10 Makanan Khas Mongolia dijamin menggugah selera


sisil angelin  February 28, 2019  0 Comment

Makanan Khas Mongolia – Apakah anda sudah mempersiapkan kemanakah akan menghabiskan waktu liburan anda? Jika belum anda bisa mempertimbangkan untuk datang ke negara Mongolia. Negara ini memiliki keunikan tersendiri yang seakan tidak boleh anda lewatkan.

Mongolia sendiri merupakan sebuah negara yang terkurung ke dalam daratan Asia Timur dimana berbatas dengan negara Rusia di utaram Tiongkok di bagian selatan. Mongolia sendiri merupakan sebuah pusat kekaisaran Mongol yang ada di abad ke 13 tetapi sudah dikuasai oleh orang lain yakni dinasi Qing sejak abad ke 17 hingga menjadi sebuah pemerintahan mereka dengan bantuan oleh Uni Soviet.

Mongolia sendiri merupakan negara ayang dipenuhi dengan padang rumput dan pegunungan yang terlihat eksotis. Tidak apabila banyak orang yang berdatangan untuk melihat keunikan yang dimiliki oleh negara Mongolia ini. Selain mengunjungi deretan tempat penting yang ada di Mongolia, anda juga tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan khas yang dimiliki Mongolia.

Jika anda penasaran di bawah ini makanan khas Mongolia yang wajib untuk anda cicipi dan dijamin akan menggugah selera makan anda.

1. Khorkhog

Makanan pertama yang waji anda coba adalah Khorkog. Makanan yang satu memiliki cita rasa yang lezat dan keistimewaan tersendiri. Keistimewaan tersebut bisa anda temukan pada proses memasak sajian kuliner yang satu ini.

Dimana anda bisa menemukan kumpulan batu ditata sedemikian rupa untuk kemudian ditaruh pada sebuah panci. Di atas susunan batu tersebut, akan diletakkan beberapa potong daging domba  dan sayuran seperti kentang, wortel serta bawang.

Rasa dari masakan ini seperti daging asap dengan sensasi yang hambar dari sayuran tetapi tetap menghadirkan kelezatan tersendiri.

review kuliner

DO.GEL : Tempat Nongkrong Asik Dan Istagramable Di Jombang!

Bakaran Candi Jombang : Nggak Pernah Sepi Pembeli!

2. Bhodogg

Di Indonesia sendiri, anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner kambing guling bukan? Nah, di Mongolia, anda bisa menemukan makanan serupa dengan kambing guling tersebut yakni Boodog. Proses memasaknya juga hampir sama dengan kambing guling.

Yang mana kaming akan dimasak satu ekor tanpa dipotong-potong terlebih dahulu kemudian dimasak dengan memanfaatkan batu panas. Untuk bumbu dan bahan lainnya, masakan ini dilengkapi dengan bawang merah dan kentang. Dimanakah kedua bahan tersebut akan diletakkan di bagian dalam kambing. Tentu makanan ini akan membuat anda cepat kenyang.

3. Budaatai Khuurga

Budaatai Khuurga

Selain kambing guling yang menyerupai akanan khas Mongolia, Mongolia juga memiliki kuliner berupa nasi goreng yang tidak kalah lezatnya. Negara yag berbatang dengan Tiongkok dan China ini memiliki kuliner seperti nasi goreng degan nama Budaatai Khuurgu.

Dimana makanan ini terdiri dari beberapa irisan daging domba atau sapi, kol, wortel, bawang merah, paprika dan nasi putih. Semua bahan tersebut akan digoreng secara bersamaan hingga matang. Makanan ini sangat cocok dihidangkan khususnya pada siang hari.

4. Lamb on skewer

Lamb on skewer
mygreekdish.com

Makanan khas Mongolia memang hampir dipenuhi dengan sajian dari bahan daging seperti daging domba. Walaupun terbuat dari bahan utama domba tetapi beberapa makanannya mampu menghadirkan kelezatan tersendiri. Sebut saja makanan bernama lamb on skewer.

Makanan khas  Mongol ini sendiri terbuat dari daging domba yang dicincang kemudian diolah menjadi keab. Makanan yang satu ini sangat unik dimana memiliki isian yyang lebih padat dan bumbunya juga cukup terasa. Sehingga jika anda datang ke Mongilia, Lamb on skewer ini wajib untuk anda coba.

5. Ba Bao Fan

Ba Bao Fan
counterculturekitchen.com

Di Indonesia, ketan biasanya diolah menjadi aneka ragam kue atau camilan yang mengenyangkan. Termasuk di Mongolia ini dimana ketan diolah menjadi makanan yang lezat berbentuk pudding yakni Bab Bao Fan.

Puding yang satu ini tak hanya terbuat dari ketan saja tetapi di atasnya diberikan beberapa toping seperti buah-buahan hingga yogurt. Ini juga bisa mengisi perut anda ketika kelaparan saat mengunjungi negara Mongolia. Jangan sampai terlalu asyik mengunjungi beberapa tempat wisata di Mongolia, anda lupa untuk mencicipi sajian kuliner di Mongolia.

6. Asinan Bawang Putih

Jika biasanya bawang putih menjadi bumbu dapur maka tidak untuk makanan khas Mongolia yang satu ini. Ya, kali ini makanan yang satu ini cukup unik dimana anda akan menemukan sajian kuliner berupa asinan yang terbuat dari bawang putih. Tetapi tenang saja, rasa getir yang biasa terdapat dalam bawang putih tidak akan anda rasakan.

Untuk rasa asinan ini sendiri menghadirkan kelembutan dengan rasa manis di lidah saat anda menggigitnya. Bisa menjadi camilan ketika anda sedang datang ke Mongol. Anda juga tidak perlu khawatir karena penjual asinan bawang putih ini bisa anda temukan dengan mudah dan harganya juga relative terjangkau.

  • Buuz
    Makanan yang satu ini merupakan makanan kebanggaan yang dimiliki oleh negara Mongolia berikutnya. Sama seperti makanan yang sebelumnya, makanan di Mongolia ini juga masih memanfaatkan daging kambing. Tak bisa dipungkiri apabila sebagian besar makanan khas yang dimiliki oleh negara Mongolia tersebut terbuat dari daging kambing.

Hal itu tidak lain karena sayuran sulit untuk tumbuh di tempat ini. Selain itu, Mongolia juga tidak memiliki lautan sehingga jarang yang makan ikan. Kalaupun ada itu berasal dari danau. Nah Buuz ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pastel berukuran besar.

Rasa yang dihadirkan juga cuku khas dimana kambingnya akan lebih terasa dengan tekstur yang benar-benar lembut.

7. Gurvan Undor

Gurvan Undor
madeleineolivia.co.uk

Masih ada lagi menu makanan khas Mongolia yang memanfaatkan daging. Kali ini daging yang digunakan adalah daging sapi. Ukuran gurvan undor ini cukup besar. Iga sapi menjadi bahan utamanya dibalut dengan kulit pangsit yang lebar.

Selain itu, disajikan dengan aneka macam sayuran seperti kentang, wortel ataupun sayuran lainnya. Untuk makannya juga cukup mudah, anda bisa menggulung kulit pangsit dan mencabik-cabik daging dengan menggunakan tangan. Rasa yang dihadirkan dalam makanan ini cukup menggugah selera. Dan kabarnya, ini merupakan makanan favorit bagi pasukan Mongol.

8. Potato salad

Potato salad
dinnerthendessert.com

Mongolia juga memiliki sajian kuliner berupa salad yang juga wajib anda coba. Salad dari Mongolia tersebut terbuat dari bahan utama berupa daging dan bahan lainnya seperti wortel dan kentang. Unttuk penyajiannya, daging dipotong dadu dan dicampur dengan menggunakan saus mayonais.

Salad juga ada yang terdiri dari parutan wortel, kentang, brokoli kukus dan masih banyak lagi. Tentunya rasa yang dihadirkan tidak akan pernah mengecewakan anda.

9. Sup Bantan

Sup Bantan
flickr.com

Jika anda ingin menikmati sajian kuliner berupa sup maka anda bisa mencoba sup Bantan khas Mongol. Sup yang satu ini juga masih memanfaatkan daging yang diiris dadu-dadu dan dicampur dengan wortel. Bahan-bahan pendukung lainnya diantaranya bawang Bombay, daging giling, garam dan lada hitam.

Biasanya sub ini akan disantap untuk menu pembuka. Dijamin menjadi makanan yang mengenyangkan selama anda ke Mongolia.

Demikian 10 makanan khas Mongolia yang wajib anda coba. Jangan heran apabila makanan Mongolia kebanyakan terbuat dari daging kambing atau sapi.



Leave a Reply