Melihat Kupu-kupu di Taman Kupu-kupu Sukardi

taman kupu kupu Sukardi

Ahmad_yunus_sukardi | Sightseeing
Tangerang, Banten, Indonesia | Theme Park
03 Aug 2020


Melihat Kupu-kupu di Taman Kupu-kupu Sukardi

How to Get There

Lokasinya persis di pinggir Jalan Raya Mauk. Untuk sampai ke lokasi taman kupu-kupu ini bisa ditempuh menggunakan sepeda motor atau kendaraan umum angkot merah putih trayek Kronjo - Pasar Baru Tangerang.

What to Do

 

Siapa sih yang tidak suka sama kupu-kupu? Sayapnya membuat banyak orang tertarik untuk memperhatikan kupu-kupu. Sayangnya Makhluk Cantik ini keberadaannya semakin sulit dilihat di alam sekitar kita, selain kecepatan kepakan sayapnya yang sulit untuk dijepret.

Kalau di alam Kupu-kupu makin susah untuk ditemukan, bagaimana kalau melihatnya langsung di penangkaran? Yup betul penangkaran kupu-kupu! Bulan Agustus 2020 ini ada penangkaran kupu-kupu yang baru dibuka untuk umum. Namanya Taman kupu-kupu Sukardi. Lokasi taman kupu-kupu ini ada di Desa Gintung Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang.

Taman kupu kupu Sukardi

Bangunan penangkaran kupu-kupu terdiri dari dua bangunan utama, yaitu ruang Kepompong Dan taman penangkaran, kedua ruangan ini dihubungkan dengan lorong. Pada ruang Kepompong kita bisa melihat ulat dan kepompong kupu-kupu yang disimpan pada toples, selain itu di ruangan ini juga terdapat panel informasi mengenai kupu-kupu. Bangunan kedua adalah taman penangkaran tempat kupu-kupu terbang bebas dan hinggap di tanaman bunga, ada puluhan jenis tanaman yang tumbuh di taman ini, bagian belakang berisi pohon-pohon inang kupu-kupu, bagian belakang ini kita bisa melihat kupu-kupu bertelur dan ulat.

Taman Kupu Kupu

Kegiatan yang bisa kita lakukan di taman kupu-kupu tentu saja adalah belajar tentang siklus hidup kupu-kupu yang mengalami metamorfosis sempurna. Selain itu pengelola Taman juga menyarankan beberapa aplikasi untuk mengidentifikasi jenis tanaman dan kupu-kupu. Buat kamu yang mau menjadi peneliti dadakan, kamu bisa cari tahu nama  tanaman dan kupu-kupu lewat aplikasi tersebut. Kegiatan seperti ini bisa sarana untuk berbagi pengetahuan kepada anak-anak tentang nama-nama tanaman dan kupu-kupu yang bisa saja kita sebagai orang dewasa belum mengetahui nama-namanya.

Taman Kupu Kupu Sukardi

Tips and Trick

Kupu-kupu merupakan serangga berdarah dingin, aktivitasnya terbatas dan takut pada sengatan panas. Aktivitas kupu-kupu lebih banyak dilakukan pada pagi dan sore hari saat langit teduh. Jadi buat kamu yang ingin mampir ke taman kupu-kupu ini sebaiknya datanglah pada pagi atau sore hari. Pada pagi hari, jika beruntung kita bisa menyaksikan kupu-kupu yang keluar dari kepompong.

Oh ya Taman kupu-kupu ini hanya menyediakan fasilitas parkir kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan sepeda gowes. Jadi yang mau dengan membawa kendaraan sendiri sebaiknya menggunakan sepeda motor atau sepeda gowes, tapi kalau tidak pakai kendaraan sendiri masih bisa ditempuh menggunakan angkot.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY