10 Oleh-Oleh Khas Argentina, Rekomendasi untukmu!


Jehan  December 19, 2022  0 Comment

Oleh-oleh Khas Argentina – Negara yang menjadi pemenang dari Piala Dunia 2022 ini adalah destinasi yang patut untuk dikunjungi saat berlibur. Selain tempat wisata yang menarik dan kuliner yang penuh lezat, Argentina juga punya oleh-oleh khas yang menarik untuk kamu bawa pulang.

Apa saja oleh-oleh khas Argentina yang bisa kamu dapatkan di sana? Yuk, ikuti ulasan GoTravelly di bawah ini.

Oleh-oleh khas Argentina:

1. Cowhide Rugs

cowhide rugs
flickr.com

Cowhide Rugs atau permadani kulit merupakan salah satu suvenir yang cocok kamu pilih untuk di bawa pulang dari Argentina. Argentina sangat terkenal dengan industri produksi kulit asli yang memiliki kualitas sangat baik.

Permadani yang terbuat dari kulit sapi ini dibuat dengan melewati seleksi bahan baku yang cukup ketat. Oleh karena itu, soal kualitas permadani dari Argentina ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Apabila kamu seorang yang menyukai benda unik untuk dekorasi dalam ruangan rumah, Cowhide Rugs ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Argentina.

2. Yerba Mate

yerba mate
unsplash.com

Apabila kamu suka meminum teh atau sejenis minuman herbal lainnya sepertinya Yerba Mate harus kamu coba saat ke Argentina. Yerba Mate merupakan nama untuk sebuah tanaman yang dapat dikonsumi sebagai minuman. Biasanya daun kering ini disajikan dalam bentuk teh.

Rasa yang dihasilkan oleh Yerba Mate seperti aroma tanah dan berumput. Ada juga yang mendeskripsikan rasa Yerba Mate ini seperti sebuah kayu yang diberi sedikit perisa buah apel atau jeruk.

Yerba Mate dapat disajikan dengan seduhan air hangat atau menjadi teh dingin. Saat meminum Yerba Mate, orang lokal terbiasa untuk mengunyah daun dari Yerba Mate untuk mendapatkan manfaat baik yang terkandung di dalamny.

Baca juga :  7 Pulau Terindah di Filipina Idola Wisatawan Mancanegara

Tanaman ini mengandung kafein dan kaya akan antioksidan. Oleh karena itu, minuman Yerba Mate adalah salah satu jenis minuman tradisional Argentina yang cukup menarik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, bukan?

3. Mate Cup

mate cup
etsy.com

Hampir di setiap pasar tradisional di Argentina menjual gelas ini. Ya, setelah sebelumnya kamu mendapatkan Yerba Mate bawalah pulang Mate Cup juga. Gelas atau cangkir ini juga dikenal dengan sebutan pocongo atau guampa.

Bentuknya sedikit unik, selain itu jika kamu ingin mendapatkan Mate Cup kamu akan dibuat sedikit bingung karena pilihan dari desain gelas ini sangat banyak dan beragam. Ini akan menjadi waktu membingungkan yang menyenangkan untuk menentukan pilihan.

Secara tradisional Mate Cup biasanya terbuat dari labu, dimana Calabash Vine yang merupakan jenis tanaman labu itu memiliki bentuk yang lebar. Dari situlah badan buah itu dijadikan sebagai alat atau gelas untuk minum.

4. Dulce de Leche

dulce de leche
flickr.com

Bawa sedikit kelezatan dari Argentina ke kampung halamanmu! Dulce de Leche adalah karamel dengan rasa manis yang sangat lezat milik mereka. Ini akan menjadi oleh-oleh khas Argentina yang super enak.

Karamel ini diproduksi dari susu yang dikaramelisasi. Kamu bisa menikmati Dulce de Leche dengan hidangan favoritmu. Oleskan pada roti, campurkan pada wafel atau tambahkan pada es krim pasti akan sangat nikmat.

5. Gaucho Knives

gaucho knives
flickr.com

Memberikan oleh-oleh berupa senjata tajam seperti pisau sepertinya sedikit tidak umum ya? Tapi tetap saja, Gaucho Knives yang khas dari Argentina ini seringkali menjadi salah satu suvenir yang diburu para turis.

Pisau Gaucho ini bisa digunakan untuk alat dapur atau jika menurutmu benda ini terlalu berharga, kamu bisa menjadikannya sebagai pajangan di rumahmu. Biasanya pisau ini memiliki beberapa desain unik yang cukup cantik.

Baca juga :  Betah Melek Semalaman Di 10 Wisata Malam Teramai di Thailand

Di gagang kayu atau tulang pisau Gaucho ini biasanya tergambar ukiran yang keren. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan sarung kulit untuk meyimpan pisau Gaucho saat membelinya. Bagaimana apa pisau Gaucho menarik perhatianmu untuk dijadikan oleh-oleh khas Argentina?

6. Guanaco Wool

guanaco wool
unsplash.com

Guanaco adalah salah satu binatang ternak lokal yang dikembangkan di seluruh Argentina. Binatang ternak ini masih satu kerabat dengan Ilama, Alpaka serta Unta. Guanaco memiliki bulu yang cukup tepat seperti Alpaka, sehingga bulu dari Guanaco dimanfaatkan sebagai wol.

Memiliki lapisan yang tebal, lebut dan hangat wol ini bisa kamu miliki sebagai salah satu oleh-oleh khas Argentina yang bernilai. Saat kamu ingin membeli wol ini lebih baik untuk lebih memperhatikan serat-serat wolnya karena seringkali beberapa pedagang menjual dengan kualitas campuran atau sintetis.

7. Glass Siphon

glass siphon
unsplash.com

Jika kamu tidak masalah dengan membawa pulang sebuah barang pecah belah, coba belilah Glass Siphon, ini adalah sebuah botol soda. Botol ini bisa kamu manfaatkan sebagai wadah minuman atau cairan lain.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakannya sebagai vas atau hiasan meja ruangan yang cukup aestetik. Jika kamu menginginkannya, kamu bisa mendapatkan Glass Siphon di pasar tradisional Argentina. Pedagang besar yang menjual Glass Siphon biasanya dapat dengan mudah kamu temukan di pasar San Telmo di akhir pekan.

8. Alfaljores

alfaljores
unsplash.com

Sepertinya pilihan untuk membeli Alfaljores sebagai oleh-oleh khas Argentina ini sangat cocok untukmu yang sedang mencari makanan atau camilan khas. Alfajores adalah kue manis dari Argentina yang juga mudah ditemui di Amerika Selatan.

Kue dengan ukuran kecil ini biasa diisi dengan Dulce de Leche serta taburan kelapa. Biasanya kue tradisional ini sering dijadikan pilihan sebagai hadiah untuk keluarga, kerabat atau teman. Saat Natal tiba, kue Alfaljores juga jadi salah satu kue yang banyak dijual dan disajikan saat pesta berlangsung.

Baca juga :  10 Wisata Air di Klaten, Segar dan Menyenangkan

Rasa manis dan lembut dari kue ini di dapat dari adonan tepung yang dicampur dengan madu, kayu manis serta almond. Kamu bisa menikmati kue ini secara langsung atau juga bisa ditemani secangkir teh hangat.

Baca Juga:

Ulasan Kafe dengan Konsep Tropikal di Surabaya

Ulasan Liburan Seru, River Tubing di Yogyakarta

9. Argentina Jersey

argentina jersey
unsplash.com

Apa kamu mengikuti pertandingan luar biasa dari tim-tim di piala dunia? Siapa yang tidak tahu tentang Argentina yang merupakan negara penggila sepak bola dan rumah dari beberapa tim terbaik dari Amerika Selatan yang baru saja menjadi pemenang dari Wolrd Cup 2022?

Tak ada salahnya bukan kamu datang ke Argentina sekaligus untuk membeli jersey dari tim mereka. Kamu akan dengan mudah mendapatkan kaos jersey ini terlebih saat kamu berkunjung ke Buenos Aires.

Saat kamu berada di sana, hampir seluruh titik pandanganmu akan melihat logo perisai biru dengan bintang kuning dari tim Club Atlético Boca Juniors (CABJ). Alternatif lainnya, kamu bisa mendapatkan jersey tim nasional Argentina yang berwarna putih dan biru mudah.

10. Mafalda Comic

mafalda comic argentina
unsplash.com

Apa kamu sangat menginginkan sesuatu yang menarik dan unik sebagai suvenir? Di Argentina ada sebuah komik Mafalda. Komik Mafalda yang dibuat pada tahun 1964 ini menjadi salah satu komik popular yang mendunia.

Bahkan karakter utama yang digambarkan sebagai seorang gadis kecil berusia empat tahun ini juga menjadi salah satu ikon popular yang bisa kamu temui di beberapa sudut kota di Argentina. Kisah dari komik ini membawakan sebuah kritik dari sudu pandang seorang anak kecil yang menanggapi keadaan bangsa.

Karena itulah Mafalda menjadi salah satu harta yang dimiliki Argentina, sebagai salah satu bentuk satir yang dikemas dalam karya menarik sebuah komik. Mungkin komik ini akan menjadi kendala untukmu yang tidak mengenal Bahasa Spanyol, namun sepertinya ini bukan menjadi masalah jika kamu memang menginginkan sebuah oleh-oleh khas Argentina yang unik, bukan?



Leave a Reply