Nonton Moto GP 2022, Cobain 10 Kuliner Khas Mandalika Lombok


prita  November 23, 2021  0 Comment

Mandalika belakangan ini cukup ramai diperbincangkan karena menjadi salah satu sirkuit dalam ajang bergengsi MotoGP 2021. Selain dikenal sebagai sirkuit MotoGP, mandalika juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak hanya wisata, disini kamu juga bisa menemukan kuliner khas Mandalika yang rasanya sangat khas dan tak banyak kamu temukan di daerah lain. Jika berkunjung kesana, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Mandalika berikut ini.

1. Sate Rembiga

Sate Rembiga
travel.okezone.com

Kuliner khas Mandalika yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Sate Rembiga. Sate Rembiga ini merupakan salah satu kuliner yang paling dicari saat berlibur ke Lombok.

Disebut sebagai sate rembiga karena kuliner ini berasal dari sebuah desa bernama Desa Rembiga yang lokasinya berada di dekat bekas Bandara Selaparang. Berbeda dengan sate pada umumnya yang disajikan dengan bumbu kacang, sate rembiga ini disajikan tanpa bumbu kacang. Sate rembiga ini juga memiliki aroma dan cita rasa yang khas sehingga bisa membuat siapapun ketagihan.

Sate rembiga ini dibuat dari daging sapi yang sebelum ditusuk dan dibakar daging di marinasi terlebih dahulu selama tiga jam. Sate ini dicampur dengan cabai rawit, terasi, bawang putih, gula dan garam. Sate rembiga biasa dinikmati bersama lontong, urap-urap dan sayur plecing.

Gotravelly

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Sensasi Makan Tepi Pantai Di Cafe Alberto

2. Sate Tanjung

Sate Tanjung
merahputih.com

Selain sate rembiga, ada juga sate tanjung yang menjadi salah satu kuliner khas Mandalika. Berbeda dengan sate rembiga yang terbuat dari daging sapi, sate tanjung ini terbuat dari ikan cakalang atau ikan langoang.

Disebut dengan sate tanjung karena sate ini bisa kamu jumpai di sepanjang jalan Desa Tanjung. Sate ikan ini diolah dengan ragam bumbu rempah yang kaya dan menyatu sempurna dengan daging ikan. Sate tanjung ini hanya disajikan dengan lontong dan meskipun disajikan tanpa saus apapun, sate ini memiliki cita rasa pedas dan gurih yang nikmat.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak
indonesiakaya.com

Kuliner khas Mandalika selanjutnya juga masih berupa sate, yaitu Sate Bulayak. Bulayak ini merupakan sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral sehingga jika membukanya harus dengan gerakan memutar.

Sate bulayak merupakan sate dengan bahan daging sapi yang kemudian disajikan dengan lontong berbahan beras ketan. Tak hanya itu, sate ini juga disajikan dengan sate jeroan yang diberi bumbu khas sasak, lalu diberi perasan jeruk nipis dan sambal. Bumbu sate ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, kemudian direbus dengan santan.

4. Ayam Rarang

Ayam Rarang
marketeers.com

Jika kamu penyuka kuliner pedas, maka kamu wajib untuk mencoba kuliner khas Mandalika yang satu ini. Ayam rarang ini merupakan salah satu hidangan yang wajib untuk dicoba saaat berkunjung ke Mandalika.

Ayam rarang ini merupakan ayam kampung yang dibakar dengan bumbu balado dan cabai rawit merah yang meresap hingga serat daging. Sajian ini memiliki rasa yang sangat pedas namun bisa membuat siapapun ketagihan. Proses pengolahan sajian ini pun cukup unik, yaitu dengan membakar ayam kampung terlebih dahulu di atas tungku. Ayam kampung yang digunakan pun harus menggunakan ayam kampung yang masih muda sehingga rasanya semakin nikmat. Ayam rarang ini biasa disajikan dengan kacang kedelai goreng dan sayur bening.

5. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
orami.co.id

Kuliner khas Mandalika yang satu ini bisa dibilang paling populer, pasalnya kerap dijadikan sebagai salah satu kuliner wajib bagi wisatawan saat berkunjung ke Lombok. Ayam Taliwang ini ternyata berasal dari Mandalika yang dibuat dari ayam kampung berusia sekitar 3 hingga 4 bulan.

Ayam taliwang ini bisa disajikan dengan cara digoreng atau dibakar sesuai selera. Proses pembakaran ayam ini bisa menggunakan kayu nangka atau kayu kopi. Kedua jenis kayu tersebut bisa memberikan aroma yang lebih enak dan nyala apinya lebih lama. Menikmati ayam taliwang ini belum lengkap jika belum ada plecing kangkung.

6. Jaje Tujak

Jaje Tujak
gadizalombok.com

Jaje Tujak menjadi salah satu kuliner khas Mandalika yang selanjutnya wajib untuk kamu coba. Jaje tujak ini menjadi salah satu kuliner yang cukup spesial karena menjadi kuliner yang sering disajikan saat hari raya. Namun, bagi wisatawan yang ingin mencicipinya, kamu masih bisa menemukannya di warung-warung tertentu.

Jaje Tujak ini memiliki arti jajan tumbuk dalam bahasa Indonesia. Jajanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diolah dengan campuran daun pandan dan daun suji. Terdapat sebuah kepercayaan yang sampai saat ini masih diyakini oleh masyarakat setempat sebelum membuat jaje tujak ini, yaitu pembuatnya harus dalam keadaan suci, untuk wanita tidak sedang dalam keadaan haid, terutama saat akan menaburkan bubuk tape ketan karena dipercaya bisa merusaknya.

7. Babalung

Bebalung
yummy.co.id

Kuliner khas Mandalika selanjutnya adalah babalung. Sesuai dengan namanya, babalung ini merupakan balung atau tulang. Masyarakat Suku Sasak percaya jika setelah memakan bebalung ini akan semakin bertenaga dan mampu menumbuhkan vitalitas.

Bahan utama untuk pembuatan bebalung ini adalah tulang iga sapi atau kerbau yang kemudian diracik dengan ragam bumbu khas Mandalika. Bebalung ini menjadi menu spesial karena wajib untuk dihidangkan pada perayaan besar dan hajatan. Biasanya bebalung ini disajikan di atas mengkok bersama nasi di atas piring terpisah.

8. Ares

Ares
kabartravel.id

Ares merupakan salah satu kuliner khas Mandalika yang sayang sekali untuk dilewatkan. Sajian ini terbuat dari pelepah pisang muda dan bukan sembarang pisang yang digunakan untuk membuatnya, namun hanya pisang kepok atau pisang raja saja.

Ares ini dibuat dengan mencampurkannya dengan bumbu-bumbu khas bercampur dengan kuah santan sehingga menghasilkan cita rasa manis dan gurih.

9. Beberuk Terong

Beberuk Terong
kompas.com

Beberuk terong ini seringkali disebut sebagai gado-gado khas Lombok yang juga menjadi salah satu kuliner wajib yang banyak diburu oleh wisatawan. Beberuk terong ini terbuat dari terong ungu yang dipotong kemudian dicampur dengan tomat, kacang panjang, timun, sambal dan ragam bumbu rempah lainnya. Setelah semua bahan tercampur, terakhir sajian ini diberi perasan jeruk limau  agar semakin segar. Sajian ini memiliki cita rasa manis, pedas dan segar yang bisa dinikmati kapan saja.

10. Nasi Balap Puyung

Kuliner Khas Mandalika
medium.com

Kuliner khas Mandalika yang terakhir adalah Nasi Balap Puyung. Nasi Balap Puyung ini juga dikenal sebagai nasi campur khas Lombok karena bahan dasarnya hampir sama.

Nasi balap putung ini terdiri dari nasi putih, ayam goreng suwiran abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kalapa parut, tumis sayur kacang panjang atau buncis.

Nah, itulah tadi daftar 10 kuliner khas Mandalika yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Kira-kira, kuliner mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply