13 Kebiasaan Unik Orang Jepang Yang Menarik Diketahui


prita  March 11, 2022  0 Comment

Setiap negara tentunya memiliki tradisi dan kebiasaan yang berbeda-beda. Perbedaan ini tentu yang menjadikannya sebagai sebuah ciri khas dari masing-masing negara, salah satunya adalah Jepang. Bisa dibilang kebiasaan unik orang Jepang cukup banyak dan membuat siapapun berdecak heran. Nah, kalau kamu berkunjung ke Jepang, pahami dulu ya kebiasaan unik orang Jepang berikut ini.

1. No Tipping

No Tipping
restaurantandcafe.co.nz

Kebiasaan unik orang Jepang yang pertama adalah No Tipping. Kebiasaan ini terbilang cukup unik dan jarang ditemukan di negara lain karena dengan memberi tip di Jepang, maka itu dinilai tidak sopan. Bahkan, bisa dibilang secara tidak langsung kamu merendahkan orang yang kamu beri tip tersebut.

Jika kamu tetap memaksa untuk memberikan tip, mereka akan ngejar kamu untuk mengembalikan uang tip yang kamu kasih. Bagi orang Jepang, bentuk rasa terima kasih untuk mereka sudah cukup dengan barang atau jasa yang mereka jual berguna bagi kamu.

GoTravelly

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

Miyako Soba Tennoji: Tempat Makan Soba Dan Udon Paling Mantap Di Osaka

2. Jika Akan Bertemu Harus Janjian Terlebih Dahulu dan Membawa Bingkisan

Janjian dan Membawa Bingkisan
style.tribunnews.com

Berbeda dengan di Indonesia yang ingin bertemu dengan seorang teman kamu tinggal langsung datang ke rumahnya, di Jepang kamu harus terlebih dahulu membuat janji dengan mereka.

Baca juga :  10 Pemandian Air Panas Terbaik atau Onsen di Jepang

Selain harus janjian, kamu harus membawa bingkisan atau pemberian apapun untuk di pemilik rumah karena menurut budaya mereka, jika diundang seseorang ke rumah merupakan sebuah kehormatan. Hal ini juga menjadi salah satu kebiasaan unik orang Jepang yang jarang ditemukan di negara lainnya.

3. Pesta di Kuburan

Pesta di Kuburan
en.japantravel.com

Kebiasaan unik orang Jepang yang satu ini terbilang cukup aneh dan jarang sekali ditemukan di negara lainnya, yaitu pesa di kuburan. Tradisi ini dikenal sebagai Hanami, yaitu sebuah tradisi pada musim semi dimana orang Jepang mendatangi wilayah pemakaman dan piknik di sekitar makam.

Mereka biasanya mulai berpesta, makan, minum sampai bernyanyi di sekitar makam tersebut. Hal ini dipercaya sebagai sebuah bentuk penghormatan bagi leluhur mereka. Unik sekali kan?

4. Film Asing Di-dubbing

Film Asing Didubbing
okeguys.com

Dubbing atau pengisian suara di karakter film adalah hal biasa di Jepang, namun untuk beberapa orang hal tersebut menjadi kebiasaan unik orang Jepang. Kebanyakn film asing yang diputar di Jepang di-dubbing hal ini dikarenakan jika harus menonton sambil membaca subtitle akan memecah konsentrasi.

Salah satu dubber yang cukup terkenal di Jepang adalah Tessho Genda. Ia sering menjadi pengisi suara Arnold Schwarzenegger, Steven Seagal, Samuel L Jackson, Sylvester Stallone dan masih banyak aktor Hollywood lainnya.

5. Budaya Membaca

Budaya Membaca
brilio.net

Kebiasaan unik orang Jepang yang satu ini tentu tak perlu diragukan lagi, yaitu budaya membaca. Bisa dibilang kebiasaan ini cukup keren karena penduduk Jepang memanfaatkan waktu sekecil apapun dengan membaca buku. Bisa membaca koran atau majalah. Biasanya mereka membaca buku sambil menunggu bis ataupun saat duduk dalam kereta.

6. Hidup Hemat

Hidup Hemat
pintek.id

Hidup hemat juga menjadi salah satu kebiasaan unik orang Jepang, lho. Kebanyakan orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam kesehariannya. Sikap anti konsumerisme yang berlebihan ini terlihat di berbagai bidang kehidupan. Misalnya seperti memperhatikan diskon atau potongan harga sekecil apapun.

Baca juga :  Nonton Balap Formula 1 di 10 Kota di Dunia Dijamin Seru banget!

7. Loyalitas

Loyalitas
en.japantravel.com

Loyalitas juga menjadi salah satu sifat umum dan kebiasaan unik orang Jepang. Hal inilah yang bisa membuat Jepang semakin maju. Tingkat kesetiaan penduduk Jepang bisa dibilang cukup keren. Misalnya seperti di perudahaan, jarang sekali orang Jepang yang berpindah-pindah tempat kerja. Hal ini juga disimbolkan dengan patung Hachiko dan pemiliknya, yang mengingatkan kita tentang arti dari kesetiaan.

8. Kerja Keras

Kerja Keras
kitabijak.com

Kebiasaan unik orang Jepang berikutnya adalah kerja keras. Hal ini sebenarnya sudah bukan rahasia lagi karena rata-rata jam kerja pegawai di Jepang mencapai 2.450 jam per tahunnya, yang mana jumlah ini sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika, Inggris, Jerman dan Perancis.

Pulang cepat adalah sesuatu yang bisa dikatakan agak memalukan di Jepang karena hal tersebut menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan.

9. Makan Sendirian

Makan Sendirian
idntimes.com

Makan sendirian menjadi hal yang normal di Jepang dan menjadi sebuah kebiasaan unik orang Jepang yang jarang ditemukan di Indonesia. Biasanya di Indonesia orang-orang akan merasa bahwa makan sendirian terlihat tidak nyaman. Bahkan, di Jepang kamu bisa menemukan restoran-restoran dan tempat makan dengan bilik atau tempat duduk khusus bagi pengunjungnya yang ingin makan seorang diri. Cocok banget nih buat kamu yang masih jomblo.

10. Jasa Sewa Pacar

Jasa Sewa Pacar
hipwee.com

Kebiasaan unik yang satu ini bisa dibilang cukup aneh, namun cukup lumrah dilakukan di Jepang, yaitu jasa sewa pacar. Bisa dibilang, kebiasaan unik orang Jepang yang satu ini cukup menarik karena jarang ditemukan di negara lainnya.

Di Jepang, kamu akan menemukan agen yang menawarkan jasa sewa pacar dan sewa keluarga, lho. Jasa ini sering digunakan oleh orang Jepang saat mereka merasa kesepian dan butuh tempat untuk berbagi. Menarik sekali kan? Apalagi kalau sewaktu-waktu butuh teman untuk pergi kondangan.

Baca juga :  Bikin Merinding, Berikut 10 Jalan Paling ekstrem Dan Tertinggi Di Dunia

11. Jarang Ada Tempat Sampah

Jarang Ada Tempat Sampah
jic.co.id

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang bersih dan tertata. Namun, untuk menemukan tempat sampah di Jepang adalah hal yang cukup susah. Hal ini juga menjadi sebuah kebiasaan unik yang jarang ditemukan di negara lain.

Tempat sampah di Jepang hanya tersedia di samping vending machine dan toko-toko. Hal ini karena kebiasaan orang Jepang yang terbiasa membawa sampah mereka dan tidak membuangnya sembarangan hingga menemukan tempat sampah.

12. Berendam di Onsen

Berendam di Onsen
jalan2kejepang.com

Jepang dan onsen tentu menjadi hal yang tak bisa dipisahkan. Berendam di onsen memang menjadi salah satu kebiasaan unik yang jarang ditemukan di negara lain.

Uniknya, orang Jepang biasa berendam ramai-ramai di tub besar tanpa sehelai pakaian pun. Jika ada yang mengenakan baju ataupun dalaman, maka ia dilarang untuk masuk.

13. Memakan Telur Mentah

Kebiasaan Unik Orang Jepang
bobo.grid.id

Kebiasaan unik orang Jepang yang terakhir adalah memakan telur mentah. Telur mentah adalah makanan sehari-hari orang Jepang dan sering digabungkan dengan berbagai jenis makanan Jepang.

Telur mentah di Jepang adalah telur sehat dan tentunya sangat aman dimakan tanpa digoreng atau direbus terlebih dahulu. Biasanya telur mentah ini dinikmati dengan campuran nasi dan rumput laut.

Nah, itulah tadi daftar kebiasaan unik orang Jepang yang bisa membuat siapapun berdecak heran. Masih banyak lagi keunikan yang dimiliki oleh masyarakat Jepang, namun beberapa hal yang disebutkan diatas adalah garis besarnya dan pastinya bisa membuatmu sedikit tahu tentang kebiasaan dan tata bermasyarakat mereka.



Leave a Reply