh yang paling dicari oleh wisatawan.

Bika Ambon memiliki bentuk balok berwarna kuning yang berlubang dan berserat. Kue ini terbuat dari tepung tapioca, air nira, telur, gula dan beberapa rempah lainnya untuk menambah cita rasa. Salah satu penjual Bika Ambon yang cukup terkenal di kota Medan adalah Bika Ambon Zulaikha yang menyajikan Bika Ambon dengan aneka pilihan rasa.

3. Rendang Telur Kering, Sumatera Barat

rendang telur kering
m.omiyago.com

Sudah bukan rahasia lagi jika Provinsi Sumatera Barat sangat terkenal dengan olahan rendangnya. Tentunya rendang bisa jadi alternative pilihan oleh oleh khas Sumatera yang tak boleh kamu lewatkan untuk dibeli.

Terdapat sejumlah varian rendang yang bisa kamu temukan di Sumatera Barat dan salah satu rendang yang wajib kamu bawa pulang adalah Rendang Telur Kering. Rendang telur ini dibuat dari tepung terigu, telur ayam, daun salam, serai, daun jeruk, santan dan air. Rendang ini juga diberi bumbu rempah-rempah yang membuat cita rasanya semakin istimewa. Rendang telur kering ini terkenal memiliki rasa yang renyah dan sangat cocok untuk lauk makan bersama nasi.

4. Keripik Kari, Kepulauan Riau

keripik kari
limakaki.com

Oleh oleh Khas Sumatera yang wajib kamu beli selanjutnya adalah Keripik Kari. Keripik ini berasal dari Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya dari Batam.

Keripik Kari ini memiliki cita rasa gurih yang sangat istimewa. Tak hanya itu, terdapat aroma dan cita rasa gonggong yang sangat menggugah selera. Hal ini dikarenakan Keripik Kari ini dibuat dari tepung terigu, daun kari juga ekstrak gonggong yang gurih juga bergizi.

Untuk kalian yang tidak terlalu familiar dengan gonggong, Gonggong merupakan salah satu makanan laut khas Kepulauan Riau yang sangat populer. Gonggong dipilih untuk melengkapi rasa keripik ini karena rasanya yang nikmat dan aromanya yang sangat kuat. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Batam kerap membawa keripik iniuntuk oleh oleh.

5. Salai Ikan Patin, Riau

salai ikan patin
medium.com

Salai Ikan Patin juga menjadi salah satu oleh oleh khas Sumatera yang wajib untuk kamu beli saat berkunjung kesana. Salai Ikan Patin ini berasal dari Provinsi Riau, tepatnya di Kota Pekanbaru.

Ikan Patin memang terkenal sangat melimpah di Pekanbaru, tak heran jika masyarakat setempat mengolah ikan patin ini menjadi makanan yang lezat. Tak hanya lezat, ikan patin juga dikenal memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, maka tak heran jika Salai Ikan Patin ini menjadi buruan wisatawan saat berlibur ke Riau.

6. Dodol Nanas, Jambi

dodol nanas
m.omiyago.com

Pulau Sumatera memang jadi penghasil Nanas, maka tak heran jika kamu akan menemukan sejumlah oleh oleh khas Sumatera yang terbuat dari Nanas. Salah satunya adalah Dodol Nanas yang berasal dari Provinsi Jambi ini.

Dodol Nanas ini dikenal sebagai salah satu makanan ringan khas Jambi yang daya simpannya cukup lama. Sajian ini memiliki cita rasa yang legit dan menjadi salah satu kudapan yang paling banyak dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke Provinsi Jambi. Tak hanya lezat, harga dodol nanas ini juga terkenal sangat terjangkau, berkisar Rp 20.000 saja per kotaknya dan sangat mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Jambi.

7. Kerajinan Kulit Lantung, Bengkulu

kerajinan kulit lantung
ramahtraveler.com

Oleh oleh khas Sumatera selanjutnya bukanlah makanan atau minuman, melainkan sebuah kerajinan yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Kerajinan ini terbuat dari Kulit Lantung, yaitu sebutan untuk kulit kayu yang tumbuh di kawasan Bengkulu.

Kulit Lantung ini memiliki tekstur berserabut dan kasar dimana para pengrajin biasanya masih mempertahankan warna aslinya. Berbagai jenis kerajinan yang bisa dihasilkan dari Kulit Lantung ini, seperti gantungan kunci, tas, pigura hingga miniature Bunga Rafflesia dan Kota Bengkulu. Harga yang ditawarkan untuk kerajinan ini pun cukup terjangkau dan mudah sekali ditemukan di pusat oleh oleh kota Bengkulu.

8. Pempek, Sumatera Selatan

pempek
shopee.co.id

Jika berbicara soal oleh oleh khas Sumatera, rasanya kamu tidak boleh melewatkan sajian oleh oleh yang satu ini. Pempek adalah salah satu sajian khas Sumatera Selatan, tepatnya kota Palembang. Tak hanya jadi sajian khas, pempek juga bisa dijadikan alternative pilihan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Agar bertahan lama, kamu bisa membeli pempek yang telah dibekukan dan salah satu penjual pempek di kota Palembang yang cukup sering menjadi incaran wisatawan adalah Pempek Candy. Jika kamu tidak sempat untuk mencarinya di pusat kota, kamu pun bisa membelinya di Pempek Candy yang ada di Bandara.

9. Kerupuk Belitong, Bangka Belitung

kerupuk belitong
belitungoktour.com

Oleh oleh khas Sumatera berikut ini berasal dari Negeri Laskar Pelangi, yaitu Bangka Belitung. Kerupuk Belitong ini seolah menjadi oleh oleh wajib yang harus dibeli saat kau berlibur kesana.

Camilan kerupuk ini dibuat dari berbagai olahan seafood, mulai dari ikan, cumi, udang hingga kepiting. Kamu pun bisa memilih jenis kerupuk Belitong ini sesuai dengan selera dan variasi yang kamu suka. Kerupuk ini rasanya sangat nikmat, gurih dan juga krispi, tentunya sangat cocok dijadikan teman untuk bersantai di rumah.

10. Kain Tapis, Lampung

kain tapis lampung
infobudaya.net

Oleh oleh khas Sumatera yang terakhir adalah Kain Tapis. Kain Tapis ini berasal dari Provinsi Lampung dan menjadi oleh oleh wajib saat berkunjung kesana.

Kain Tapis ini merupakan kain tenun yang memiliki warna yang didominasi oleh emas dan perak dengan motif flora dan fauna. Tak hanya itu, kamu pun bisa menemukan motif lain seperti motif rumah tangga pada kain tapis cucuk andak.

Dulunya kain ini hanya digunakan oleh keluarga bangsawan yang tinggal di Lampung. Biasanya, kain ini digunakan saat upcara pemberian gelar adat, penyambutan tamu penting, acara pernikahan hingga upacara adat mengangkat saudara. Namun sekarang, kain ini sudah bisa digunakan oleh semua kalangan.



Leave a Reply