10 Makanan Khas Sulawesi Barat Wajib Kamu Coba


Fida  July 27, 2021  0 Comment

Makanan Khas Sulawesi Barat Mulai dari makanan berat hingga jajanan yang kaya rasa. Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia tentu sangat disayangkan jika tidak mengunjungi tempat wisata atau mencicipi kuliner lezatnya. Sulawesi Barat menjadi salah satu kawasan yang cocok didatangi bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur. Ada banyak tempat indah yang akan memanjakan Anda selama berada disana.

Berbagai kuliner lezat khas Sulawesi Barat juga sayang untuk tidak Anda coba. Anda dapat mencoba berbagai kuliner mulai dari jajanan hingga makanan berat. Berikut daftar 10 Makanan khas Sulawesi Barat yang wajib Anda coba

1. Bau Piapi

Bau Piapi
kompadansamandar.or.id

Bau Piapi sudah cukup populer dan dikenal sebagai salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang banyak diburu wisatawan. Makanan yang satu ini termasuk kuliner tradisional yang menawarkan cita rasa lezat dengan rempah yang khas.

Bau Piapi dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ikan segar. Daging tersebut diolah dengan kuah kuning yang kaya akan rempah-rempah. Hidangan berkuah yang satu ini tentu cocok dinikmati bersama dengan sepiring nasi hangat. Saat berkunjung ke Sulawesi Barat, lezatnya Bau Piapi sayang untuk Anda lewatkan.

Paket wisata murah

Kuah Kental Coto May Tora Bikin Ngiler

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

2. Apang

Apang Makanan Khas Sulawesi Barat
tribunnews.com

Selain mengunjungi tempat wisata di Sulawesi Barat, berbagai kuliner lezat juga akan menyambut kedatangan Anda. Apang menjadi salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang banyak ditemui di daerah Mandar. Apang merupakan kue dengan tampilan warna kecoklatan. Warna kue yang satu ini berasal dari bahan utamanya yakni gula aren dan tepung beras yang dikukus.

Bagi Anda pecinta makanan manis, Apang tentu menjadi pilihan tepat untuk Anda coba. Hidangan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan taburan kelapa muda. Apang tentu sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh atau kopi.

3. Sambusa

Sambusa Khas Sulawesi Barat
cookpad.com

Ada cukup banyak makanan khas Sulawesi Barat yang sayang untuk Anda lewatkan, salah satunya adalah sambusa. Makanan yang satu ini memiliki bentuk khas yakni segitiga. Sambusa adalah gorengan yang memiliki isian olahan daging ikan. Daging ikan diolah dengan cita rasa gurih dan lezat.

Tidak hanya digemari oleh warga lokal saja, Sambusa juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Sulawesi Barat. Makanan ringan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan tekstur renyah di bagian luarnya.

4. Kue Cucur

Kue Cucur Khas Sulawesi Barat
kompas.com

Ada cukup banyak makanan khas Sulawesi Barat yang sayang untuk Anda lewatkan, salah satunya adalah kue cucur. Kue yang satu ini merupakan hidangan tradisional yang masih banyak diburu hingga saat ini. Kue cucur memiliki bentuk khas yakni bulat pipih dan banyak dijumpai di acara hajatan.

Kue cucur dibuat dengan bahan utama tepung beras serta gula merah lalu digoreng dengan minyak kelapa khas Mandar. Cita rasa manis dan khas kue cucur sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Sulawesi Barat.

5. Kue Paso

Kue Paso
budaya-indonesia.org

Kue Paso menjadi salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang wajib Anda coba. Kue yang satu ini memiliki bentuk khas yakni kerucut dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Meskipun termasuk kue tradisional, Kue Paso masih banyak diburu hingga saat ini.

Kue Paso dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung beras, santan, dan gula aren yang dicairkan. Meskipun cukup sulit ditemui, tetapi Anda dapat membelinya di pasar-pasar tradisional di Sulawesi Barat. Lezat dan uniknya cita rasa kue yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

6. Kue Kui Kui

Kue Kui Kui
trica-c15.blogspot.com

Kue Kui Kui jadi salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini hampir mirip dengan kue pukis. Namun jika dilihat lebih teliti, kue ini memiliki bentuk yang lebih panjang jika dibandingkan dengan kue pukis.

Cita rasa yang ditawarkan kurang lebih mirip dengan kue pukis. Kue yang satu ini dibuat dari campuran tepung terigu dan parutan kelapa. Proses memasak yang masih tradisional menghasilkan cita rasa khas dan sedap. Saat berkunjung ke Sulawesi Barat, kue yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

7. Tetu

Tetu
merahputih.com

Tetu menjadi salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang mudah dijumpai khususnya saat menjelang bulan Ramadhan. Makanan tradisional yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat asli Sulawesi Barat. Tidak jarang wisatawan yang datang dan penasaran dengan cita rasa tetu.

Makanan ini disajikan di atas daun pandang yang berbentuk persegi panjang. Tetu dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula pasir dan gula aren. Adonan tersebut kemudian dicampur dengan santan kelapa dan dikukus hingga matang. Cita rasa dan tekstur tetu yang khas sayang untuk tidak Anda coba saat berada di Sulawesi Barat.

8. Bolu Paranggi

Bolu Paranggi
sulbarkita.com

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Sulawesi Barat, bolu paranggi dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda coba. Bolu yang satu ini dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional di Sulawesi Barat. Bolu paranggi memiliki bentuk khas yakni berbentuk mangkok kecil.

Makanan tradisional yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu serta gula aren. Tidak heran jika bolu paranggi menawarkan cita rasa manis dan enak saat dinikmati. Hidangan yang satu ini sangat cocok disajikan bersama dengan segelas teh atau kopi. Bersantai pagi atau sore hari dan menikmati bolu paranggi tentu menjadi hal mengesankan yang bisa Anda coba.

9. Roti Pawa

Roti Pawa
tokomesin.com

Salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang wajib Anda coba adalah Roti Pawa. Jika dilihat sekilas, roti yang satu ini memiliki tampilan seperti bakpao dengan bentuk bulat putih dengan isian di dalamnya. Roti Pawa dan bakpao memang dibuat dengan cara yang sama yakni dikukus. Namun yang membedakan adalah roti pawa dibuat dengan menggunakan bahan tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras.

Roti Pawa biasa disajikan dengan isian yang khas yakni kacang halus yang dicampur dengan gula merah dan gula pasir. Anda akan merasakan sensasi empuk dan manisnya kacang yang bercampur dengan gula.

10. Jepa

Makanan Khas Sulawesi Barat
lifestyle.okezone.com

Saat berkunjung ke Sulawesi Barat, mencoba salah satu makanan khas tentu menjadi hal mengesankan yang bisa Anda coba. Jepa menjadi salah satu kuliner yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan maupun warga lokal. Kuliner yang satu ini bentuk bulat pipih.

Makanan dengan cita rasa lezat ini dibuat dari sagu maupun singkong dan memiliki isian gula aren yang menghasilkan sensasi manis. Makanan khas Sulawesi Barat yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

Nah, diatas merupakan daftar 10 makanan khas Sulawesi Barat. Makanan manakah yang paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply