7 Rekomendasi Nasi Jamblang Terkenal Paling Enak di Cirebon


sisil angelin  February 4, 2019  0 Comment

Jalan-jalan ke cirebon kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati nasi jamblang cirebon. Jamblang sebenarnya adalah nama daerah di barat kota Cirebon tempat hidangan berasal. Terletak di antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, kuliner Cirebon memiliki rasa yang sangat khas karena memiliki ciri khas yang berbeda dari makanan Jawa Barat pada umumnya, tetapi juga berbeda dengan makanan Jawa Tengah.  

Rekomendasi Nasi Jamblang Enak di Cirebon

1. Nasi Jamblang Stasiun Kejaksan

 Nasi Jamblang Stasiun Kejaksan
riskiringan.com

Nasi Jamblang adalah nasi putih yang dibungkus dengan daun jati, jika dibungkus daun pisang makanannya akan kurang awet. Ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu kualitas beras tetap terjaga walaupun disimpan dalam waktu lama. Salah satu nasi jamblang yang paling populer adalah yang ada di depan Stasiun Kejaksan sebagai tempat kuliner di pusat kota Cirebon. Tempat ini agak tersembunyi di balik gerbang utama tetapi itu tidak menghentikan penggemar makanan untuk mencicipi hidangan lezat di sini.

Jika anda menyukai santan dan sesuatu yang gurih , anda harus mencoba Empal Gentong di tempat ini. Hidangan empal (daging sapi) yang terkenal ini dapat memenuhi selera anda. Dan jika anda lebih suka sesuatu yang ringan dan segar, anda harus mencoba Empal Asem. Empal Asem adalah Sup Betawi tanpa santan dengan tomat segar.

retoran terdekat

Lotek: Sajian Khas Yang Tak Hanya Sehat Tapi Juga Nikmat

Lumpia Semarang Yang Selalu Terbayang

Mencicipi Lezatnya Ayam Taliwang Di Kota Mataram

2. Nasi Jamblang di Pelabuhan Cirebon

Nasi Jamblang di Pelabuhan Cirebon
travel.tempo.co

Lokasinya berada di dekat Pelabuhan Cirebon, dan biasanya ada banyak pengamen di sekitar sini. Tempat ini buka dari pagi hingga pukul 9 malam. Tempat ini adalah tempat makan gaya warteg dari Cirebon, jadi jangan berharap tempat ini berada di tempat jenis resto. Nasi pelabuhan Jamblang ini rasanya sangat enak karena nasi dibungkus dengan daun jati, tidak hanya disajikan di atasnya seperti di beberapa tempat lain.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Stasiun Malang

Makanan di tempat ini sangat otentik karena dimasak dengan cara tradisional. Mereka menyajikan nasi dengan beberapa jenis daging yang mereka masak dengan sangat baik, seperti semur daging, ikan goreng, ikan asin, dan banyak lainnya. Harganya juga lumayan ramah. Sederhana tapi enak dan harga terjangkau.

3. Warung Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi Jamblang Mang Dul
koranyogya.com

Mang Dul adalah salah satu penjual nasi jamblang paling favorit di Cirebon (selain nasi jamblang pelabuhan). Tempat ini kecil tapi hampir tidak pernah sepi, bahkan untuk sekedar menemukan tempat parkir mobil anda mungkin akan kesulitan. Orang-orang mengantri untuk mendapatkan sepiring nasi jamblang, kemudian mereka mengambil apa yang mereka inginkan dari banyak pilihan lauk di atas meja.

Untuk menikmati Nasi Jamblang anda dapat memilih varian lauk pauk seperti cabai, tahu, paru-paru sapi, semur daging atau daging, perkedel jagung, sate kentang, telur orak-arik, telur goreng cabai, ikan goreng, ikan asin, tahu, dan tempe. Cabai Jamblang juga sangat khas karena tidak pedas.

Di tempat ini sebenarnya sangat sulit untuk mencari tempat duduk kosong. Karena sebenarnya tempat sederhana ini hanya cukup untuk sekitar 20 tamu saja tetapi lokasinya sangat strategis tepat di seberang Garage Mall. Jika anda datang kesini anda akan mendapatkan rasa nasi jamblang yang enak dengan harga masuk akal.

4. Nasi Jamblang di Jalan Doktor Mangunkusumo

Ini adalah salah satu warung makan tradisional di wilayah Kabupaten Cirebon, lokasinya tidak jauh dari Transmart Cirebon. Cita rasa dan harga nasi jamblang cirebon di tempat ini lumayan, tapi jalan menuju kesana agak susah karena tempat parkir rusak dan banyak lubang. Apalagi saat hujan datang.

Meski begitu, ditempat ini anda juga dapat memesan makanan lain dari berbagai warung di dalam. Makanannya enak tetapi anda harus memilih waktu makan yang tepat di sini. Ini karena tempatnya selalu penuh, terutama saat jam makan siang. Di sini anda dapat memilih makanan dengan lauk sendiri, dari telur, tahu, daging, dll. Tempat ini buka hingga larut malam, anda bisa pergi ke tempat ini untuk mendapatkan masakan kuliner asli Cirebon dan menikmati suasana cirebon malam hari.

Baca juga :  10 Minuman Khas Sumatera Yang Unik dan Menyegarkan

5. Nasi Jamblang Ibu Nur

Ini adalah salah satu tempat yang bagus untuk makan saat akhir bulan, karena harganya yang murah meriah. Lokasinya dekat dengan stasiun kereta dan mudah ditemukan. Tempat parkir mobil juga luas. Ini adalah warung makan tipe prasmanan, dan orang bisa memilih menu yang mereka inginkan. Untuk mendapatkan hidangan yang lezat, pengunjung harus mengantri untuk mengambil pilihan makanan mereka sendiri. Saat jam makan siang dan makan malam, biasanya antrian akan lebih panjang. Tempat ini juga selalu ramai di akhir pekan.

Ada banyak pilihan lauk, seperti cumi-cumi hitam, pepes telor asin, pepes jamur, tepung telur goreng, tahu saus, hidangan kacang hitam, pepes jamur, rendang daging sapi dll. Tidak terlalu banyak sayuran dalam menu, kebanyakan protein (telur dan daging).

6. Nasi Jamblang H. Barno

Tempatnya terletak di dekat lampu lalu lintas, tempat kecil untuk 15 orang. Ini adalah warung nasi jamblang tradisional yang sangat direkomendasikan untuk anda yang datang ke Cirebon. Selain nasi jamblang, mereka juga menyajikan sate kambing (sate daging kambing) dan Tahu Gejrot, hidangan khas Cirebon lainnya. Tahu gejrot di sini rasanya sangat enak, anda akan benar-benar merasakan semua bahan yang dicampur dengan sangat baik untuk menciptakan rasa unik camilan ini.

Menu khas cirebon lain yang juga dapat anda temukan disini adalah nasi lengko. Ini adalah hidangan sederhana dengan beberapa sayuran disajikan sebagai topping nasi putih. Mirip dengan ‘nasi pecel’ dalam masakan Jawa. Nasi lengko terdiri dari nasi, kacang, tempe, tauge, tahu, sambal kacang, dan kecap indonesia. Saat anda makan ini, pastikan anda mencampur nasi dengan saus.  Sausnya mungkin terlihat sangat pedas, tetapi tidak sama sekali.

Baca juga :  7 Minuman Khas Banjarmasin, Sehar Dan Menyehatkan

Anda dapat menikmati makanan lokal ini dengan sate daging kambing tambahan yang disediakan. Ini adalah salah satu tempat nasi lengko terbaik di cirebon, jangan lewatkan saat anda mengunjungi cirebon, makanan enak dengan harga bagus. Untuk satu porsi Nasi Lengko dan satu porsi sate kambing (5 tusuk sate) totalnya sekitar 25 ribu. Baik Jamblang dan Lengko adalah makanan khas dari Cirebon yang harus anda cicipi.

7. Nasi Jamblang Pitri

Nasi Jamblang Pitri

Jika anda datang ke Kabupaten Cirebon, provinsi Jawa Barat Indonesia. Akan terasa kurang jika anda tidak mencoba mencicipi makanan Nasi Jamblang yang disebut penduduk setempat menyebutnya “Sega Jamblang” , pilihan tempat favorit lain adalah Nasi Jamblang Pitri.

Nasi jamblang di tempat ini juga disajikan secara prasmanan. Menu yang tersedia termasuk rebusan hati atau daging, sate, kentang, telur dadar / telur goreng, saus telur goreng, kentang goreng, sayur tahu, paru-paru, sup ikan, ikan asin, tahu dan tempe, dan jangan lewatkan ‘blakutak ‘, sejenis cumi yang dimasak dengan tinta. Meski menunya sangat beragam, tetapi relatif murah. Harga Sega Jamblang disini terjangkau, mulai dari Rp. 3000 hingga Rp.10.000, dengan harga ini setiap orang dapat menikmati kuliner lezat Nasi jamblang Cirebon  tanpa merusak dompet mereka sambil menikmati Daya Tarik Wisata Cirebon. Datang dan kunjungi Cirebon.



Leave a Reply