10 Makanan Khas Penajam Paser Utara cocok buat oleh oleh


Fida  December 22, 2022  0 Comment

Selain dikenal menyuguhkan banyaknya destinasi wisata, Penajam Paser Utara juga menawarkan banyak pilihan oleh oleh khas yang menarik untuk kamu bawa pulang. Oleh oleh yang ditawarkan mulai dari jajanan, makanan, kerajinan, hingga pakaian. Tidak perlu bingung , inilah daftar 10 oleh oleh khas Penajam Paser yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan.

Makanan Khas Penajam Paser Utara :

1. Dampo Durian 

dampo durian
tribunnews.com

Saat bingung menentukan pilihan oleh oleh khas Penajam Paser Utara untuk dibawa pulang, kamu dapat membeli dampo durian. Dampo durian merupakan makanan olahan durian yang disajikan dengan bentuk yang unik. Selain dampo durian, makanan ini juga dikenal dengan sebutan lempok durian. 

Dampo durian sangat cocok dicoba khususnya bagi kamu pecinta buah durian. Bahan utama pembuatan dampo durian adalah dengan menggunakan durian yang masih belum matang. Jajanan yang satu ini dibuat menggunakan resep khas turun temurun yang masih sama sejak dulu. Teknik pembuatan dempo durian yang masih menggunakan cara tradisional menjadikan jajanan ini dikenal khas dan menarik untuk dicoba. 

2. Amplang Bandeng

amplang bandeng
wisato.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan amplang bukan? Amplang merupakan salah satu jajanan yang mudah dijumpai di daerah Kalimantan. Jika biasanya amplang dibuat menggunakan bahan dasar ikan tenggiri, namun tidak dengan amplang yang satu ini. Amplang bandeng menjadi jajanan sekaligus oleh oleh khas Penajam Paser Utara yang menarik untuk kamu coba. 

Baca juga :  9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas India Enak dan Murah

Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama ikan bandeng. Cita rasa gurih serta tekstur renyah yang ditawarkan akan membuatmu tidak bisa berhenti mengkonsumsi lezatnya jajanan ini. Kamu dapat membeli amplang bandeng di berbagai toko oleh oleh di kawasan Penajam Paser Utara. 

3. Batik Penajam Paser Utara

batik penajam paser utara
kaltim.tribunnews.com

Tidak hanya makanan atau jajanan, kamu juga dapat membeli oleh oleh khas Penajam Paser Utara berupa batik. Batik Penajam Paser Utara memiliki motif khas yang tentunya berbeda dengan daerah lainnya. Oleh karena itu, batik juga menjadi oleh oleh yang populer di kalangan wisatawan. 

Kamu dapat membeli batik khas Penajam Paser Utara dalam bentuk lembaran kain maupun siap pakai. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam tergantung bahan, ukuran, serta tingkat kerumitan pembuatan. Membawa oleh oleh berupa batik untuk diberikan kepada keluarga maupu kerabat di rumah tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

4. Tas Rotan

tas rotan
libur.co

Beberapa dari kamu tentu sudah mengetahui bahwa Kalimantan Timur dikenal sebagai salah satu daerah penghasil rotan dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu dapat menjumpai berbagai karya berbahan rotan. Tas rotan menjadi salah satu karya yang populer dan sekaligus dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Penajam Paser Utara. 

Dengan tampilan unik dan elegan, tas rotan mampu menarik perhatian wisatawan. Selain kuat, tas rotan juga dijual dengan motif yang unik yakni khas Dayak. Kamu tidak perlu khawatir karena tas rotan dijual dengan harga yang cukup beragam tergantung ukuran serta motif yang ditawarkan. 

5. Sarung Khas Penajam Paser Utara

sarung penajam paser utara
wisato.id

Pecinta sarung dengan motif unik, kamu wajib membeli sarung khas Penajam Paser Utara. Sarung khas yang satu ini dikenal memiliki motif atau corak yang unik dan beragam. Corak yang dibuat juga mengusung konsep seni dan budaya sehingga tidak heran jika sarung menjadi salah satu oleh oleh khas Penajam Paser Utara yang banyak diburu wisatawan. 

Baca juga :  20 Makanan Khas Batak Rekomended Sederhana Tapi Rasanya Mantap

Meskipun dibuat oleh industri rumahan, tetapi kualitas yang ditawarkan tidak kalah dengan produksi pabrik. Kamu dapat membeli sarung khas yang satu ini di berbagai toko oleh oleh di Penajam Paser. 

6.  Cimi cimi

cimi cimi
seringjalan.com

Rekomendasi oleh oleh khas Penajam Paser Utara berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu bawa pulang adalah cimi-cimi. Cimi-cimi merupakan camilan khas Penajam Paser Utara yang dikenal lezat dan cocok dinikmati saat bersantai. Camilan yang satu ini memiliki bentuk menyerupai stik pada umumnya.

Cimi-cimi dibuat dengan menggunakan bahan yang hampir mirip dengan stik. Yang membedakan adalah bahan tambahan cimi-cimi yakni berupa campuran kepiting. Saat mencobanya, kamu dapat merasakan cita rasa gurih dan aroma sedap khas kepiting. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik serta dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh.

7. Gula Jengkol

gula jengkol
habarkaltim.co.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan gula jengkol? Gula jengkol merupakan salah satu oleh oleh khas Penajam Paser Utara yang menarik untuk kamu bawa pulang. Selain memiliki sebutan yang unik, gula ini juga memiliki bentuk yang tidak kalah menarik serta berukuran kecil seperti jengkol.

Baca Juga :

10 Oleh Oleh khas Tarakan yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Tidak jarang gula jengkol diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Kamu tentu tidak perlu khawatir karena gula jengkol dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

8. Pisang Gapit

pisang gapit
cookpad.com

Tidak kalah unik dengan berbagai oleh-oleh khas Penajam Paser Utara lainnya, kamu juga dapat mencoba lezatnya pisang gapit. Makanan yang satu ini dikenal memiliki tampilan yang mirip dengan pisang ape. Yang membedakan adalah jika pisang ape disajikan bersama dengan saus sambal, tetapi pisang gapit dihidangkan bersama dengan saus karamel, sambal durian, gula, dan juga santan kental.

Baca juga :  8 Oleh-oleh Khas Hanoi Paling Menarik untuk Dibeli!

Baca juga :

Keraton Kadriah Pontianak: Mengintip Megahnya Istana Terbesar Di Kalimantan

Saat mencobanya, kamu tentu akan merasakan cita rasa lezat dan khas serta tekstur yang lembut. Sesuai dengan namanya, pisang gapit dibuat dengan cara digapit oleh papan kayu. Unik sekali bukan? Karena kelezatannya, hidangan yang satu ini tidak hanya banyak diburu untuk dinikmati langsung, tetapi juga dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

9. Sate Payau

sate payau
kaltim.idntimes.com

Pernah mendengar sebutan makanan sate payau? Sate payau merupakan salah satu hidangan sekaligus oleh-oleh khas Penajam Paser Utara yang banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini dikenal sangat unik karena dibuat menggunakan bahan utama daging rusa.

Baca Juga :

Es Krim Angi : Es Krim Legendaris Dari Pontianak Yang Siap Memanjakan Lidahmu!

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur daging yang khas serta cita rasa yang lezat. Karena dikenal unik dan cukup berbeda dengan sate pada umumnya, maka tidak heran jika sate yang satu ini banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Anjat Mini

anjat mini
libur.co

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Penajam Paser Utara yang tidak boleh kamu lewatkan yakni anjat mini. Sama halnya dengan tas rotan, anjat mini juga merupakan karya yang dibuat menggunakan bahan utama rotan. Coraknya yang unik dan khas menjadikan anjat mini populer dan banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.



Leave a Reply