10 Makanan Khas Mandailing Dengan Aroma Dan Cita Rasa Khas


Fida  May 15, 2022  0 Comment

Mandailing merupakan sebutan bagi salah satu suku yang ada di Indonesia, tepatnya berada di bagian utara Pulau Sumatera. Tidak hanya dapat menemukan berbagai destinasi wisata, kamu juga dapat mencoba lezatnya berbagai kuliner saat datang ke Mandailing. Berbagai hidangan dibuat dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa serta aroma yang khas. Berikut daftar 10 rekomendasi makanan khas Mandailing yang populer dan menarik untuk kamu coba.

1. Gulai Daun Ubi

gulai daun ubi
kompas.com

Gulai daun ubi dikenal sebagai salah satu makanan khas Mandailing yang menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daun ubi. Daun ubi yang digunakan adalah daun ubi yang lembut dan masih muda.

Daun ubi yang telah dipilih dan dibersihkan kemudian diolah dengan menggunakan tambahan santan dan berbagai bumbu. Hidangan yang satu ini menawarkan cita rasa khas dan sangat cocok untuk dinikmati langsung maupun bersama dengan nasi hangat. Biasanya, gulai daun ubi akan ditambahkan dengan ikan teri untuk menambah aroma serta cita rasa lezat.

GoTravelly

Kopi Sontoloyo, Tempat Nongkrong Bernuansa Klasik Di Kaki Gunung

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

2. Gulai Ikan Sale

gulai ikan sale
travel.tempo.co

Tidak hanya gulai daun ubi, kamu juga dapat mencoba lezatnya gulai ikan sale saat ingin menikmati salah satu makanan khas Mandailing. Ikan sale dulunya menggunakan ikan limbat, tetapi karena ikan limbat susah dijumpai, maka ikan sales ini menggunakan bahan ikan lele.

Ikan lele diolah dengan tambahan berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa lezat dengan kuah yang kental. Saat berada di Mandailing, tentu menjadi hal mudah untuk menjumpai lezatnya makanan gulai ikan sale. Hidangan yang satu ini juga dijual dengan harga terjangkau dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

3. Daun Ubi Tumbuk

daun ubi tumbuk
sumut.idntimes.com

Terdapat beberapa olahan makanan berbahan dasar daun ubi yang dikenal sebagai makanan khas Mandailing, salah satunya adalah daun ubi tumbuk. Daun ubi tumbuk diolah dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya santan, cabe, bawang, dan juga berbagai rempah-rempah.

Jika dilihat sekilas, tampilan daun ubi tumbuk khas Mandailing memang tidak jauh berbeda dengan daun ubi tumbuk dari daerah lainnya. Tetapi jangan salah, daun ubi tumbuk khas Mandailing memiliki cita rasa yang khas dan wajib kamu coba. Tidak hanya lezat dan menyehatkan, hidangan yang satu ini juga berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, daun ubi tumbuk khas Mandailing juga cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat.

4. Sambal Tuk Tuk

sambal tuk tuk
tabloidsinartani.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Mandailing yang menawarkan cita rasa lezat dan menarik untuk dicoba, salah satunya adalah sambal Tuk Tuk. Pernahkah kamu mendengar sebutan sampah yang satu ini sebelumnya? Sambal tuk tuk merupakan olahan sambal yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti cabe, bawang, dan juga ikan teri.

Jika dilihat sekilas, tampilan sambal yang satu ini mungkin tampak biasa saja. Tetapi jangan salah, sambal tuk tuk menawarkan cita rasa lezat serta aroma yang khas saat dicoba. Dibutuhkan keterampilan untuk berhasil membuat sambal tuk tuk dengan cita rasa lezat dan menggugah selera.

5. Pakat Rotan

pakat rotan
m.kaskus.co.id

Rekomendasi makanan khas Mandailing berikutnya yang dikenal lezat dan unik adalah pakat rotan. Makanan ini dikenal unik karena dibuat dengan menggunakan bahan utama pakat atau pucuk batang rotan yang masih muda. Selain teksturnya yang unik, pakat juga memiliki cita rasa yang cenderung pahit.

Langkah pertama pembuatan hidangan ini adalah dengan cara memisahkan kulit luar pakat dengan cara membakarnya. Setelah melalui proses pembakaran, pakat kemudian diolah dengan cara direbus hingga sedikit lembut. Pakat yang telah direbus biasa dinikmati bersama dengan sambal asam atau sambal tuk tuk. Bagaimana, menggugah selera bukan?

6. Toge Mandailing

toge mandailing
kliknusae.com

Toge Mandailing juga menjadi salah satu makanan khas Mandailing populer dan banyak diburu. Beberapa orang mengira bahwa toge Mandailing dibuat dengan menggunakan bahan utama sayuran tauge, tetapi sebenarnya tidak. Hidangan yang satu ini tidak mengandung sayuran sama sekali.

Toge Mandailing memiliki kemiripan dengan kolak tetapi dengan cita rasa dan isian yang berbeda. Beberapa isian yang disajikan diantaranya pulut hitam, pulut putih, candil, lupis, santan, gula merah, dan masih banyak lagi. Hidangan ini juga banyak diburu saat bulan ramadan tiba sebagai menu berbuka puasa. Tertarik untuk mencoba lezatnya toge Mandailing saat datang ke Mandailing?

7. Sambal Kantori Joruk

sambal kantori joruk
sumut.idntimes.com

Sambal kantori joruk menjadi pilihan tepat untuk dicoba bagi kamu yang ingin menikmati salah satu makanan khas Mandailing. Jika dilihat dari namanya, sambal ini memiliki sebutan yang terbilang unik. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal kantori joruk diantaranya cabai, ikan teri, dan juga durian yang telah difermentasi.

Saat dinikmati, sambal kantori joruk memiliki cita rasa yang khas yakni perpaduan pedas dan asam dengan aroma wangi khas durian. Bagi kamu pecinta durian, sambal ini tentu menjadi pilihan tepat untuk kamu coba.

8. Rendang Belut

rendang belut
kompas.com

Pernahkah kamu mencoba lezatnya kuliner rendang belut? Rendang belut juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Mandailing yang menawarkan cita rasa lezat dan sayang untuk dilewatkan. Belut yang telah dicuci bersih kemudian diolah hingga menghasilkan cita rasa gurih serta tekstur yang empuk.

Selain dikenal akan kelezatannya, hidangan rendang belut juga dikenal kaya akan gizi dan manfaat baik bagi tubuh. Saat datang ke Mandailing, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba lezatnya kuliner rendang belut.

9. Ikan Mas Holat

ikan mas holat
cookpad.com

Tidak perlu bingung menentukan olahan makanan khas Mandailing yang akan kamu coba, kamu dapat menikmati lezatnya ikan mas holat. Kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan mas.

Ikan mas holat dikenal menawarkan cita rasa yang khas karena disajikan bersama dengan kuah khusus. Hidangan ini juga menggunakan bumbu dengan bahan dasar rebusan pucuk rotan muda sehingga tidak heran jika cita rasa yang ditawarkan sangat unik.

10. Ikan Asam Padeh

Makanan Khas Mandailing
kompas.com

Satu lagi rekomendasi makanan khas Mandailing yang menarik untuk dicoba yakni ikan asam padeh. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan apapun. Aroma serta cita rasa yang khas berasal dari pilihan bumbu yang digunakan seperti cabe, lengkuas, bawang, serai, tomat, dan masih banyak lagi.

Jika dilihat sekilas, hidangan ini memang tampak mirip dengan gulai ikan. Tetapi yang membedakan adalah ikan asam padeh tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Tertarik untuk mencobanya?



Leave a Reply