10 Kuliner Khas Kendari Kaya Rempah Yang Menggiurkan


Fida  August 13, 2021  0 Comment

Kendari menjadi salah satu daerah yang juga dikenal menawarkan berbagai kuliner khas. Anda dapat mencoba beberapa makanan yang ditawarkan saat berkunjung ke kota yang satu ini. Berikut daftar 10 Kuliner di Kendari menawarkan kelezatan dengan citarasa lokal

1. Sate Gogos Pokea

Sate Gogos Pokea
beritakuliner.com

Salah satu kuliner di Kendari yang cocok untuk Anda coba adalah sate gogos pokea. Pokea adalah kerang air tawar berbentuk pipih dan berwarna putih. Saat berada di Kendari, tentu sangat mudah bagi Anda untuk menemukan kuliner yang satu ini.

Sate Gogos Pokea memiliki cita rasa gurih dan khas. Tidak jarang kuliner yang satu ini dijajakan keliling di sekitar pantai. Selain itu Anda juga dapat menemukannya di warung-warung atau restoran di kota Kendari.

paket wisata murah

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

Tepis lapar dengan dengan unit Lapar bang Doel yang endesss

2. Kabuto

Kabuto
tagar.id

Pernah mendengar sebutan kuliner Kabuto? Kabuto merupakan kuliner di Kendari yang termasuk tradisional. Anda dapat dengan mudah menjumpai kuliner Kabuto di dekat pantai maupun di warung makan di Kendari. Beberapa orang mengatakan bahwa Kabuto mirip dengan makanan Jawa tetapi kuliner yang satu ini dilengkapi dengan lauk untuk makan.

Karena termasuk kuliner tradisional, tidak heran jika Kabuto dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun dijual dengan harga yang murah, kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa khas dan lezat. Tidak hanya dikenal enak, kabuto juga dipercaya dapat mengobati sakit maag.

3. Kue Bagea

Kue Bagea
cantik.tempo.co

Salah satu kuliner di Kendari yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah kue bagea. Kue yang satu ini termasuk jajanan tradisional yang juga kerap dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Bagea merupakan kue kering yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung sagu. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis saat mencobanya. Biasanya ditambahkan kenari atau mente agar terlihat lebih menarik. Meskipun dikenal sangat khas, kue yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Ikan Dole

Ikan Dole
food.detik.com

Saat ingin mencoba kuliner di Kendari, Ikan Dole menjadi salah satu yang bisa Anda coba. Ikan dole dikenal menawarkan cita rasa yang enak dan gurih. Kuliner yang satu ini memiliki bahan dasar ikan tenggiri. Anda dapat dengan mudah menjumpai kuliner ikan dole di berbagai restoran atau tempat makan di Kota Kendari.

Ikan Dole dibuat dengan cara menggiling daging ikan dan dicampur dengan kelapa muda parut. Selanjutnya adalah dengan cara menggoreng dan ikan dole siap untuk disajikan. Tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini?

5. Pisang Epe

Pisang Epe
idntimes.com

Beberapa dari Anda tentu masih asing dengan sebutan Pisang Epe. Pisang epe merupakan salah satu kuliner di Kendari yang cukup populer dan sayang untuk tidak Anda coba. Pisang epe tidak tumbuh di semua wilayah di Indonesia, iya hanya ada di Kendari dan dijadikan kuliner.

Pisang epe dibuat dengan menggunakan pisang kepok yang dibakar hingga setengah matang dengan dijepit hingga pipih. Kuliner ini dapat disajikan dengan berbagai pilihan topping yang dapat dipilih sesuai selera. Pisang epe menjadi salah satu kuliner yang cocok dinikmati saat bersantai. Saat berkunjung ke Kendari, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba kuliner pisang epe.

6. Kapusu

Kapusu
review.bukalapak.com

Ada cukup banyak pilihan kuliner di Kendari yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah kapusu. Kuliner yang satu ini merupakan makanan tradisional yang masih banyak dijumpai di rumah-rumah makan di Kendari.

Bagi Anda yang penasaran, kapusu adalah makanan tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan utama jagung. Jagung diolah dengan cara membuang kulit bijinya kemudian dicampur dengan santan kelapa saat dimasak. Beberapa orang juga menambahkan kacang merah pada saat proses pembuatannya. Hidangan yang satu ini biasa dinikmati dengan berbagai pilihan lauk. Kapusu menjadi rekomendasi tepat untuk Anda coba saat berkunjung ke Kendari.

7. Kasoami

Kasoami
liputan6.com

Kasoami menjadi salah satu kuliner di Kendari yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Kuliner yang satu ini dikenal mampu bertahan hingga 2 atau 3 hari.

Anda akan dimanjakan dengan citarasa yang lezat serta tekstur yang kenyal dan lembut saat mencobanya. Tidak jarang kasoami dihidangkan bersama dengan berbagai olahan lauk seperti ikan laut. Karena termasuk kuliner tradisional, hidangan yang satu ini juga dimasak dengan cara tradisional yakni bukan menggunakan panci tetapi menggunakan periuk yang terbuat dari tanah liat. Anda dapat mencoba kuliner yang satu ini di warung atau rumah makan di Kendari.

8. Lapa Lapa

Lapa Lapa
travel.tribunnews.com

Lapa lapa menjadi salah satu kuliner di Kendari yang memiliki bentuk cukup unik serta menawarkan cita rasa khas. Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai saat perayaan lebaran. Lapa lapa dibuat dengan menggunakan bahan utama beras yang dimasak dengan santan.

Pertama, lapa-lapa diolah hingga setengah matang dan dibiarkan dingin. Setelah itu dibungkus menggunakan janur kelapa dan dimasak lagi. Kuliner yang satu ini biasa disajikan bersama dengan opor atau sate kerang tawar. Meskipun tidak sedang hari raya, kuliner yang satu ini tetap mudah dijumpai di sekitar kota Kendari.

9. Sinonggi

Sinonggi
kumparan.com

Saat berkunjung ke Kendari, sinonggi menjadi salah satu rekomendasi kuliner yang tepat untuk Anda coba. Sinonggi merupakan makanan yang dibuat dari sagu dan biasa disajikan bersama dengan ikan dan sayur.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat saat mencobanya. Saat ini, sinonggi dipilih sebagai salah satu menu pokok untuk menjamu tamu perintah setempat dan sangat mudah dijumpai di berbagai hotel sebagai menu yang menarik untuk dicoba. Saat ingin mencicipi salah satu kuliner di Kendari, sinonggi tentu sayang untuk Anda lewatkan.

10. Boss Duren Kendari

kuliner Kendari
id.foursquare.com

Bagi Anda pecinta durian, Boss Duren Kendari menjadi salah satu wisata kuliner di Kendari yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung dapat mencoba berbagai menu olahan durian yang menggugah selera di Boss Duren Kendari.

Berbagai minuman serta makanan ringan serba durian dapat Anda coba bersama teman maupun keluarga. Tempat ini juga menjual buah durian segar yang cocok untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya tempat duduk sehingga dapat menikmati buah durian sembari bersantai.

Nah itulah daftar 10 kuliner di Kendari yang sayang untuk tidak Anda coba. Kuliner manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda cicipi?



Leave a Reply