20 Makanan Khas Karawang Rasanya Bikin Melayang


Fida  July 18, 2022  0 Comment

Karawang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang tidak hanya menawarkan banyak pilihan wisata, tetapi juga berbagai kuliner lezat. Saat datang ke Karawang, tentu sayang rasanya jika kamu tidak mencoba salah satu dari banyaknya kuliner yang ditawarkan. Tidak perlu bingung, inilah daftar 20 rekomendasi makanan khas Karawang yang dikenal lezat.

Makanan Khas Karawang :

1. Soto Gempol

soto gempol
nativeindonesia.com

Soto gempol menjadi salah satu makanan khas Karawang yang populer dan menarik untuk kamu coba. Soto yang satu ini juga dikenal legendaris karena sudah ada sejak tahun 1980an lho. Kamu dapat mencoba lezatnya soto gempol di warung soto gempol milik Haji Abdul Syukur dan Hajjah Fatimah. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal oleh oleh khas Karawang, banyak wisatawan yang penasaran akan lezatnya soto yang satu ini.

Soto gempol menawarkan beberapa pilihan menu yang menarik untuk kamu coba seperti soto usus, soto babat, soto ayam, dan juga soto daging. Bingung mau mencoba menu yang mana? Kamu tidak perlu khawatir karena kamu juga dapat mencoba menu soto campur yang memiliki isian lengkap.

2. Dodong Hideung Ketan

dodong hideung ketan
budaya-indonesia.org

Pernah mendengar sebutan kuliner dodong hideung ketan? Dodong hideung ketan merupakan salah satu makanan tradisional khas Karawang yang sayang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, dodong hideung ketan dibuat dengan menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya.

Hidangan yang satu ini menawarkan tekstur yang legit dengan cita rasa yang khas. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat berkunjung ke Karawang, tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk membeli dodong hideung ketan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Meskipun cukup populer, dodong hideung ketan tetap dijual dengan harga yang terjangkau.

3. Surabi Hijau

surabi hijau
cookpad.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan hidangan surabi bukan? Surabi menjadi salah satu hidangan yang cukup mudah dijumpai di beberapa daerah, salah satunya Karawang. Surabi hijau dikenal sebagai makanan khas Karawang yang menarik untuk kamu coba. Selain tampilannya yang menggugah selera, kamu tentu akan dibuat ketagihan setelah mencobanya.

Sesuai dengan namanya, surabi yang satu ini memang memiliki tampilan berwarna hijau. Daun suji menjadi salah satu bahan utama pembuatan hidangan ini. Surabi akan disajikan bersama dengan kuah santan serta gula. Saat berkunjung ke Karawang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezat dan uniknya surabi hijau.

4. Pepes Walahar

pepes walahar
food.detik.com

Rekomendasi makanan khas Karawang yang bisa kamu coba berikutnya adalah pepes walahar. Makanan yang satu ini dapat kamu jumpai di dekat bendungan Walahar. Jika ingin mencoba lezatnya pepes walahar, kamu dapat datang langsung ke kawasan pintu tol Karawang timur. Lokasinya yang terletak tepat di sebrang bendungan Walahar menjadikan makanan yang satu ini dikenal dengan sebutan pepes walahar.

Saat mencoba pepes walahar, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang lezat. Hidangan yang satu ini diolah menggunakan berbagai tambahan bumbu dan rempah sehingga menghasilkan aroma serta cita rasa yang menggugah selera. Hidangan khas yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Karawang.

Baca juga :  10 Sate Enak di Bandung Kelezatannya Menggetarkan Lidah

5. Ikan Gabus Bumbu Pucung

ikan gabus bumbu pucung
selerasa.com

Pernah mencoba kuliner olahan ikan gabus? Ikan gabus bumbu pucung menjadi salah satu yang dapat kamu coba. Hidangan yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Karawang yang tidak boleh kamu lewatkan.

Jika dilihat sekilas, tampilan hidangan ini sangat mirip dengan gabus pucung khas Betawi. Hidangan yang diolah menggunakan bumbu keluwak ini menghasikan warna serta cita rasa yang khas. Ikan gabus bumbu pucung dapat dengan mudah kamu jumpai di beberapa tempat makan di Karawang. Satu porsi ikan gabus bumbu pucung dijual dengan harga berkisar Rp 6.000,- hingga Rp 12.000,- per porsi. Cukup terjangkau, ya?

6. Soto Tangkar

soto tangkar
regional.kompas.com

Soto tangkar menjadi rekomendasi makanan khas Karawang selanjutnya yang bisa kamu coba. Hidangan soto yang satu ini dikenal sangat khas dan dapat kamu coba, salah satunya di Soto Tangkar Mang Nean.

Yang menjadi daya tarik dari hidangan ini adalah adanya isian berupa kikil yang gurih. Selain itu, kikil yang disajikan juga sangat empuk. Bahan utama pembuatan soto ini adalah dari daging sandung lamur yang dimasak dengan berbagai tambahan bumbu sehingga menghasilkan rasa serta aroma yang menggugah selera. Soto tangkar sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Kamu tentu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya kuliner soto khas Karawang yang satu ini.

7. Soto Sadang

soto sadang
cookpad.com

Ada beberpa pilihan menu soto yang dikenal sebagai makanan khas Karawang, salah satunya adalah soto sadang. Salah satu tempat untuk menikmati soto ini adalah di Jalan Veteran no 12. Selain dikenal menawarkan cita rasa lezat, soto sadang juga dikenal legendaris karena sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Saat berkunjung ke Karawang, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai hidangan yang satu ini. Soto sadang biasa dijual dengan harga yang berkisar Rp 27.000,- per porsi. Tidak hanya banyak diminati oleh masyarakat lokal Karawang, hidangan soto sadang juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mencobanya.

8. Pepes Ibu Ani

pepes bu ani
id.foursquare.com

Makanan khas Karawang yang dapat kamu coba selanjutnya adalah pepes Ibu Ani. Warung yang menyediakan aneka pepes ini kerap menjadi tujuan wisatawan saat datang ke Karawang. Saat datang ke Rumah Makan Ibu Ani, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan pepes yang menggugah selera.

Beberapa menu yang dapat kamu coba di rumah makan ini diantaranya pepes jamur, pepes ikan, hingga pepes tahu. Soal rasa, pepes Ibu Ani tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Aromanya yang menggugah selera ditambah dengan cita rasa lezat yang ditawarkan tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya.

9. Tahu Bumbu

tahu bumbu
food.detik.com

Salah satu dari banyaknya rekomendasi makanan khas Karawang yang menarik untuk kamu coba adalah tahu bumbu. Tahu bumbu yang terletak di Jalan Dewi Sartika merupakan tahu bumbu yang wajib kamu coba. Tahu bumbu yang satu ini juga dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1986.

menawarkan bumbu dengan cita rasa khas dan menggugah selera. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis yang ditawarkan juga sangat pas. Saat berkunjung ke Karawang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya hidangan yang satu ini.

Baca juga :  10 Wisata Kuliner di Cilacap Dengan Rasa Mantap

10. Nasi Liwet Ibu Dini

nasi liwet ibu dini
itrip.id

Tidak kalah menarik dengan berbagai makanan khas Karawang lainnya, kamu dapat mencoba lezatnya olahan nasi liwet. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi untuk menikmati olahan nasi liwet adalah di Nasi Liwet Ibu Dini. Tempat yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Jalan Raya Pondok Salam No 10.

Satu porsi nasi liwet dibandrol dengan harga berkisar Rp 40.000,-. Dengan begitu, kamu akan mendapat nasi liwet dengan porsi yang lumayan besar. Cita rasanya yang khas juga menjadikan makanan ini wajib kamu coba. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya olahan nasi liwet saat datang ke Karawang?

11. Ayam Kampung Goreng Sajolna

ayam kampung goreng sajolna
infohargamenu.com

Bagi penikmat olahan ayam kampung, kamu juga dapat mencoba salah satu makanan khas Karawang yakni ayam kampung goreng sajolna. Olahan ayam kampung yang satu ini dapat kamu coba di Rumah Makan Sajolna yang terletak di Jalan Letjen Basuki Rahmat no. 157.

Saat mencoba olahan ayam kampung goreng yang ditawarkan, kamu tentu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan lezat. Satu porsi ayam kampung goreng sajolna dibandrol dengan harga yang berkisar Rp 7.000,- hingga Rp 30.000,- per porsi. Menikmati lezatnya ayam kampung goreng yang disajikan bersama sambal tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba saat datang ke Karawang.

12. Pepes Jambal

pepes jambal
tripadvisor.co.id

Tidak kalah menarik dengan berbagai makanan khas Karawang lainnya, kamu juga dapat mencoba lezatnya pepes jambal. Pepes jambal dapat kamu coba di beberapa tempat yakni di Pepes Jambal Haji Dirja dan Rumah Makan Haji Emin.

Pepes jambal dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 7.000,- saja per porsi. Selain dikenal memiliki harga yang terjangkau, hidangan ini juga diolah dengan tambahan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang menggugah selera. Menikmati pepes jambal bersama dengan nasi hangat tentu menjadi perpaduan tepat dan wajib kamu coba.

13. Jojongkong

jojongkong
news.karawang.center

Pernah mendengar sebutan makanan jojongkong? Jojongkong merupakan salah satu makanan khas Karawang yang populer dan cukup mudah kamu jumpai. Hidangan yang memiliki tampilan mirip dengan bubur ini dikenal sebagai makanan tradisional di Karawang. Meskipun termasuk makanan tradisional, tetapi tidak sedikit yang mengidolakan lezatnya hidangan ini.

Jojongkong dibuat dengan menggunakan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji sebagai bahan utamanya. Bahan bahan tersebut kemudian ditambahkan dengan beberapa bumbu seperti garam, daun pandan suji, serta santan. Jojongkong tentu menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Tekstur lembut serta cita rasa manis yang ditawarkan berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

14. Gandasturi

Makanan Khas Karawang
kaltim.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan makanan gandasturi? Gandasturi dikenal sebagai salah satu makanan khas Karawang yang menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini merupakan olahan kacang hijau yang dibalut dengan tepung. Gandasturi terlebih dahulu melalui proses penggorengan sebelum disajikan.

Karena melalui proses penggorengan, maka tidak heran jika makanan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Gandasturi juga termasuk makanan tradisional Karawang yang semakin sukit dijumpai. Jika penasaran dan ingin mencobanya, kamu dapat menuju ke Gang Pasar Rumput, Jalan Tuparev, Karawang.

Baca juga :  10 Makanan Khas Tunisia, Kombinasi Rasa Arab dan Afrika

15. Gegeplak

gegeplak
galamedia.pikiran-rakyat.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan makanan khas Karawang yang dapat dicoba, kamu dapat mencoba lezatnya jajanan gegeplak. Jajanan yang satu ini dikenal unik dan dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti kelapa muda, air, gula pasir, dan juga garam. Adonan gegeplak juga biasa ditambahkan dengan perwarna makanan agar tampak semakin menggugah selera.

Gegeplak dibuat dengan melalui proses pembuatan yang panjang. Tetapi hal itu justru menjadikan jajanan ini memiliki cita rasa yang khas dan banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Tertarik untuk mencoba lezatnya gegeplak saat datang ke Karawang?

16. Kue Ali

kue ali
budaya-indonesia.org

Kue dengan bentuk cincin atau yang biasa disebut dengan kue ali ini merupakan salah satu makanan khas Karawang. Kue yang satu ini sangat mudah dijumpai di toko kue d Karawang. Saat mencoba kue ali, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang dominan manis. Selain itu, teksturnya yang empuk juga menjadikan kue ini cocok dinikmati oleh semua kalangan.

Bahan bahan yang diburuhkan untuk membuat kue ali adalah beras ketan, gula merah, dan juga kelapa yang telah digoreng. Yang menjadi ciri khas dari kue ini adalah adanya lubang di bagian tengahnya. Selain berbentuk bulat dan berlubang seperti donat, kue ini juga ada yang disajikan dengan bentuk persegi.

17. Opak Ketan Rawagede

opak ketan
itrip.id

Pernah mencoba lezatnya opak ketan? Opak ketan merupakan salah satu makanan yang cukup mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Karawang. Rawagede menjadi salah satu kawasan dimana kamu dapat dengan mudah menjumpai jajanan opak ketan. Jajanan yang satu ini sangat cocok dinikmati sembari berkeliling di daerah Karawang.

18. Kue Gonjing

kue gonjing
starglamcirebon.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai pilihan makanan khas Karawang lainnya, kue gonjing juga menjadi salah satu yang wajib kamu coba. Kue yang satu ini juga termasuk ke dalam salah satu makanan legendaris khas Karawang. Saat mencoba kue gonjing, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan lezat yang ditawarkan.

Baca Juga :

6 Kue Khas Palembang Gurih Legitnya Nendang!

Makanan yang satu ini dibuat menggunakan beberapa bahan antaranya buah kelapa yang ditambahkan dengan tepung serta taburan gula. Bagi pecinta pedas, kamu tidak perlu khawatir karena beberapa pedagang menawarkan kue gonjing dengan rasa pedas yang diberi tambahan saus. Menarik sekali bukan?

19. Kerupuk Bontot

kerupuk bontot
bukalapak.com

Makanan khas Karawang berikutnya yang dikenal sangat unik dan tidak mudah kamu jumpai di daerah lainnya adalah kerupuk bontot. Kerupuk yang satu ini sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Baca juga :

Nyobain Lezatnya Bubur Goreng Ningrat Di Tempat Syuting Film KKN Di Desa Penari?

Kerupuk bontot biasa dijual dalam kondisi setengah matang. Saat mencoba kerupuk bontot, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa gurih dan aroma udang yang kuat. Saat datang ke Karawang, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencobanya lezatnya makanan yang satu ini.

20. Bolu Kijing

bolu kijing
kitakini.news

Satu lagi rekomendasi makanan khas Karawang populer wajib kamu coba yakni bolu kijing. Hidangan yang satu ini juga termasuk hidangan tradisional yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih serta tekstur yang lembut dan renyah. Selain cocok untuk dinikmati langsung, bolu kijing juga biasa dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Karawang.

Baca juga :

Pecel Kawi Hj Musilah, Kuliner Legendaris Kota Malang Incaran Wisatawan

Nah, itulah daftar 20 rekomendasi makanan khas Karawang yang populer dan menarik untuk kamu coba. Saat berkesempatan datang ke Karawang, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan tidak ingin kamu lewatkan?



Leave a Reply