10 Makanan Khas Kendal Yang Enak Dan Terkenal


prita  June 27, 2021  0 Comment

Kendal adalah salah satu kota cantik di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang berbatasan dengan laut Jawa ini dikenal sebagai kota santri karena disana terdapat banyak pondok pesantren, terutama di kawasan Kaliwungu. Tak hanya itu, Kendal juga menjadi destinasi menarik untuk berburu kuliner. Kuliner khas Kendal memang terkenal sangat lezat dan khas karena jarang ditemukan di daerah lain. Nah, apa saja makanan khas Kendal yang paling rekomended untuk dicoba? Berikut adalah daftar Makanan khas Kendal yang wajib kamu coba

1. Sate Bumbon

sate bumbon Makanan khas Kendal
idntimes.com

Makanan khas Kendal pertama yang wajib kamu coba adalah Sate Bumbon. Sate Bumbon ini merupakan sajian yang cukup populer di Kendal dan menjadi favorit banyak masyarakat Kendal.

Sate ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Namun berbeda dengan sate pada umumnya yang diberi kecap saat memanggangnya, sate bumbon justru dipanggang dengan bumbu bawang putih, jahe dan kemiri serta aneka rempah lainnya. Tak heran jika kamu bisa mencium aroma rempah yang kuat pada sate ini. Setelah matang, sate ini disiram dengan saus kacang yang ditumbuk kasar dan kecap.

paket wisata murah dan terpercaya

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

Es Kesambi 4 Salatiga: Slurrpppp.. Segarnya Es Pelepas Dahaga Menepis Panasnya Cuaca

2. Bebek Ungkep Mak Kis

Bebek Ungkep Mak Kis
blog.airyrooms.com

Jika kamu adalah pecinta bebek, makanan khas Kendal yang satu ini tak boleh dilewatkan. Bebek Ungkep Mak Kis ini memang cukup legendaris dan menjadi favorit banyak orang, termasuk wisatawan yang datang ke Kendal.

Baca juga :  10 Pantai di Kendal Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Bebek ungkep disini dikenal memiliki tekstur yang empuk dan kaya akan bumbu rempah. Daging bebek disini tidak amis karena diolah dengan menggunakan bumbu rempah. Bahkan proses pengolahannya pun masih menggunakan cara lama, yaitu dengan tungku berbahan kayu. Tak heran jika aroma dari bebek ungkep ini berbeda dan sangat khas.

3. Mangut Lele

Mangut Lele khas Kendal
diahdidi.com

Kalau biasanya ikan lele diolah dengan cara digoreng, maka kamu harus mencoba olahan lele yang satu ini. Dikenal dengan nama Mangut Lele, sajian ini menjadi salah satu makanan khas Kendal yang banyak dicari.

Gurihnya daging ikan lele berpadu sempurna dengan kuah mangut yang pedas tentu akan membuatmu ketagihan. Salah satu tempat untuk menikmati mangut lele di Kendal adalah Warung Makan Farchat yang berada di Pantura Kaliwungu Kendal. Tak perlu khawatir soal harga karena seporsi mangut lele ini hanya sekitar Rp 12.000 saja.

4. Brongkos

Brongkos kuliner khas Kendal
resepkoki.id

Makanan khas Kendal yang satu ini dikenal dengan nama Brongkos. Konon nama Brongkos berasal dari Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis, yaitu kata Brown dan Horst. Brown berarti cokelat dan Horst adalah daging. Karena lidah orang Jawa susah mengcapkan Bahasa asing, kedua kata tersebut menjadi Brongkos.

Sesuai dengan namanya, Brongkos berbahan dasar daging sapi yang diolah menggunakan bumbu rampah khas Kendal sehingga brongkos memiliki cita rasa unik. Tak hanya berisi daging, brongkos juga diberi pelengkap seperti tahu goreng, kulit dan daun melinjo. Brongkos ini memiliki kuah yang terbuat dari santan sehingga rasanya semakin gurih. Brongkos banyak ditemukan di rumah makan di kawasan Sukorejo, Kendal.

5. Pecel Kembang Turi

Pecel Kembang Turi khas Kendal
jurnaba.co

Meskipun sebenarnya Pecel Kembang Turi ini dikenal sebagai makanan khas di Jawa Timur, tapi kamu juga bisa menemukan banyak penjual sajian ini di Kendal. Pecel Kembang Turi juga dianggap sebagai salah satu makanan khas Kendal karena banyak penggemarnya.

Baca juga :  10 Kuliner Enak di Berau, Ada Bubur Ancur Paddas Dan Tehe Tehe

Sajian ini memadukan daun bayam rebus dan kembang turi yang memiliki rasa manis dan agak pahit gurih kemudian disiram dengan sambal kacang yang kental dan taburan tauge. Pecel ini biasanya dinikmati dengan nasi dan lauk seperti gimbal udang dan sate kerang yang nikmat. Salah satu penjual pecel kembang turi yang cukup terkenal di Kendal ada di sepanjang Arteri Kaliwungu atau Brangsong.

6. Rica-Rica Menthog

Rica-Rica Menthog
malangtimes.com

Selain bebek, makanan khas Kendal lain yang patut untuk kamu cicipi adalah Rica-Rica Menthog. Menthog adalah sejenis unggas yang masuk dalam keluarga bebek.

Rica-rica menthog ini terkenal memiliki rasa yang kuat dan tidak berbau amis sehingga banyak disukai oleh orang, terutama di kawasan pedesaan. Sajian ini memiliki rasa yang nikmat, yaitu perpaduan dari rasa gurih, asin, manis dan pedas yang menyatu sempura dalam mulut.

7. Momoh

Momoh
idntimes.com

Momoh juga menjadi salah satu makanan khas Kendal yang tak boleh dilewatkan. Sajian ini terbuat dari jeroan sapi yang telah dimasak selama 3 jam. Proses perebusan ini membuat bumbu rempah yang digunakan semakin meresap dalam daging jerohan sapi tersebut.

Momoh dibumbui dengan berbagai rempah pilihan yang konon bisa meningkatkan stamina pria, untuk itu sajian ini dipercaya bisa menambah stamina pria. Momoh sendiri terdapat dua macam, yaitu momoh goreng dan momoh kuah. Sebagian orang banyak yang menyukai momoh goreng karena bisa dimakan dengan soto atau nasi pecel.

8. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak
facebook.com

Makanan khas Kendal yang satu ini juga cukup banyak diminati. Kerupuk Rambak khas Kendal juga terbuat dari kulit sapi namun memang memiliki rasa yang gurih karena menggunakan bumbu khas sehingga berbeda dengan kerupuk rambak lainnya.

Baca juga :  10 Hidangan Khas Lebaran di Indonesia Bikin Kangen Kampung

Kerupuk rambak bisa kamu beli untuk oleh-oleh atau camilan saat bersantai atau sepanjang perjalanan. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa menemukannya di seberang Masjid Pegadon Kendal.

9. Bandeng Tanpa Duri

Bandeng Tanpa Duri
optimassive.com

Kendal merupakan suatu daerah penghasil bandeng terbesar karena lokasinya yang berada di pesisir pantai utara Jawa. Tak heran jika bandeng menjadi salah satu makanan khas Kendal yang wajib untuk dicoba.

Salah satu olahan bandeng yang paling banyak dicari di Kendal adalah Bandeng Tanpa Duri. Bandeng memang memiliki banyak duri yang menempel pada badannya, mulai dari duri lunak dan keras. Bandeng tanpa duri ini tentuya akan membuatmu tidak khawatir lagi akan menelan duri yang tertinggal di daging bandeng. Sajiaan bandeng khas Kendal ini diawetkan secara alami dengan cara menaurkan garam dan proses pengolahannya membutuhkan waktu 10-15 menit. Proses ini membuatmu tidak akan mencium bau amis dari bandeng ini. Jika kamu ingin membeli bandeng tanpa duri khas Kendal bisa berkunjung ke kawasan Pasar Bodri, Desa Kebonharjo, Patebon, Kendal.

10. Kerupuk Petis

Kerupuk Petis
pesonanusantara.co.id

Makanan khas Kendal yang terakhir adalah Kerupuk petis. Kerupuk memang menjadi makanan ringan yang cukup populer di Kendal. Selain menjadi makanan ringan, kerupuk biasanya juga menjadi pendamping makanan utama.

Kerupuk petis khas Kendal ini juga menjadi salah satu makanan ringan yang rasanya sangat nikmat. Biasanya kerupuk petis ini menjadi camilan saat bersantai atau sering juga menjadi oleh oleh khas Kendal yang sering dibeli. Salah satu tempat untuk membeli kerupuk petis khas Kendal ada di kelurahan Sijeruk, Kecamatan Kendal. Disini kamu bisa menemukan dua jenis kerupuk yang rasaya nikmat, yaitu kerupuk petis udang dan kerupuk petis ikan.



Leave a Reply