sugengcool
sugengcool | Traveler
Jaisalmer, Rajashtan, India | Historical Places
2.62 K0

Bada Bagh Jaisalmer, Indahnya Pemakaman Berbentuk Taman Besar

bada bagh jaisalmer

Menikmati indahnya taman terbesar di Jaisalmer...dan melihat beberapa makan yang megah di Bada Bagh Jaisalmer!
What to Do

Bada Bagh atau yang sering juga disebut Barabagh, memiliki arti taman besar dalam bahasa Hindinya. Bisa dibilang, Bada Bagh ini juga salah satu wisata terpenting yang ada di Kota Jaisalmer. 

bada bagh jaisalmer

Taman ini dibangun pada sekitar abad ke 16 oleh Maharawal Jait Singh yang kemudian diselesaikan oleh puteranya, Lunakaran. Bada Bagh juga dikenal sebagai Cenotaphs, yang berarti monumen yang dibangun oleh banyak penguasa Bhatti. Cenotaph juga dikenal sebagai chattris dan satu cenotaph didirikan untuk setiap penguasa. Cenotaph Maharawal Jait Singh merupakan yang tertua dari semuanya. Kemudian pembangunan cenotaph dihentikan di tahun 1947 ketika ada seorang pangeran yang meninggal karena penyakit misterius. Jadi, bisa dibilang juga kalo Bada Bagh ini merupakan komplek pemakaman para bangsawan.

bada bagh jaisalmer

Well, kalau kalian berpikir Bada Bagh ini merupakan sebuah taman yang dipenuhi oleh bunga-bunga, rerumputan ataupun pepohonan seperti taman-taman pada umumnya, kalian salah guys. Jadi, Bada Bagh ini terdiri dari tiga pemandangan berbeda, yaitu taman, tangki dan bendungan. Selain itu disini kalian juga bisa melihat Govardhan Stambh alias pillar-pillar yang dibangun di sekitarnya untuk memperingati pembangunan bendungan dan tanki disini.

bada bagh jaisalmer

Penduduk sekitar menyebut bendungan ini sebagai Jait Bandh, sedangkan tangkinya disebut sebagai Jair Sar. Jait Bandh ini memiliki struktur yang cukup besar, panjangnya lebih dari 1200 kaki dan lebarnya sekitar 350 kaki. Kedua bangunan ini dibangun dengan menggunakan bebatuan yang padat dan warnanya kuning keemasan.

bada bagh jaisalmer

Menurut aku, taman ini cukup instagenic guys meskipun ngga ada bunga-bunga didalamnya. Meskipun Bada Bagh ini merupakan pemakaman, tapi sama sekali ngga ada serem-seremnya. Jadi kalian ngga usah takut soalnya pemandangannya keren banget. 

bada bagh jaisalmer

Di sekitar sini juga kalian bisa temukan banyak kincir angin yang digunakan untuk pembangkit listrik. Modelnya beda sih guys sama kincir angin yang di Belanda, tapi barisan kincir angin ini bisa jadi background foto yang keren buat Instagram kalian.

bada bagh jaisalmerKincir Angin untuk pembangkit listrik

So guys, buat kalian yang berencana liburan ke India, jangan lupa buat jelajah indahnya Kota Jaisalmer ini ya karena disini banyak sekali bangunan-bangunan cantik yang pastinya Instagramable.

Yok agendakan liburan kalian ke India!

Video by UNPLANNED TRAVELER

How to Get There

Setelah jalan-jalan di Patwon ki Haveli dan Jaisalmer Fort destinasi selanjutnya di Jaisalmer yang juga ngga boleh terlewat adalah Bada Bagh. Bada Bagh ini lokasinya ada sekitar 6 kilometer dari pusat kota Jaisalmer, tepatnya di Ramgarh Road. Untuk menuju kesini, kalian bisa naik autorickshaw guys biar lebih mudahnya.

Tips and Trick bada bagh jaisalmer

  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus.
  • Jaga kebersihan tempat wisata yang kalian datangi.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat sore hari, soalnya kalo siang mataharinya terik banget guys. Dan lagi kalo sore hari bisa dapet bonus pemandangan sunset.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data