10 Oleh-Oleh Khas Kotawaringin Timur, Sovenir Unik Hingga Jajanan Enak


Fida  January 4, 2022  0 Comment

Kotawaringin Timur dikenal sebagai salah satu kawasan yang tidak hanya menawarkan tempat wisata tetapi juga memiliki berbagai kuliner lezat. Saat datang ke Kotawaringin Timur, ada banyak kegiatan yang bisa kamu coba mulai dari mengunjungi tempat wisata, mencoba berbagai kuliner, hingga berburu oleh-oleh sebelum pulang. Tidak perlu bingung menentukan oleh-oleh yang akan dibawa pulang, berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang menarik untuk kamu coba.

10 Oleh Oleh Khas Kotawaringin Timur :

1. Keripik Kelakai

keripik kelakai
cookpad.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang menarik untuk kamu coba adalah keripik kelakai. Kelakai merupakan salah satu nama tanaman yang mudah dijumpai di daerah Kalimantan dan menyerupai tanaman ganggang. Tanaman kelakai sangat mudah dijumpai di kawasan hutan serta rawa-rawa.

Tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa yang khas, keripik kelakai juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya dapat menyembuhkan diare, cocok dikonsumsi untuk orang darah rendah, sehingga dipercaya dapat membuat awet muda. Keripik kelakai dibuat dengan cara membersihkan daun kelakai muda kemudian celupkan ke dalam adonan tepung bumbu. Saat berkunjung ke kawasan Kotawaringin Timur, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu oleh-oleh yang satu ini.

Gotravelly

Bersantai Sejenak Di Taman Ketandan Kauman Kalangbret Tulungagung

Nemu Cafe Yang Cocok Buat Kerja Lagi Di Surabaya, Namanya Coma Cafe!

2. Topi Kulit Kayu

topi kulit kayu
travel.kompas.com

Salah satu dari banyaknya rekomendasi oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang menarik untuk kamu beli adalah topi kulit kayu. Sesuai dengan namanya, topi yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan kulit kayu. Jenis kayu yang dipakai untuk membuat topi tersebut adalah kayu nyamung.

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Manado Halal, Kelezatan Khas Sulawesi Utara

Karena topik ini dikenal tahan air, maka topi kulit kayu kerap dipakai oleh masyarakat sampit pada saat musim hujan. Topi yang memiliki bentuk mirip dengan topi cowboy ini juga menarik perhatian wisatawan yang datang ke Kotawaringin Timur. Jika ingin memiliki topi kulit kayu khas Kotawaringin Timur, kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 120.000,-.

3. Cincin dan Gelang Rotan

cincin dan gelang rotan
bukalapak.com

Salah satu oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang populer adalah souvenir. Kamu dapat menjumpai berbagai bentuk souvenir salah satunya adalah cincin dan gelang yang terbuat dari rotan. Meskipun dibuat dengan menggunakan bahan dasar rotan, tetapi souvenir-souvenir tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Cincin dan gelang rotan dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai tempat wisata atau toko oleh-oleh di kawasan Kotawaringin Timur. Membawa souvenir yang satu ini untuk kerabat atau keluarga di rumah tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

4. Keripik Ikan Seluang

keripik ikan seluang
shopee.co.id

Pernah mendengar sebutan ikan seluang? Ikan seluang merupakan sebutan bagi ikan yang kerap dijumpai di sungai-sungai di Kalimantan. Kabupaten Kotawaringin Timur juga dengan oleh-olehnya yang khas yakni keripik ikan seluang. Keripik ikan yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa lezat tetapi juga tekstur yang renyah.

Keripik ikan seluang biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Kotawaringin Timur. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, masyarakat juga biasa mengkonsumsi keripik ikan ini sebagai lauk untuk dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Untuk satu kemasan keripik ikan seluang, biasanya hanya dibanderol dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Kutai Kartanegara Yang Wajib Kamu Bawa

5. Lemang

lemang
food.detik.com

Saat bingung mencari rekomendasi oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang menarik untuk dibawa pulang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk membeli lemang. Memang merupakan sebutan untuk makanan yang memiliki tampilan menyerupai lontong atau ketupat. Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan lemang adalah ketan.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan proses yang cukup unik yakni dengan cara memasukkan bahan-bahan ke dalam seruas bambu dan dipanaskan di atas kompor. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, bahan terlebih dahulu diberi alas daun pisang. Jajanan yang satu ini sangat tidak dipilih sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan hingga beberapa hari lamanya.

6. Wadi Ikan

wadi ikan
tokopedia.com

Wadi ikan di kenal sebagai salah satu rekomendasi tepat bagi kamu yang sedang mencari oleh-oleh khas Kotawaringin Timur. Wadi ikan merupakan sebutan bagi olahan ikan yang diawetkan dengan proses fermentasi. Ikan-ikan yang digunakan sebagai bahan utama biasanya menggunakan ikan patin, ikan sepat, ikan gabus, ikan papuyu, dan juga ikan seluang.

Bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk pembuatan wadi ikan diantaranya beras yang sudah disangrai dan juga garam. Olahan yang satu ini menawarkan cita rasa perpaduan antara asam, asin, dan juga gurih. Karena mampu bertahan hingga 1 tahun lamanya, tidak heran jika olahan ikan yang satu ini banyak dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bagi para wisatawan yang datang ke Kotawaringin Timur.

7. Batik Khas Sampit

batik sampit
teras.id

Batik khas Sampit juga menjadi rekomendasi pilihan tepat bagi kamu yang sedang mencari oleh-oleh khas Kotawaringin Timur. Batik di sini memiliki motif yang sangat khas serta warna-warna yang beragam. Beberapa motif yang cukup populer diantaranya motif ikan jelawat, motif gayung birang, dan lain-lain. Motif motif tersebut dipercaya menggambarkan kepribadian masyarakat lokal Kotawaringin Timur.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Rembang Kekinian Dan Tahan Lama

Tidak hanya dapat membeli batik dalam bentuk lembaran, kamu juga dapat mencoba membeli batik siap pakai dalam bentuk baju. Harga yang ditawarkan untuk setiap lembar batik ini juga sangat beragam.

8. Rabuk Patin Kandas Sarai

rabuk patin kandas sarai
bukalapak.com

Rabuk merupakan sebutan abon bagi mas masyarakat Kotawaringin Timur. Rabuk Patin Kandas Sarai dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang sayang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, olahan abon khas Kotawaringin Timur ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan patin.

Rabuk Patin Kandas Sarai dijual dengan kemasan praktis dan sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

9. Lemper Ikan

lemper ikan
selerasa.com

Pada suku banyak pilihan oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang sayang untuk kamu lewatkan, salah satunya adalah lemper ikan. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan lemper bukan? Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan memiliki ciri khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Jika biasanya lemper memiliki isian suwiran daging ayam, namun berbeda dengan lemper khas Kotawaringin Timur. Lemper di Kotawaringin Timur memiliki isian yang khas yakni abon ikan. Abon ikan yang digunakan biasanya menggunakan olahan ikan jelawat. Saat berkunjung ke Kotawaringin Timur, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba jajanan yang satu ini dan membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Tahu Bakso

tahu bakso
kompas.com

Tahu bakso juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang banyak dipilih oleh wisatawan untuk dibawa pulang. Sesuai dengan namanya, kuliner ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tahu yang ditambahkan dengan adonan bakso di bagian dalamnya. Tahu bakso dijual dengan beberapa varian seperti tahu bakso ayam dan tahu bakso sapi.

Jajanan yang satu ini biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp 30.000,- per kotak. Pecinta tahu bakso, jangan lewatkan untuk mencoba jajanan ini saat berkunjung ke Kotawaringin Timur, ya!



Leave a Reply