Jalan jalan Ke Solo ? Cicipi 10 Kuliner Enak di Pasar Gede Berikut ini


Reni  January 20, 2020  0 Comment

Jalan-jalan ke Kota Solo paling menyenangkan ya mampir ke Pasar Gede Hardjonagoro. Tentunya untuk menikmati wisata kuliner di Pasar Gede Solo yang sudah terkenal jajanan tradisionalnya. Anda akan di suguhkan berbagai macam jajanan tradisional khas Kota Solo yang rasanya mantap banget.

Pasar Gede Solo ini terletak di pusat Kota Solo yang pastinya sangat mudah untuk dicari. Pasar ini merupakan pasar terbesar yang ada di Solo dan pasar tertua. Anda bisa berkunjung ke sini kapan saja karena pasar ini buka selama 24 jam. Daftar Wisata Kuliner di pasar Gede Solo

1. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak
food.detik.com


Ada yang pernah makan Cabuk Rambak? Cambuk Rambak merupakan salah satu kudapan khas kota yang bernama lain Surakarta ini. Sayangnya kudapan lezat ini sudah sangat jarang ditemukan di Solo, mungkin hanya di Pasar Gede saja yang ada.

Maka dari itu jika berwisata kuliner di pasar Gede, wajib sekali untuk membeli Cabuk Rambak ini. Kudapan nikmat ini merupakan kudapan berupa ketupat yang dipotong-potong menyerupai lembaran-lembaran yang tipis lalu di siram oleh kuah wijen putih. Biasanya di atas kudapan akan di taburi kerupuk puli atau kerupuk beras yang pastinya menambah kenikmatannya.

Untuk mendapatkan Cabuk Rambak ini Anda harus datang pagi-pagi sekali ya, karena kalau siang hari ibu penjualnya sudah pulang. Anda bisa makan di tempat atau membungkus kudapan ini, harganya sangat murah sekali yaitu Rp5.000,- saja.

Gotravelly

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

Ayam Bakar Wong Solo: Ayam Bakar Legendaris Khas Jawa Tengah

2. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi Liwet Bu Sri
surakarta.go.id


Nasi Liwet Bu Sri merupakan primadoda kuliner pasar Gede Solo. Lokasi tempat jualannya ada di deretan penjual buah yang ada di sudut pasar. Nasi liwet dengan harum dan rasanya yang gurih dapat Anda nikmati di atas daun pisang yang di pincuk.

Nasi Liwet Bu Sri disajikan dengan suwiran ayam kampung yang dimasak dengan bumbu rahasia, sayur labu dan tambahan telur pindang. Untuk menikmati kuliner nikmat ini Anda hanya perlu membayar Rp9.000,- saja per porsinya.

3. Tengkleng Pasar Gede

Tengkleng Pasar Gede
tripzilla.id


Jika mampir ke Pasar Gede pada siang hari, Anda bisa datang ke lapak Tengkleng Pasar Gede yang tersebar di banyak sudut Pasar Gede. Tetapi tengkleng yang paling populer di sini adalah Tengkleng yang berada di pojokan.

Semua tengkleng di Pasar Gede juga nikmat-nikmat kok. Jadi Anda bisa memilih tengkleng sesuai dengan selera Anda. Tenang saja semua makanan yang di jual di pasar ini harganya sangat terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantong Anda bolong.

4. Timlo Sastro

Timlo Sastro
surakarta.go.id


Timlo Sastro yang sangat legendaris di Solo ada di Pasar Gede juga, tepatnya berada di belakang pasar. Timlo Sastro ini sudah ada sejak tahun 1952 dan rasanya masih tetap sama sejak dulu. Tentu saja rasanya sangat nikmat dan memuaskan.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Timlo Sastro, hidangan ini merupakan hidangan khas Solo berupa sup bening yang di dalamnya akan ada berbagai macam varian isi. Isian dari kuliner ini sangat banyak mulai dari sosis, jeroan, ayam atau pindang telur.

Hidangan ini sangat di cocok untuk dijadikan sarapan. Jadi datang pagi-pagi dan nikmati Timlo Sastro Legendaris yang harganya Rp25.000,-.

5. Es Dawet Telasih Bu Dermi

. Es Dawet Telasih Bu Dermi
inibaru.id


Wisata kuliner di Pasar Gede Solo yang wajib ada di daftar kunjungan Anda ketika ke Solo adalah Es Dawet Telasih Bu Dermi. Sehabis berbelanja kebutuhan di pasar, biasanya orang-orang akan mampir ke warung Bu Dermi untuk membeli es dawetnya yang enak.

Warung milik Bu Dermi ini tergolong warung yang kecil, akan tetapi selalu ramai pengunjung. Alasannya ya karena es dawet buatan Bu Dermi sangat menyegarkan. Es dawet di sini berisi tape hijau yang enak, tape hitam yang jadi idola, bubur sum-sum, biji telasih, sirup gula murni, santan kelapa segar dan es batu.

Harga satu porsi es dawet yang sudah terkenal ini hanya Rp9.000,- saja. Jika Anda termasuk orang yang suka porsi besar, pesan lebih dari satu supaya terpuaskan.

6. Gempol Pleret

Gempol Pleret
travel.kompas.com


Selain es dawet di pasar ini juga banyak yang berjualan Gempol Preret minuman khas Solo. Gempol Pleret sudah sangat populer di Pasar Gede. Dalam sehari bisa ratusan mangkosk Gempol Pleret yang terjual.

Bagi yang belum mengetahui tentang Gempol Pleret, minuman ini merupakan minuman yang terbuat dari santan manis yang isiannya adonan dari tepung beras lalu ditambahkan dengan es batu. Jika ingin menikmatinya saat masih hangat juga bisa.

7. Tahok

Tahok
nirmalamedia.com


Bagi Anda yang menggemari kudapan manis bertekstur lembut, Tahok bisa jadi pilihan yang cocok untuk dinikmati saat mampir di Pasar Gede. Sebenarnya tahok ini bukan kudapan khas Solo melainkan khas Tionghoa. Tetapi kudapan satu ini cukup terkenal di Pasar Gede.

Sari kacang kedelai yang sangat lembut akan disiram dengan air jahe yang sudah dicampur dengan gula murni disajikan saat masih hangat, itulah Tahok. Anda harus mencobanya karena harganya tidak mahal sama sekali, hanya Rp7.000,- saja untuk satu porsinya.

Tahok yang terkenal di Pasar Gede tempatnya berada di dekat pedagang buah yang ada di bagian luar pasar. Jadi sebelum masuk pasar pasti Anda sudah menemukan kudapan istimewa ini di depan pasar.

8. Lenjongan

Lenjongan
travel.kompas.com


Jajanan tradisional khas Solo yang biasa disebut Lenjongan juga dapat Anda temukan di Pasar Gede. Lenjongan merupakan sebutan lain dari kue tradisional khas Jawa. Yang termasuk dalam Lenjongan ini biasanya cenil, ketan ireng, sawut, ketan putih, tiwul dan kue tradisional lainnya yang ditaburi dengan kelapa dan cairan gula aren di atasnya.

Semua jenis Lenjongan dapat Anda temukan dengan mudah di Pasar Gede. Harganya juga sangat murah, hanya dengan Rp5.000,- saja Anda sudah bisa menikmati Lenjongan dengan porsi yang mengenyangkan.

9. Brambang Asem

Brambang Asem
pesona.travel


Beberapa penjual Lenjongan biasanya dapat ditemukan kudapan fenomenal yang hampir punah, yaitu Brambang Asem. Ada yang masih belum tahu Brambang Asem? Brambang Asem merupakan makanan khas Solo berupa daun ubi yang dicampur dengan sambal asam jawa asli.

Biasanya sambal asem jawanya dibuat menjadi dua rasa, yaitu rasa pedas dan rasa manis. Brambang Asem juga dilengkapi dengan lauk yaitu tempe gembus bacem. Harga makanan ini sangat murah, per porsinya hanya Rp4.000,-.

10. Susu Shi Jak

 Susu Shi Jak


Susu Shi Jak merupakan minuman khas Kota Solo. Minuman fenomenal yang hanya ada di Kota Solo ini sangat cocok untuk menemani malam Anda. Selain rasanya yang nikmat, minuman ini juga baik untuk kesehatan.

Ada banyak varian rasa yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Semua varian dari Susu Shi Jak rasanya enak dan membuat Anda ketagihan.

Sebenarnya masih banyak lagi wisata kuliner di Pasar Gede Solo, tapi kesepuluh kuliner di atas menjadi kuliner yang wajib Anda kunjungi saat mampir di Pasar Gede. Selain belanja di Pasar Gede juga dapat menikmati kudapan khas Solo yang lezat.



Leave a Reply