10 Minuman Khas Afrika Tawarkan Rasa Unik yang Menyegarkan


Fida  February 26, 2021  0 Comment

Saat berkunjung ke berbagai daerah di dunia, sayang rasanya jika Anda tidak menyempatkan untuk mampir ke salah satu tempat wisata atau mencoba kuliner khas yang ada disana. Kuliner akan disajikan dengan tampilan serta cita rasa yang khas dari masing-masing daerah. Berencana berlibur ke Afrika?

Ada berbagai kuliner serta minuman khas Afrika yang cukup unik dan menarik untuk dicoba

1. Karkade, Mesir

Karkade
globalhealthlab.com

Salah satu minuman khas Afrika yang sayang untuk tidak dicoba adalah karkade yang berasal dari Mesir. Minuman yang satu ini merupakan teh yang biasa disajikan pada acara pesta pernikahan atau untuk menyambut tamu. Karkade memiliki tampilan yang khas yakni berwarna merah dan dibuat dari daun kembang sepatu.

Minuman yang satu ini dibuat dengan proses pembuatan yang cukup mudah yakni dengan cara merebus kembang sepatu kering ke dalam air mendidih. Setelah merebus cukup lama, air akan berubah warna menjadi merah. Satu ini biasa disajikan dengan tambahan gula atau pemanis lainnya. Tidak hanya itu, adanya tambahan lemon atau daun mint juga membuat cita rasa semakin segar. Anda bisa menikmati karkade dalam keadaan hangat maupun dingin.

Review kuliner

Mencari Sarapan Di Pasar Beringharjo Jogja, Pilihan Lauknya Ada Banyak!

PEPS Gelato : Pertama Kali Nyobain Gelato Di Jombang

2. Rooibos Tea, Afrika Selatan

 Rooibos Tea
bukalapak.com

Rooibos tea menjadi salah satu minuman khas Afrika Selatan yang sayang jika tidak Anda coba. Minuman yang satu ini memiliki warna merah dan dibuat dari tanaman redbush. Rooibos tea kini sangat populer dan dikonsumsi oleh lebih dari 37 negara di dunia.

Ada cukup banyak manfaat yang diperoleh saat mengkonsumsi minuman yang satu ini. Buatannya juga tidak sulit yakni dengan menyeduh teh rooibos dengan air panas. Anda bisa memilih untuk menikmatinya dalam keadaan panas maupun dingin. Biasanya minuman yang satu ini disajikan dengan atau tanpa pemanis.

3. Purple Tea, Kenya

purple tea
cleanplates.com

Salah satu minuman khas Afrika yang sayang untuk Anda lewatkan yakni purple tea. Purple tea merupakan minuman yang berasal dari daerah Kenya, Afrika Timur. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini memiliki warna khas yakni ungu. Bahan utama yang digunakan untuk membuat teh ungu ini berasal dari tanaman camellia sinensis assamica.

Cita rasa teh ungu ini sangat khas, seperti perpaduan dari teh hijau dan teh oolong. Minuman yang satu ini biasa disajikan dengan tambahan perasan lemon. Saat teh ungu bercampur dengan perasan lemon, Anda akan melihat perubahan warna menjadi ungu muda hingga pink pucat.

4. Atai, Mauritania

Atai
istockphoto.com

Berbicara tentang banyaknya minuman khas Afrika, anda bisa mencoba salah satu minuman khas yang dikenal dengan sebutan atai. Selain disebut atai, minuman yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Berber Whiskey. Meskipun begitu, minuman yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol.

Minuman yang satu ini memiliki keunikan yakni adanya buih dalam gelas saat disajikan. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan atai yang sangat unik yakni dengan memindahkan minuman dari satu gelas ke gelas lainnya. Hal tersebut dilakukan berulang kali hingga menghasilkan buih yang cukup banyak dan siap disajikan.

5. Maghrebi Mint Tea, Maroko

maghrebi mint tea
thebloominglotus.eu

Saat ingin mencoba salah satu minuman khas Afrika, Anda bisa mencoba maghrebi mint tea. Minuman yang satu ini berasal dari Negara Maroko, Afrika Utara. Maghrebi mint tea biasa disajikan untuk penyambutan tamu dan selalu disajikan oleh pria tertua dalam satu keluarga. Yang menjadikan unik lagi adalah minuman yang satu ini biasa disajikan dengan teko dan nampan berukir.

Saat menuangnya, jarak antara teko dan gelas adalah 12 inci dan apabila minuman dalam gelas berbuih, maka hal itu menandakan bahwa teh belum siap untuk dikonsumsi. Saat hal tersebut terjadi, biasanya pemilik rumah akan mengolah kembali teh hingga benar-benar sempurna dan siap untuk diminum.

6. Sobolo, Ghana

Sobolo ghana
afrifoodnetwork.com

Ghana menjadi salah satu negara yang menawarkan minuman khas Afrika yakni sobolo. Minuman yang satu ini juga biasa disebut dengan teh kembang sepatu. Berbeda dengan pembuatan minuman teh lainnya, 10 juga dibuat dengan cara merendam daun atau bunga ke dalam air panas hingga warna air berubah menjadi merah. Olahan teh ini melalui proses penyaringan sebelum disajikan. Biasanya juga ditambahkan gula atau pemanis lainnya.

Cita rasa minuman yang satu ini bisa dikatakan mirip dengan jus anggur atau cranberry. Ada cukup banyak manfaat yang anda peroleh saat meminum sobolo. Berbagai manfaat yang diperoleh diantaranya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta manfaat yang paling dikenal adalah membantu menurunkan berat badan.

7. Amasi, Afrika Selatan

Amasi
iol.co.za

Saat berlibur ke Afrika Selatan, Amasi menjadi salah satu minuman khas Afrika Selatan yang sayang jika tidak Anda coba. Jika dilihat sekilas, minuman yang satu ini memiliki tampilan seperti susu biasa. Teksturnya yang kental dan lembut rasanya yang asam dan harus menjadikan banyak orang tertarik dengan minuman yang satu ini.

Amasi dibuat dengan berbagai campuran seperti yoghurt dan keju cottage. Ada banyak kandungan yang ada pada minuman yang satu ini diantaranya merupakan sumber protein, zat besi, kalsium, dan magnesium. Sebelum disajikan, minuman yang satu ini biasa ditambahkan dengan madu untuk menambah cita rasa manis.

8. Cafe Touba, Senegal

cafe touba
majalah.ottencoffe.co.id

Ada salah satu minuman khas Afrika yang sayang untuk dilewatkan. Minuman yang satu ini populer dengan sebutan Cafe Touba dan berasal dari daerah Senegal. Ada hal yang menjadi ciri khas minuman yang satu ini yakni merupakan kopi pedas dan bertekstur pekat. Bahan yang digunakan untuk pembuatan minuman yang satu ini adalah biji kopi yang dipanggang dan digiling dengan biji selim.

Tidak hanya itu, minuman yang satu ini juga mengandung campuran cengkeh. Proses pembuatannya juga masih sangat tradisional yakni dengan memindah minuman beberapa kali di antara dua wadah hingga berbuih. Tertarik untuk mencoba minuman kopi pedas?

9. Leite Azedo, Angola

 Leite Azedo
mdemulher.abril.com.br

Ada cukup banyak minuman khas Afrika yang menawarkan cita rasa unik dan wajib Anda coba. Salah satunya adalah minuman leite azedo yang berasal dari daerah Angola. Minuman yang satu ini merupakan susu asam yang telah lama menjadi tradisi untuk dikonsumsi masyarakat adat mucubal. Susu berfermentasi ini menawarkan rasa yang khas.

10. Alouda, Mauritius

Alouda
tasteatlas.com

Itu minuman khas Afrika yang berasal dari Mauritius yakni alouda. Minuman yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan seperti biji selasih, susu, agar-agar, dan vanili. Adanya tambahan es juga menjadikan minuman yang satu ini semakin segar saat dinikmati. Anda juga akan dengan mudah menjumpai minuman yang satu ini saat berada di daerah Mauritius.



Leave a Reply