10 Museum di UK Paling Diminati Wisatawan Mancanegara


prita  July 18, 2021  0 Comment

United Kingdom (UK) atau yang dikenal dengan Britania Raya adalah sebuah kawasan yang terdiri dari empat Negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia. UK memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata keren, mulai dari wisata alam yang menawan hingga wisata sejarah yang bisa menambah pengetahuan kamu. Nah, buat kamu yang suka liburan sambil berkunjung ke museum, berikut ini adalah 10 Museum di UK yang tak boleh dilewatkan.

1. British Museum

British Museum
inexhibit.com

Museum di UK pertama yang wajib kamu kunjungi adalah British Museum. Museum yang berlokasi di kota London, Inggris ini merupakan salah satu museum yang cukup populer di kawasan Britania Raya.

British Museum menyimpan karya-karya manusia sejak zaman prasejarah hingga zaman modern yang berasal dari seluruh dunia. Disini kamu bisa melihat ragam benda bersejarah seperti buku, naskah hingga specimen yang terjaga keasliannya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai barang antik, seperti medali, koin kuno dan material etnografi. Museum ini didirikan oleh Sir Hans Sloane yang berprofesi sebagai seorang dokter dan kolektor benda bersejarah.

Paket wisata murah

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

2. Imperial War Museum

Imperial War Museum
iwm.org.uk

Imperial War Museum juga menjadi salah satu museum di UK yang patut untuk disinggahi. Museum yang berlokasi di pusat kota London ini menyimpan ragam kisah dari orang-orang yang hidup, bertempur hingga gugur dalam konflik sejak Perang Dunia I sampai saat ini.

Tak hanya itu, di museum ini kamu juga bisa melihat galeri Perang Dunia I untuk mengetahui kehidupan orang-orang yang hidup di era tersebut hingga Pameran Holocaust. Sama halnya dengan museum di London lainnya, masuk ke Imperial War Museum ini kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

3. Natural History Museum

Natural History Museum
nhm.ac.uk

Museum di UK yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya juga masih berada di kota London, yaitu Natural History Museum. Museum yang satu ini memang cukup populer di Inggris dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di London.

Museum yang berlokasi di Cromwell Road ini menyimpan beragam koleksi hewan terbesar, tertinggi dan paling langka di dunia. Misalnya seperti paus biru dengan ukuran aslinya hingga ada laba—aba yang usianya mencapai 40 juta tahun. Natural History Museum ini sangat menarik dikunjungi oleh semua usia karena bisa menjadi sarana edukasi. Menariknya, pengunjung yang ingin menikmati museum ini sama sekali tidak dikenakan biaya, lho.

4. Bank of England Museum

Bank of England Museum
en.wikipedia.org

Bank of England Museum juga menjadi salah satu museum di UK yang tak boleh untuk kamu lewatkan begitu saja. Museum yang telah berdiri sejak tahun 1694 ini merupakan sebuah bank sentral Negara yang masih terjaga sampai saat ini.

Di museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi unik yang berhubungan dengan dunia perbankan. Mulai dari uang kertas, uang koin hingga ada bar emas asli yang bisa kamu sentuh.

5. National Museum of Scotland

National Museum of Scotland
linkedin.com

Tak hanya di London, Inggris, museum di UK yang bisa kamu kunjungi selanjutnya berada di kota Edinburgh, Skotlandia. Museum ini dikenal dengan nama National Museum of Scotland dan menjadi museum yang paling banyak dikunjungi di Skotlandia.

National Museum of Scotland ini menyimpan koleksi yang berhubungan dengan sejarah dan budaya Skotlandia. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan koleksi lainnya yang berhubungan degan sejarah alam, sains hingga budaya dunia di museum ini. Museum yang dibangun mulai tahun 1861 ini baru selesai di tahun 1998 dan sering menjadi tempat untuk diselenggarakan berbagai pameran, misalnya seperti pameran yang menampilkan Mesir Kuno, Jam Milenium dan masih banyak lagi lainnya.

6. National Gallery of Scotland

National Gallery of Scotland
graphis.com

Museum di UK yang bisa kamu kunjungi selanjutnya juga masih berada di Edinburgh, Skotlandia, yaitu National Gallery of Scotland. Museum ini wajib dikunjungi, khususnya jika kamu adalah pecinta seni rupa.

Galeri yang dirancang oleh William Henry ini dibuka untuk umum pada tahun 1859 dan menampilkan seni rupa dari Skotlandia dan dari berbagai Negara yang berasal dari periode Renaissance hingga awal abad ke-20. Kamu bisa menikmati karya-karya seniman Skotlandia yang terkenal, seperti Sir Henry Raebum dan Alexander Nasmyth. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai karya pelukis Inggris lainnya. Koleksi di galeri seni ini pastinya mampu menarik perhatian para pecinta seni dunia dan ingin berlama-lama menghabiskan waktu berkunjung ke museum ini.

7. Scottish National Gallery of Modern Art

Scottish National Gallery of Modern Art
airfrance.com.tw

Scottish National Gallery of Modern Art ini merupakan bagian dari National Gallery of Scotland yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sama-sama berlokasi di Edinburgh, tempat ini menampung berbagai koleksi seni modern dan kontemprer.

Semua koleksi seni yang dipamerkan di galeri ini berasal dari tahun 1900 sampai saat ini. Maka tak perlu heran jika koleksi karya seni di museum ini mencapai 6000 yang terdiri dari patung, lukisan, sketsa dan cetakan. Dengan berkunjung ke salah satu museum di UK ini kamu tak hanya bisa berwisata edukasi, tapi juga bisa mendalami seputar budaya Skotlandia.

8. National Museum of Cardiff

National Museum of Cardiff
museum.wales

Museum di UK yang wajib kamu kunjungi selanjutnya berada di Negara Bagian Wales, tepatnya di kota Cardiff. Museum ini dikenal dengan nama National Museum of Cardiff yang menjadi salah satu daya Tarik di Wales.

Museum ini juga menjadi sebuah gallery seni yang cukup menarik untuk dikunjungi bagi kamu yang pecinta seni. Museum yang berdiri sejak tahun 1905 dan diresmikan pada tahun 1912 ini didirikan oleh Sir W Goscombe John. Museum yang dikenal dengan nama Welsh Museum of Natural History, Archaeology and Art ini memiliki bangunan yang megah dan menyimpan berbagai koleksi seni, sejarah hingga budaya yang berhubungan dengan Wales.

9. Titanic Belfast

Titanic Belfast
piquenewsmagazine.com

Kamu suka menonton film Titanic? Yap, film yang menceritakan tentang sebuah kapal pesiar tersebut memang sangat legendaris dan banyak disukai orang. Tapi tahukah kamu jika kapal legendaris ini pertama kali dibangun di Belfast. Irlandia?

Sebagai kota tempat dimana kapal ini pertama kali dibangun, Belfast kemudian dibangunlah sebuah monument yang terdapat museum di dalamnya bernama Titanic Belfast. Monumen dan museum ini kemudian dibuka tepat pada 100 tahun peringatan tenggelamnya kapal Titanic, yaitu 15 April 2012 yang kemudian menjadi salah satu museum di UK yang banyak menarik perhatian wisatawan.

10. Ulster Folk & Transport Museum

Museum di UK
farmweek.com

Museum di UK yang terakhir adalah Ulster Folk & Transport Museum yang berada di Ulster, Irlandia Utara. Disini kamu bisa menemukan dua museum dalam satu lokasi yang mana bisa menambah wawasan kamu seputar transportasi dan kehidupan masyarakat Ulster.

Disini bisa melihat rumah-rumah pertanian, gereja hingga pabrik dan kehidupan desa yang telah direkontruksi di folk museum. Sementara di seberang jalan kamu bisa menemukan Transport Museum yang berupa kebun binatang otomotif. Disini kamu bisa melihat prototype berbahan baja stainless dari DeLorean yang dibuat di Belfast pada tahun 1981. Selain itu, kamu juga bisa melihat foto kapal Titanic dalam pameran hingga desain asli kapal megah tersebut.



Leave a Reply