Cobain Yuk 10 Kuliner Khas Olahan Mie di Malaysia


prita  April 15, 2021  0 Comment

Malaysia merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang cukup menarik untuk dijelajahi. Negeri Jiran ini memang menawarkan sejuta wisata yang indah dan kuliner lezat untuk dicicipi. Selain Nasi Lemak, Malaysia juga terkenal dengan olahan mie yang cukup beragam. Nah, kalau kamu adalah pecinta mie, maka tak ada salahnya untuk mencicipi Daftar kuliner mie di Malaysia

1. Laksa

laksa Malaysia
blog.traveloka.com

Kuliner olahan mie di Malaysia yang pertama adalah Laksa. Laksa memang menjadi salah satu mie yang cukup populer, tak hanya di Malaysia, namun juga di beberapa Negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura dan Indonesia.

Mie Laksa memiliki ciri khas kuah kaldunya yang kaya rempah dan pedas. Laksa juga memiliki tekstur yang sangat lembut di mulut. Terdapat dua jenis laksa yang cukup terkenal dan banyak di sukai di Malaysia, yaitu Asam Laksa dan Kari Laksa yang creamy. Di Malaysia sendiri, kuliner yang satu ini banyak ditemui di restoran dan pusat kuliner.

Review kuliner

Sedapnya Laksa Nyonya Dan Laksa Penang, Kuliner Malaysia Wajib Coba

Makan Prawn Mee Yummy Di Food Court Medan Selera Sky Avenue Genting Highlands!

2. Char Kway Teow

 Char Kway Teow
sidechef.com

Kuliner olahan mie di Malaysia yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Char Kway Teow. Char Kway Teow ini dikenal sebagai salah satu hidangan favorit di Malaysia yang konon pertama kali ditemukan di Komunitas Teochew Singapura oleh seorang imigran asal Tiongkok.

Char Kway Teow ternyata memiliki banyak varian, tergantung darimana sajian tersebut dibuat. Namun biasanya Char Kway Teow ini dibuat dari mie beras pipih, udang, kerang, telur, tauge, daun bawang dan sosis. Semua bahan kemudian digoreng dan diberi kecap. Lalu ada versi lain yang menggunakan mie gandung kuning, pasta udang, bawang putih dan lemak babi goreng.

3. Assam Laksa

Assam Laksa
mykitchen101en.com

Assam Laksa tak hanya dikenal sebagai salah satu kuliner olahan mie di Malaysia, namun juga menjadi hidangan tradisional di Negara tersebut. Assam Laksa ini menjadi salah satu jenis laksa yang cukup populer di seluruh Asia Tenggara.

Assam Laksa terdiri dari mie beras, abon ikan dan sayuran iris, sayuran ini biasa menggunakan mentimun, selada dan bawang merah. Assam Laksa memiliki rasa tajam yang khas dan tentu saja asam karena olahan mie ini menggunakan asam yang cukup banyak. Assam Laksa diyakini berasal dari kawasan pesisir Malaysia yang sampai saat ini menjadi favorit banyak orang.

4. Hokkien Mee Malaysia

Hokkien me Malaysia
jewelpie.com

Kuliner olahan mie di Malaysia yang layak kamu coba selanjutnya adalah Hokkien Mee Malaysia. Sajian ini memang mirip dengan Hokkien Mee di Singapura, namun tentu saja memiliki bahan yang berbeda.

Hokkien Mee ini berasal dari Penang dan terdiri dari mie gandum telur yang direbus dengan irisan daging babi, lemak babi, udang dan kubis. Mie tersebut diberi tambahan kecap, irisan daun bawang dan cabau atau pasta udang. Sajian ini diyakini berasal dari komunitas Hokkian, yaitu sebuah kelompok etnis asli Fujian Tiongkok.

5. Pan Mee

 Pan Mee
seasaltwithfood.com

Pan Mee merupakan salah satu kuliner olahan mie di Malaysia yang dipengaruhi oleh sajian Tiongkok. Pan Mee biasanya disajikan dari mie Tarik yang dibuat manual dengan tangan, kemudian disiram kuah kaldu, aneka sayuran hijau, daging babi cincang dan jamur.

Sajian ini banyak ditemukan di restoran atau kios makanan di Malaysia dan biasanya disajikan dengan saus sambal di sampingnya. Selain disajikan dengan kuah kaldu, Pan Mee juga ada yang disajikan dalam versi kering yang biasanya disajikan dengan kecap dan telur rebus.

6. Laksam

Laksam
asianinspirations.com.au

Kuliner olahan mie di Malaysia yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Laksam. Laksam merupakan salah satu kuliner tradisional Malaysia yang berasal dari wilayah Kelantan dan Terengganu.

Laksam merupakan sajian yang terdiri dari mie beras gulung yang disajikan dalam kaldu ikan yang creamy. Mie untuk Laksam ini dibuat dari adonan tepung beras tipis yang dituangkan pada permukaan datar, kemudian dikukus, digulung dan diiris menjadi potongan-potongan yang mudah untuk digigit. Sementara untuk kaldu dari mie ini dibuat dari santan dan pasta ikan yang kemudian diberi bumbu jahe, bawang merah dan bawang putih. Laksam ini juga dilengkapi dengan berbagai sayuran, seperti irisan mentimun atau kacang hijau dan biasanya disajikan dengan sambal pedas.

7. Mee Rebus

Mee Rebus
nyonyacooking.com

Kuliner olahan mie di Malaysia berikut ini dikenal dengan nama Mee Rebus. Mee Rebus ini merupakan sajian Melayu yang tak hanya populer di Malaysia, namu juga di Singapura dan Indonesia.

Mee Rebus terdiri dari mie telur kuning yang kemudian disiram dengan saus kaya rempah dan sangat beraroma. Sajian ini juga menggunakan aneka rempah sebagai bumbunya, seperti bawang merah. Namun, setiap daerah tentu menggunakan rempah yang berbeda. Mee Rebus biasanya disajikan dengan irisan cabai diatasnya, telur rebus yang dibelah dua, bawang merah goreng dan tauge, lalu ada juga yang diberi tambahan jeruk nipis dan kecap.

8. Kolo Mee

 Kolo Mee
magazine.foodpanda.my

Kolo Mee juga masuk dalam daftar kuliner olahan mie di Malaysia yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Kolo Mee merupakan kuliner tradisional Malaysia yang berasal dari Sarawak.

Kolo Mee adalah sajian sederhana yang terdiri dari mie telur yang diolah dalam saus dan diatasnya diberi irisan daging babi panggang, daging babi cincang dan bawang goreng. Seringnya, sajian ini dibuat dengan menggunakan lemak babi. Kolo Mee biasanya juga disajikan dengan fish ball, wonton dan sayuran hijau.

Sajian ini juga menjadi salah satu kuliner khas Malaysia yang mendapat pengaruh dari Tiongkok. Kolo Mee biasanya dinikmati sebagai menu sarapan, makan siang atau makan malam.

9. Penang Laksa

Penang laksa
kuali.com

Kuliner olahan mie di Malaysia berikut ini berasal dari Penang barat laut. Dikenal dengan nama Penang Laksa, sajian ini memiliki perpaduan rasa nano-nano yang sangat sempurna dilidah, yaitu rasa manis, pedas, gurih dan umami yang bisa membuatmu ketagihan.

Penang Laksa ini dibuat dari makarel rebus atau sarden, asam, serai dan cabai. Sebagai pelengkapnya, Penang Laksa ini diberi kuncup bunga jahe, irisan nanas, bawang, daun mint dan pasta udang. Penang Laksa ini pernah masuk dalam daftar 50 Makanan Terbaik Dunia pada tahun 2011 karena sangat kaya rasa sehingga digemari tak hanya oleh masyarakat lokal, namun juga wisatawan.

10. Lor Mee

Lor Mee
upinthenusair.com

Kuliner olahan mie di Malaysia yang terakhir adalah Lor Mee. Lor Mee dikenal sebagai sajian mie yang cukup populer tak hanya di Malaysia, namun juga di Singapura.

Lor Mee terdiri dari mie kuning tebal yang disiram kuah. Kuah dari Lor Mee ini dibuat dari telur, tepung maizena dan aneka rempah. Sajian mie ini juga diperkaya dengan aneka makanan laut, fish cake, telur rebus, pangsit babi atau ayam dan irisan perut babi.

Lor Mee banyak ditemukan di warung-warung atau restoran di Malaysia. Biasanya penjual akan menambahkan bawang putih cincang, cuka hitam, ketumbar atau pasta cabai dalam sajian tersebut untuk menambah rasa.



Leave a Reply