Manfaat Es Tebu, Minuman Pinggir Jalan Dengan Segudang Manfaat

kuliner di surabaya

achmadb | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
03 Aug 2018


Manfaat Es Tebu, Minuman Pinggir Jalan Dengan Segudang Manfaat
Tebu yang digunakan disini adalah tebu hijau, yang setau saya rasa manisnya pas daripada tebu merah yang kadang terlalu manis, Dari segi harganya pun lebih mahal.

Selesai jum’atan tadi terasa panas apalagi disurabaya, panas2 gini enaknya cari minuman yang segar dan manis dan juga waktu itu saya juga memikirkan apa manfaat air tebu kok banyak yang jual pinggir jalan dari sejak jaman saya masih kecil.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada es tebu , karena sudah berbulan bulan tidak minum es tebu dan juga teringat masa sekolah dulu sering beli es tebu bersama teman-teman yang waktu itu harganya masih 1000 per gelas, waktu berlajan begitu cepat…

 

 

Setelah mencari cari ketemulah es tebu pojok cak ipul di daerah semolo bawah jembatan mer.Saya lihat belum ada air tebu yang sudah jadi karena kelihatannya baru buka setelah jum’atan.

Sembari menunggu es tebu nya siap, saya foto-foto buat bahan di artikel ini.

 

 


Saya lihat bapaknya memilah batang tebu menjadi 2 agar lebih mudah di peras dan air tebu lebih mudah keluar, batang tebu dimasukkan ke dalam mesin dan proses ini diulang-ulang sampai batang tebu kering untuk memperoleh air tebu yang banyak.

Tebu yang digunakan disini adalah tebu hijau, yang setau saya rasa manisnya pas daripada tebu merah yang kadang terlalu manis, Dari segi harganya pun lebih mahal. Harga tebu hijau per kuintal 130 ribu an dan harga tebu merah 100 ribu an (CMMIW).

 

 


Gambar air tebu diatas merupakan hasil dari 8 batang tebu hijau yang digiling bapak tadi.

 

 

Harga per gelas : Rp 2.500

Akhirnya yang ditunggu jadi juga, Setelah saya minum sempet senyum-senyum sendiri saking seger dan nikmatnya.

Salah satu manfaat air tebu untuk kesehatan adalah, didalamnya terdapat glukosa alami dan antioksidan tinggi yang berguna untuk memperkuat system kekebalan tubuh, menambah energi, mengurangi keriput/ tanda penuaan pada kulit sehingga kelihatan awet muda. Minuman yang cocok untuk daerah dengan iklim tropis.

Pantas saja sering kita lihat para pengendara di jalan di siang hari yang panas mampir sejenak guna menghilangkan haus dahaga dan beristirahat di tengah macet dan padatnya kota besar seperti Surabaya ini.

 

Luar biasa hidup di indonesia, hanya dengan 2500 perak per gelas sudah dapat minuman nikmat dan kaya manfaat seperti ini.

NB :  Rasa setelah panas2 dijalan dan minum ditempat lebih nikmat dibanding dibawa pulang ke rumah :D

 

Opening Hours
Buka setiap hari mulai siang hingga sore
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY