Bukan Hanya Kain, Berikut 7 Kuliner Bermotif Batik di Indonesia


prita  October 2, 2020  0 Comment

Pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang patut untuk kita lestarikan. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, untuk itu sebagai generasi muda kita patut untuk menjaganya. Batik bukan hanya motif yang dilukiskan pada kain saja, namun batik mulai diterapkan pada berbagai media, misalnya seperti barang pecah belah hingga makanan. Goresan tinta indah yang membentuk motif batik ini bisa juga menjadi makanan yang lezat. Kuliner bermotif batik ini tak hanya memiliki tampilan yang memikat, namun juga rasa yang mampu membuat ketagihan.

Sekilas tentang Batik

Batik merupakan kain yang dilukis dengan menggunakan canting dan cairan lilin malam yang membentuk goresan tinta bernilai seni tinggi. Sebutan batik sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang awalnya terdiri dari dua suku kata, yaitu amba dan tik yang memiliki arti menulis titik.

Batik disetiap daerah memiliki motif yang berbeda-beda yang tentunya juga memiliki makna yang berbeda. Setiap batik memiliki makna dan makna tersebut bisa tersirat atau tersembunyi dalam gambar. Hal ini dikarenakan motif batik tidak lepas dari pendangan hidup pembuatnya. Misalnya seperti Batik Kawung yang memiliki makna penggambaran bahwa sebuah itikad yang bersih itu merupakan sebuah ketetapan hati yang tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Ada juga motif-motif batik yang dibuat karena campur tangan sejarah. Misalnya seperti Batik Hokokai yang dipengaruhi oleh penjajah Jepang di Indonesia. Motif batik tersebut tentu menyimpan sebuah cerita yang menarik untuk diulik.

Nah, tak hanya pada kain. Batik belakangan ini mulai diperkenalkan dalam berbagai media yang tentu saja mampu membuatnya semakin dilestarikan dan dicintai. Misalnya seperti pada tas, sepatu, gelas, piring hingga barang pecah belah lainnya. Menariknya lagi, belakangan ini batik juga mulai diperkenalkan dalam media makanan yang tentu saja sangat menarik secara visualnya. Kuliner bermotif batik ini tak hanya unik, tapi juga sangat khas dan memiliki rasa yang lezat. Tak heran jika sering kali digunakan untuk oleh-oleh.

7 Kuliner Bermotif Batik di Indonesia

1. Bolu Batik

bolu batik
thr.kompasiana.com

Kuliner bermotif batik yang pertama adalah Bolu Batik. Kue Bolu gulung ini biasanya diisi dengan berbagai macam isian dan disajikan dengan tampilan yang polos.

Namun, saat ini kue bolu bisa dihiasi dengan berbagai gambar animasi yang lucu bahkan dihias dengan motif batik. Motif batik pada kue bolu gulung ini pun bervariasi, mulai dari batik klasik hingga batik dengan motif yang berwarna cerah. Goresan warna pada kue bolu gulung ini membuatnya semakin terlihat cantik. Kue bolu batik ini sebenarnya telah ada sejak tahun 2014, bahkan saat ini namanua sudah tersohor hingga negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Gotravelly

Mengenal Batik Dan Budaya Madura Di Tresna Art

Mudik Ke Purwokerto, Mampir Umaeh Inyong Dulu Ya

2. Cokelat Batik

coklat batik
margaapsari.com

Selain bolu batik, kuliner bermotif batik lainnya yang patut untuk kamu coba adalah cokelat batik. Cokelat memang menjadi salah satu sajian yang sangat digemari oleh segala usia karena rasanya yang legit.

Dibalik kenikmatannya, ternyata cokelat juga bisa menjadi sebuah kanvas untuk motif batik. Metode pembuatan cokelat batik ini pun ada dua, pertama menggunakan mesin dan yang kedua dengan cara melukiskannya dengan tangan secara manual. Meskipun begitu, motif batik yang dihasilkan pun sama-sama cantik dan bisa membuat kita semakin bangga akan warisan Indonesia ini.

Cokelat Batik ini bisa kamu temukan di Dapur Cokelat. Biasanya cokelat ini ditawarkan dalam bentuk yang berbeda-beda. Seperti bentuk tas, cokelat barm sepatu heels dan masih banyak lagi lainnya. Harga yang ditawarkan untuk cokelat batik ini mulai dari Rp 45.000 saja.

3. Puding Batik

Kuliner Bermotif Batik di Indonesia
travelingyuk.com

Kuliner bermotif batik lainnya yang patut untuk kamu coba adalah pudding batik. Puding batik ini bisa menjadi pilihan hidangan penutup yang tak hanya manis dan segar, namun juga semakin menambah kecintaan kita terhadap batik.

Puding batik ini dibuat dengan cara dilukis menggunakan cairan warna-warni dan bantuan alat suntik. Hal ini tentu saja dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi karena permukaannya yang tidak terlalu luas menjadikannya tantangan tersendiri.

4. Kue Kering Batik

Kuliner Bermotif Batik di Indonesia
cookieconnection.juliausher.com

Kuliner bermotif batik yang bisa dicoba selanjutnya adalah Kue Kering Batik. Kue kering biasa menjadi suguhan saat lebaran dimana kamu bisa menemukannya dengan berbagai pilihan topping, mulai dari gula halus, keju hingga cokelat.

Belakangan ini mulai bermunculan kue kering dengan motif yang beragam, seperti karakter aneka tokoh kartun atau batik. Kue kering batik ini memang cukup unik sehingga menarik banyak peminat. Kamu pun bisa menemukan penjualnya di Yogyakarta dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 30.000.

5. Donat Batik

Kuliner Bermotif Batik di Indonesia
facebook.com

Untuk kamu yang pecinta donat, kamu pun wajib untuk mencoba kuliner bermotif batik yang satu ini. Kuliner ini merupakan kue donat yang diberi motif batik sehingga menawarkan tampilan yang sangat cantik dan membuatmu sayang untuk memakannya.

Untuk mendapatkan donat batik ini kamu bisa memesannya di salah satu bakery di kota Jogja yang bernama Mr One Cake and Cookies. Donat batik ini biasa dipesan untuk oleh-oleh khas Jogja karena tampilannya yang unik dan rasanya yang nikmat tentunya. Untuk harga satu pack donat batik ini dibanderol mulai dari Rp 50.000 per 6 buah.

6. Brownies Batik

brownies batik
solopos.com

Brownies Batik menjadi kuliner bermotif batik selanjutnya yang bisa kamu cicipi. Brownies batik ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan kain batik dan kerap dikira sebagai lipatan kain batik.

Motif batik yang digunakan untuk brownies ini pun beragam, tapi yang sering digunakan biasanya adalah batik klasik sogan. Seperti motif kawung, jarik gendong, parang dan sidomukti. Brownies batik ini tak hanya memiliki tampilan yang indah dan membuat kita sayang untuk memakannya, tapi juga memiliki rasa yang sangat lezat. Satu porsi brownies batik ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 60.000.

7. Tart Batik

tart batik
suarabatik.com

Kuliner bermotif batik yang terakhir adalah tart batik. Kue tart biasa disajikan untuk pesat ulang tahun dan belakangan ini memiliki banyak motif dan bentuk. Kamu bahkan bisa memesan kue tart dengan foto wajah kamu sendiri.

Namun, untuk kamu yang nasionalis, kamu bisa memesan kue tart dengan motif batik, lho. Hampir sama dengan pudding batik, pembuatan tart batik ini pun tidak mudah. Dibutuhkan teknik yang mumpuni karena tampilan tart batik lebih bervariasi daripada bolu gulung ataupun brownies.

Adonan dasar kue yang telah dipanggang tersbeut dihias dengan sangat hati-hati dan dibutuhkan kesabaran ekstra untuk membentuk ilustrasi motif batik yang diinginkan. Tak lupa juga diberi tambahan krim dan buah ceri agar tampilannya semakin cantik.

Demikianlah 7 kuliner bermotif batik yang bisa kamu coba. Tak hanya memiliki tampilan yang unik dan rasa yang nikmat, kuliner bermotif batik diatas juga bisa semakin membuat kita bangga akan warisan Nusantara yang satu ini. Selamat Hari Batik Nasional.



Leave a Reply