10 Tempat Wisata Bersejarah Kejahatan Perang


Reni  October 1, 2022  0 Comment

Berwisata ke tempat yang bersejarah bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu liburan yang dimiliki. Apalagi tempat bersejarah seperti peninggalan saat perang dunia terjadi untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang dimiliki. Simak apa saja daftar dari wisata sejarah kejahatan perang di dunia yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi berikut ini.

1. Volgograd dan Kompleks Memorial Mamayev Kurgan di Rusia

Tempat Wisata Bersejarah Kejahatan Perang
nationsonline.org

Tujuan wisata pertama yang meninggalkan bekas sejarah dari terjadinya perang dunia yaitu ada Volgograd yang menjadi lokasi bukti pertempuran yang paling berdarah dalam terjadinya perang dunia sendiri. Di sekitar daerah ini terdapat Kompleks Memorial Mamayev Kurgan dengan penuh penjelasan mengenai apa yang terjadi saat itu.

Gotravelly

Alun Alun Surabaya, Destinasi Wisata Taman Dan Seni Yang Indah Di Tengah Kota

Wisata Sejarah Di Keraton Sumenep, Satu-Satunya Keraton Di Jawa Timur

2. Pulau Morotai di Maluku Utara

pulau morotai
m.tribunnews.com

Lokasi wisata sejarah kejahatan perang di dunia kedua yaitu terdapat Pulau Morotai yang terletak di Maluku Utara. Tempat satu ini dulunya menjadi basis yang dimiliki oleh para tentara Jepang dalam upayanya melawan sekutu. Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang sangat cantik dan masih asri untuk dinikmati wisatawan.

3. Ploshchad Pobedy dan Museum Pertahanan dan Pengepungan Leningrad

ploschad pobedy
en.wikipedia.org

Selanjutnya dari wisata sejarah kejahatan perang di dunia yaitu di Rusia terdapat Ploshchad Pobedy yang dulunya masyarakat di daerah sini harus mengalami rasa ketakutan yang cukup tinggi karena wilayah tempat tinggal yang mereka miliki dikepung secara penuh oleh para musuh selama lebih dari tiga tahun. Selama itu pula banyak berjatuhan korban karena tewas akibat terjadinya wabah penyakit dan kelaparan yang disebabkan dari adanya perang cukup intensif ini yang bahkan juga jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan tempat bersejarah di dunia yang lainnya. Para pengunjung bisa memilih untuk melihat museum yang ada dan belajar mengenai sejarah perang dunia yang terasa cukup mengerikan.

4. Pulau Biak di Papua

pulau biak
cnnindonesia.com

Destinasi wisata sejarah kejahatan perang di dunia lainnya yang masih masuk ke dalam wilayah Indonesia yaitu terdapat Pulau Biak yang letaknya ada di Papua dan dulunya menjadi saksi selama penyerangan yang dilakukan oleh para tentara Jepang dalam upayanya untuk bisa melawan sekutu selama Perang Dunia II. Bahkan, para pengunjung yang datang masih bisa melihat berbagai peninggalan dan sisa-sisa dari bukti terjadinya penyerangan yang hingga saat ini masih dijaga dan dirawat dengan begitu baik. Beberapa diantaranya seperti meriam, peluru, serta alat peperangan lainnya dan bahkan juga di tempat ini sempat ditemukan ribuan tulang belulang manusia yang dipercayai merupakan tubuh dari para tentara Jepang yang tewas karena penyerangan sekutu.

5. Kompleks Memorial Kursk Arch dan Monumen Kemenangan

kompleks memorial kursk arch
istockphoto.com

Tidak kalah menariknya untuk dikunjungi yaitu terdapat wisata sejarah kejahatan perang di dunia masih di Rusia dengan nama kompleks memorial untuk Kursk Arch dan juga monumen kemenangan yang didedikasikan atau dibuat untuk memperingati kejadian yang didalam semasa perang dunia tersebut. Tempat satu ini dicatat dalam sejarah sebagai sebuah pertempuran tank terbesar yang terjadi di dunia dari sepanjang masa dengan melibatkan hingga sebanyak dua juta orang, 6000 tank, dan bahkan 4000 pesawat untuk mengikuti pertempuran ini. Sementara itu, taman memorial yang bisa dikunjungi memiliki bentuk cukup menarik yaitu seperti lorong dengan panjang satu kilometer dan berhubungan langsung dengan Monumen Kemenangan tersebut.

6. Pulau Nusa Barong di Jember

pulau nusa barong
idntimes.com

Lainnya dari wisata sejarah kejahatan perang di dunia yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi yaitu terdapat Pulau Nusa Barong yang terletak di Jember dan cocok sekali untuk menjadi tempat wisata yang dikunjungi karena keindahan alamnya yang begitu asyik untuk dinikmati. Namun, dibalik keindahan yang ditawarkan oleh pulau satu ini terdapat cerita bahwa dulunya tempat ini merupakan bekas bukti dari terjadinya kejahatan perang saat dilaksanakan perang dunia. Banyak pula yang mengatakan bahwa sebenarnya tempat satu ini dulu merupakan penyokong dari perekonomian yang berjalan saat Kerajaan Blambangan masih jaya hingga Belanda berusaha untuk bisa menguasainya.

7. Kompleks Memorial Malaya Zemlya

kompleks memorial malaya zemlya
dreamstime.com

Buat yang belum tahu mengenai sejarah dibalik wisata sejarah kejahatan perang di dunia satu ini, kejadian perang dunia juga memberikan dampak yang cukup besar terhadap Rusia Selatan dengan peristiwa yang cukup terkenal dan banyak diketahui dengan nama operasi amfibi tentara merah yang terjadi pada bulan Februari 1943. Tentunya pihak pemerintah setempat ingin untuk bisa mengenang kejadian bersejarah sehingga akhirnya dibangun jembatan pula di daerah sini untuk mengingat pula sebagai garis pertempuran yang berlangsung cukup lama. Selain itu, tempat satu ini memiliki komposisi yang menarik dan spasial raksasa yang jika diperhatikan dengan seksama memiliki bentuk seperti haluan kapal ke arah laut.

8. Goa Belanda-Jepang di Bandung

goa belanda jepang bandung
tokopedia.com

Kali ini terdapat wisata sejarah kejahatan perang di dunia untuk yang di Indonesia yaitu Bandung memiliki Goa Belanda-Jepang yang menjadi sebuah tempat banyak cerita dan cukup bersejarah karena digunakan sebagai tempat persembunyian oleh para prajurit dan tentara dari pihak Belanda untuk melindungi diri mereka dari adanya serangan udara. Para pengunjung saat datang nantinya akan disambut dengan suasana yang cukup gelap dan lembab karena goa masih begitu alami dan tidak banyak mengalami perubahan. Selain itu, goa ini juga menjadi saksi bisu saat terjadinya kematian oleh para pekerja paksa atau romusha dalam pembangunan goa ini yang terjadi selama kurang lebih tiga tahun.

9. Kompleks Memorial Gunung Sapun

kompleks memorial gunung sapun
netralnews.com

Selanjutnya dari wisata sejarah kejahatan perang di dunia yaitu terdapat kompleks memorial untuk Gunung Sapun yang dahulunya menjadi saksi dari terjadinya serangan pegunungan yang berlangsung selama kurang lebih tujuh jam dan puncaknya yang harus ditempuh dengan perjalanan yang cukup sulit. Hal ini karena setiap langkah yang diambil oleh para prajurit dahulunya menjadi pertempuran untuk bisa melawan musuh dengan benteng lawan diberikan berbagai perlawanan seperti tank, penjinak ranjau, dan lain sebagainya. Sementara itu, perpecahan perang juga terjadi selama di udara dengan pertempuran yang juga bisa disaksikan oleh para warga pada saat itu dengan melibatkan banyak alat peledak untuk mempertahankan kemenangan mereka.

10. Museum Fatahillah di Jakarta Barat

museum fatahillah
orami.co.id

Rekomendasi wisata sejarah kejahatan perang di dunia yang terakhir kali ini mungkin sudah tidak lagi asing terdengar di  telinga karena juga menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Jakarta dan ingin menambah pengetahuan terkait dengan sejarah perlawanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia pada masa penjajahan dahulu. Museum Fatahillah lebih tepatnya terletak di Jakarta Barat dengan bangunan yang masih megah dan terlihat klasik sehingga sering juga menjadi spot kesukaan wisatawan untuk berfoto. Tempat bersejarah satu ini dulunya menjadi penjara serta tempat eksekusi dan merupakan saksi bisu dari pembantaian para orang Tionghoa selama terjadinya tragedi Geger Pecinan saat itu.



Leave a Reply