Nggak Cuman Batik lho, Berikut 10 Oleh-oleh Khas Pekalongan


Fida  February 5, 2021  0 Comment

Saat berbicara tentang kota Pekalongan, beberapa dari Anda tentu akan teringat dengan batik Pekalongan yang sangat khas dan cukup populer. Selain dikenal dengan batiknya, Kota Pekalongan juga menawarkan cukup banyak tempat wisata dan kuliner lezat. Tidak heran jika kota yang satu ini kerap menjadi tujuan wisatawan yang datang dari luar daerah. Berlibur ke Kota Pekalongan, kurang lengkap rasanya jika tidak pulang membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tidak perlu bingung, berikut oleh-Oleh khas Pekalongan yang tidak boleh Anda lewatkan

1. Apem Kesesi

Apem Kesesi
cintapekalongan.com

Salah satu oleh-oleh khas Pekalongan yang menawarkan cita rasa lezat adalah apem kesesi. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan bulat pipih dan berwarna coklat. Sebutan lain dari apem Kesesi adalah apem comal. Warna coklat yang ada pada jajanan yang satu ini berasal dari gula aren.

Apem kesesi memiliki tekstur yang lembut dan legit. Jajanan yang satu ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan mudah dijumpai di Pekalongan. Biasanya, apem kesesi dihidangkan dengan alas daun pisang di bawahnya.

Review kuliner

Mengenal Batik Dan Budaya Madura Di Tresna Art

Honeymoon Jogja Ala Backpacker

2. Batik Pekalongan

batik pekalongan
shopee.co.id

Berbicara tentang Kota Pekalongan, tentu Anda sudah tidak asing dengan batiknya yang sangat khas dan banyak dikenal masyarakat. Batik khas Pekalongan ini menawarkan kualitas yang sangat baik dan memiliki motif yang unik. Kampoeng Batik Kauman menjadi salah satu tempat dimana Anda bisa membeli Batik Pekalongan sebagai oleh-oleh.

Harga yang ditawarkan untuk satu lembar batik sangatlah beragam. Biasanya satu lembar batik dibanderol dengan kisaran harga Rp 150.000,-. Salah satu produk khas Pekalongan ini wajib Anda pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar
travel.kompas.com

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Pekalongan yang bisa Anda bawa pulang, salah satunya adalah kerupuk gendar. Kerupuk gendar sangat mudah dijumpai di beberapa pasar tradisional di Pekalongan. Anda bisa membeli kerupuk gendar dalam keadaan mentah atau matang. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ini adalah nasi. Adanya tambahan bawang putih, tepung sagu, serta ketumbar tentu membuat cita rasa kerupuk gendar semakin gurih dan lezat.

Kerupuk gendar memiliki proses pembuatan yang cukup mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah. Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan semua bahan dan mengukusnya. Setelah itu, bentuk bulat pipih dan kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, anda bisa menggoreng dan langsung menyantap lezatnya kerupuk yang satu ini.

4. Snack Capret

Snack Capret
bukalapak.com

Salah satu oleh-oleh khas Pekalongan yang cukup populer adalah snack capret. Jajanan yang satu ini cukup populer di Pekalongan dan dibuat dengan bahan dasar tepung kanji. Adanya tambahan berbagai bumbu menjadikan snack yang satu ini memiliki cita rasa lezat. Ada banyak pilihan rasa snack capret diantaranya jagung bakar, BBQ, sapi panggang, original, pedas asin, dan balado.

Anda bisa menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Pekalongan salah satunya adalah Toko Si Pitung yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Bendan, Pekalongan, Jawa Tengah.

5. Limun Oriental

 Limun Oriental
jejakbocahilang.wordpress.com

Salah satu oleh-oleh khas Pekalongan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah limun oriental. Limun oriental merupakan minuman legendaris yang sudah ada sejak tahun 1923. Meskipun sudah cukup lama ada, minuman yang satu ini masih banyak diburu hingga saat ini. Tidak jarang juga limun oriental dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Ada cukup banyak varian Rasa yang ditawarkan oleh minuman yang satu ini seperti moka, sirsak, jeruk, frambos, lemon, dan strawberry.

Minuman yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar antara Rp 5.000,- hingga Rp 7.000,-. Anda bisa membelinya di salah satu outlet yang terletak di Jalan Rajawali Utara Nomor 15, Kota Pekalongan.

6. Ogak Jahe

Ogak Jahe
javatravel.net

Saat berada di Pekalongan, anda akan bisa dengan mudah menjumpai salah satu makanan khas Pekalongan yakni ogak jahe. Ogak jahe juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Pekalongan yang banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan kelapa, gula, dan juga jahe. Cita rasa jahe yang kuat dan berpadu dengan manisnya gula menghasilkan kenikmatan luar biasa saat menyantap makanan yang satu ini.

Ogak jahe cukup mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Pekalongan. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 30.000, – per bungkus. Salah satu jajanan sekaligus oleh-oleh yang sayang untuk Anda lewatkan.

7. Gethuk

gethuk
food.detik.com

Salah satu makanan khas Pekalongan yang juga merupakan oleh-oleh khas Pekalongan adalah gethuk. Getuk dibuat dengan bahan utama ketela dan diolah bersama dengan tambahan gula aren dan parutan kelapa. Teksturnya yang lembut dan cita rasanya yang lezat menjadikan makanan yang satu ini banyak diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Gethuk sendiri sangat mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh di Pekalongan. Harganya yang cukup terjangkau juga menjadikan makanan yang satu ini sangat direkomendasikan sebagai pilihan oleh-oleh khas Pekalongan yang tepat.

8. Kue Lumpang

Kue Lumpang
inibaru.id

Kue lumpang merupakan salah satu jajanan sekaligus oleh-oleh khas Pekalongan yang sayang untuk tidak Anda coba. Kue yang satu ini memiliki bentuk seperti mangkok dan menawarkan cita rasa yang gurih dan lezat. Salah satu tempat untuk membeli kue lumpang ini adalah di Nyonya Djoe yang beralamat di Jalan Sumatera Nomor 16 B, Pekalongan.

Kue lumpang dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- saja. Bentuknya yang unik serta cita rasanya yang lezat menjadikan kue yang satu ini banyak diminati.

9. Kopi Tjanting

Kopi Tjanting
javatravel.net

Satu lagi oleh-oleh khas Pekalongan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah kopi tjanting. Kopi yang satu ini merupakan kopi legendaris di Pekalongan. Tidak hanya diminati oleh warga lokal, kopi tjanting juga ramai diburu oleh wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kopi yang satu ini dikenal dengan cita rasanya yang khas. Kemasan yang praktis juga menjadikan kopi tjanting memiliki banyak peminat. Harga satu bungkus kopi tjanting dibanderol berkisar Rp 60.000,-.

10. Tauco

Oleh-oleh khas Pekalongan
tokopedia.com

Tauco merupakan salah satu makanan khas Pekalongan yang sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Hidangan yang satu ini cocok dinikmati saat suasana panas maupun dingin. Bumbu tauco memiliki cita rasa yang khas dan sangat menggugah selera. Saat bingung menentukan oleh-oleh khas Pekalongan yang tepat untuk dibawa pulang, bumbu tauco bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk keluarga atau kerabat di rumah. Lezatnya makanan yang satu ini membuat siapapun ketagihan.

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Pekalongan yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Dari daftar di atas, manakah oleh-oleh yang paling ingin Anda coba?



Leave a Reply