10 Museum Paling Angker di Jawa, Jangan Datang Sendirian!


Fida  April 21, 2022  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain tempat wisata alam, wisata bersejarah seperti candi hingga museum juga sayang untuk dilewatkan. Terdapat beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi karena menyimpan benda-benda bersejarah serta menyimpan banyak pengetahuan. Namun siapa sangka jika terdapat museum yang juga dikenal angker dan mengerikan. Saat berkunjung ke Pulau Jawa, inilah daftar 10 museum paling angker di Jawa yang harus kamu ketahui.

1. Museum Fatahillah, Jakarta

museum fatahillah
hipwee.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Museum Fatahillah yang terletak di Jakarta. Museum yang satu ini memiliki lokasi tepat di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Selain dikenal memiliki cerita sejarah yang mengesankan, museum yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu museum paling angker di Jawa. Mengapa begitu?

Konon katanya di kawasan museum ini sering tercium bau menyengat seperti bau anyir darah. Tidak hanya itu, beberapa pengunjung juga mengatakan bahwa mereka kerap mendengar suara teriakan misterius di dalam museum. Penjara bawah tanah menjadi lokasi yang dipercaya paling angker di Museum Fatahillah, Jakarta.

GoTravelly

Merinding Disco Di Museum Kematian

Nekat! Uji Nyali Di Museum Santet

2. Museum Mpu Tantular, Sidoarjo

museum mpu tantular
superradio.id

Museum Mpu Tantular menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah di Sidoarjo yang dapat kamu kunjungi. Tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata bersejarah, museum ini juga dikenal sebagai museum paling angker di Jawa. Alamat dari Museum Mpu Tantular berada di Jalan Raya Buduran – Jembatan Layang, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Bangunannya yang masih megah dan kokoh menjadikan museum ini tetap dikunjungi banyak pengunjung.

Terdapat beberapa cerita horor yang populer dari museum ini adalah konon banyak pengunjung yang mendapati penampakan gaib dan seram. Selain itu, yang kerap terjadi adalah banyak benda-benda di museum yang bergerak sendiri. Bagaimana, berani mengunjungi Museum Mpu Tantular?

3. Museum Pos Indonesia, Bandung

museum pos indonesia
tourbandung.id

Berbicara tentang museum paling angker di Jawa, museum pos Indonesia yang terletak di Bandung juga menjadi salah satunya. Museum Pos Indonesia beralamat tepat di Jalan Cilaki nomor 73, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Saat datang ke museum ini, kamu akan menjumpai banyak hal menarik tentang sejarah. Patung merupakan salah satu koleksi museum yang banyak kamu jumpai di dalam Museum Pos Indonesia.

Museum Pos Indonesia juga dikenal angker karena terdapat beberapa cerita yang beredar. Salah satu cerita yang populer adalah konon katanya saat malam hari patung-patung yang terdapat pada museum kerap bergerak sendiri. Mengerikan bukan?

4. Museum Trowulan, Mojokerto

museum trowulan
gotravelly.com

Museum Trowulan Mojokerto merupakan salah satu museum di Indonesia yang dibangun dengan tujuan untuk menyimpan temuan arkeologi di sekitar Trowulan. Museum yang satu ini juga dikenal memiliki bangunan yang besar dan megah. Namun siapa sangka jika Museum Trowulan termasuk sebagai salah satu museum paling angker di Jawa?

Museum Trowulan dikenal sebagai salah satu museum angker karena konon katanya saat malam hari museum ini selalu tertutup kabut. Kabut tersebut dipercaya merupakan kiriman Patih Gajah Mada untuk melindungi Kerajaan Majapahit. Cukup mengerikan ya?

5. Museum Sri Baduga, Bandung

museum sri baduga
tempatwisatadibandung.info

Pernahkah kamu mendengar sebutan destinasi wisata bersejarah Museum Sri Baduga? Museum Sri Baduga berlokasi di daerah Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum ini tidak hanya dikenal sebagai tempat bersejarah di Bandung, tetapi juga dikenal sebagai salah satu museum paling angker di Jawa.

Sebutkan museum paling angker disematkan pada museum ini karena terdapat beberapa cerita cerita mistis yang beredar. Salah satu cerita yang populer adalah konon katanya di museum ini terlihat sosok perempuan bangsa Belanda yang bisa berbahasa Sunda. Tidak hanya itu, pengunjung yang datang juga biasa dikejutkan dengan adanya suara tawa dan tangis yang tidak jelas dari mana sumbernya.

6. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

museum ullen sentalu
sikidang.com

Berapa dari kamu tentu sudah tidak asing lagi jika Museum Ullen Sentalu dikenal sebagai salah satu museum paling angker di Jawa. Museum yang satu ini memang memiliki bangunan indah serta cerita bersejarah yang menarik sehingga tidak heran jika mampu menarik perhatian pengunjung.

Salah satu peraturan yang ada pada museum ini adalah dilarang untuk berfoto sembarangan. Konon katanya, museum ini dihuni oleh arwah putri bangsawan sejak zaman dahulu kala. Bagaimana, berani untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu? Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke jalan Boyong KM 25, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

7. Museum Kesehatan, Surabaya

museum kesehatan
gotravelly.com

Salah satu museum paling angker di Jawa berlokasi di daerah Surabaya yakni Museum Kesehatan. Museum yang satu ini juga kerap memiliki sebutan museum santet. Ada banyak sekali cerita mistis yang beredar mengenai Museum Kesehatan yang ada di Surabaya, salah satunya adalah cerita adanya sosok sundel bolong yang kerap penampakan diri. Tidak hanya itu, di museum ini juga kerap terdengar suara horor, seperti suara tangis anak kecil.

Tapi dibalik hal tersebut, Museum Kesehatan Surabaya sebenarnya menyimpan banyak pengetahuan dan menarik untuk dikunjungi. Museum yang satu ini beralamat di Jalan Indrapura nomor 17, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya.

8. Museum Perjuangan, Bogor

museum perjuangan
sentul.city

Bagi kamu pecinta tempat wisata horor, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Museum Perjuangan yang terletak di Bogor. Satu ini yang mendapat julukan sebagai salah satu museum paling angker di Jawa. Sebutan museum paling angker disematkan karena Museum Perjuangan kerap memiliki cerita cerita mistis.

Salah satu cerita yang beredar yakni konon katanya kurator museum pernah didatangi oleh arwah dengan nama Margonda. Saat mengunjungi museum ini, pengunjung harus menjaga kesopanan dan dilarang berkata kotor. Salah satu kejadian yang tidak kalah mengerikan adalah dulu terdapat siswa yang berkata kotor dan tiba-tiba berbicara bahasa Belanda.

9. Museum Wayang, Jakarta Barat

museum wayang
travel.detik.com

Salah satu museum yang dijuluki sebagai museum paling angker di Jawa selanjutnya adalah Museum Wayang. Terdapat cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai museum ini, dan salah satu yang populer adalah adanya sosok perempuan berjubah merah. Sosok tersebut kerap menampakan diri kepada pengunjung atau petugas museum dan setelah diikuti, sosok perempuan berjubah merah tiba-tiba menghilang. Mengerikan sekali bukan?

10. Museum Radya Pustaka, Solo

Museum Paling Angker di Jawa
travel.kompas.com

Museum Radya Pustaka kenal sebagai salah satu museum paling angker di Jawa. Museum ini dikenal menyimpan banyak naskah tua yang akan didigitalisasi. Sebelum membuka naskah yang ada, pengunjung harus membaca mantra terlebih dahulu. Salah satu cerita yang populer dari museum ini adalah dulunya terdapat siswa yang tertidur tiba-tiba, setelah membuka naskah tanpa membaca mantra. Bagaimana, berani untuk mengunjungi Museum Radya Pustaka?



Leave a Reply