10 Oleh-oleh Khas Purwakarta Yang Murah dan Berkesan


Fida  May 16, 2021  0 Comment

Saat berkunjung ke Purwakarta, Anda akan dimanjakan dengan banyak tempat wisata alam sekaligus kuliner lezat. Jangan lupa untuk mencoba berkunjung ke salah satu tempat wisata atau mencoba salah satu kuliner khasnya. Purwakarta kerap menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur.Sepulang dari Purwakarta, ada beberapa oleh-oleh khas Purwakartayang sangat direkomendasikan untuk Anda bawa pulang.

1. Gula Cikeris

Gula Cikeris
travel.tribunnews.com

Salah satu oleh oleh khas Purwakarta yang sangat direkomendasikan untuk Anda bawa pulang adalah gula cikeris. Sesuai dengan namanya, gula yang satu ini dapat Anda jumpai di Desa Cikeris, Kecamatan Bojong. Gula Cikeris memiliki bentuk yang cukup unik dan khas yakni mirip dengan lontong dan didalamnya berbentuk menyerupai tabung-tabung pendek.

Gula yang satu ini juga dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti pencernaan dan juga penyakit urat. Gula Cikeris dibuat dengan mencampurkan bahan berupa gula pasir dan gula aren.

Review kuliner

Staycation Ala Pedesaan Di Kampung Lumbung Eco Boutique, Suasananya Syahdu Banget.

Cobain Bakso Bakar Keju Di Buka Baju Surabaya

2. Salak Pusaka Mulya

Salak Pusaka Mulya
travel.tribunnews.com

Saat bingung menentukan oleh oleh khas Purwakarta untuk dibawa pulang, Anda dapat memilih salak pusaka mulya. Salak yang satu ini merupakan salak jenis lokal yang mudah dijumpai di Purwakarta. Tidak jarang wisatawan yang datang tertarik untuk membelinya dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jika dilihat sekilas, bentuk dan warna salak pusaka mulya hampir mirip dengan salak pada umumnya. Namun setelah dibuka, salak pusaka mulya memiliki ciri khas yakni berukuran lebih kecil jika dibanding salak lainnya. Tetapi soal rasa, salak yang satu ini menawarkan rasa yang segar dan berair sehingga lebih nikmat saat dikonsumsi.

3. Manisan Pala Wanayasa

Manisan Pala Wanayasa
oleholehwanayasakhasibuijoh.wordpress.com

Pecinta kuliner manisan? Manisan pala wanayasa merupakan salah satu jajanan yang cocok dipilih sebagai oleh oleh khas Purwakarta. Manisan yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan segar. Tidak hanya itu, anda juga akan mendapat banyak manfaat saat mengkonsumsi manisan pala wanayasa.

Anda dapat memilih dua jenis manisan yakni kering atau basah. Jajanan yang satu ini dibuat oleh home industri dengan pengolahan yang benar. Bahan yang digunakan juga merupakan hasil wilayah sekitar sehingga lebih terjamin kualitasnya. Anda dapat membelinya sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Wanayasa di Purwakarta.

4. Rengginang Ketan Hitam

Rengginang Ketan Hitam
cookpad.com

Sudah tidak asing lagi bahwa rengginang merupakan salah satu kerupuk yang memiliki banyak peminat. Rengginang ketan hitam menjadi salah satu oleh oleh khas Purwakarta yang paling banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Karena memiliki cita rasa yang gurih serta tekstur yang tidak keras, rengginang disukai oleh semua kalangan.

Rengginang ketan hitam dibuat dengan proses yang cukup panjang. Langkah pertama adalah dengan memasak dan menambahkan bumbu pada ketan hitam. Setelah ketan hitam matang, barulah dicetak menyerupai opak bulat pipih. Langkah selanjutnya adalah dengan dijemur dibawah sinar matahari hingga kering. Setelah kering, rengginang ketan hitam harus didiamkan dan kemudian digoreng menggunakan minyak. Anda dapat membelinya dalam keadaan mentah maupun matang.

5. Simping

Simping
travel.tribunnews.com

Saat bingung menentukan oleh-oleh khas Purwakarta untuk dibawa pulang, simping dapat menjadi pilihan yang tepat. Makanan yang satu ini memiliki bentuk bulat pipih yang menyerupai opak beras. Simping menawarkan cita rasa yang gurih dan biasa disajikan bersama dengan gulali atau rambut nenek.

Simping akan dengan mudah Anda jumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Purwakarta. Kini simping disajikan dengan berbagai varian rasa seperti kencur, kelapa, keju, dan juga cabai. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu. Uniknya makanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

6. Semprong

Semprong
idntimes.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan semprong. Semprong juga merupakan salah satu oleh oleh khas Purwakarta yang bisa dengan mudah Anda jumpai di berbagai pusat atau toko oleh oleh. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk yang khas yakni menyerupai tabung berukuran panjang.

Yang menjadikan semprong banyak diminati adalah selain karena bentuknya yang unik juga rasanya yang khas. Anda dapat memilih semprong dengan cita rasa gurih atau manis. Teksturnya yang renyah dan langsung hancur saat digigit juga menjadikan jajanan yang satu ini banyak diminati oleh semua kalangan.

7. Opak Gurih Gurih

toko oleh oleh terdekat
cookpad.com

Dari sekian banyak pilihan oleh oleh khas Purwakarta, opak gurih-gurih menjadi salah satu yang sayang untuk Anda lewatkan. Opak yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras. Tidak lupa dilengkapi dengan bumbu dan penyedap rasa sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan enak.

Proses pembuatan opak gurih-gurih adalah dengan mencampurkan tepung beras dengan bumbu kemudian dibakar menggunakan bara api. Makanan yang kaya akan karbohidrat ini banyak diburu di Purwakarta baik oleh wisatawan maupun warga lokal.

8. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul
masakandapurku.com

Peuyeum Bendul merupakan olahan makanan yang dibuat dengan bahan dasar singkong. Makanan yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Purwakarta yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Singkong diolah dengan proses fermentasi menggunakan ragi. Kemudian ditunggu hingga tekstur menjadi empuk dan menghasilkan cita rasa manis dan legit.

Anda dapat menjumpai Peuyeum Bendul di Jalan Raya Bendul yang terletak di Purwakarta. Di sana terdapat banyak sekali penjual yang berjajar. Anda dapat membelinya dalam jumlah banyak dan tentunya dengan harga cukup terjangkau. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan memilih untuk membeli Peuyeum Bendul sebagai oleh-oleh sepulang dari Purwakarta.

9. Keramik Plered

Keramik Plered
viva.co.id

Selain berupa makanan, Anda juga dapat membeli keramik plered sebagai salah satu oleh oleh khas Purwakarta. Keramik Plered memiliki ciri khas yang unik dan dikenal memiliki kualitas tinggi. Berbagai kerajinan yang dihasilkan berupa vas bunga, gerabah, guci, meja, tempat payung, dan lain-lain.

Karena memiliki tampilan yang indah dan elegan, tidak heran jika keramik plered banyak diminati baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Sempatkan untuk melihat dan membelinya sebagai oleh-oleh saat berada di Purwakarta.

10. Surabi Purwakarta

Oleh Oleh Khas Purwakarta
food.grab.com

Bagi Anda penggemar surabi, Anda juga akan menjumpai surabi dengan cita rasa khas saat berada di Purwakarta. Makanan yang satu ini juga biasa dijadikan sebagai oleh oleh khas Purwakarta yang kerap dipilih oleh wisatawan.

Surabi Purwakarta memiliki tekstur yang lembut saat dinikmati. Tampilan dan aromanya yang menggugah selera juga menjadikan makanan ini sayang untuk Anda lewatkan.

Nah, di atas merupakan 10 oleh oleh khas Purwakarta yang banyak diburu oleh wisatawan. Manakah oleh oleh yang paling menarik dan ingin Anda beli saat berkunjung ke Purwakarta?



Leave a Reply