10 Jajanan Khas Sulawesi Rasanya Nempel di Hati


Fida  October 9, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata alam, ragam budaya, hingga berbagai kuliner. Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, Anda tentu akan dimanjakan dengan pilihan kuliner lezat dan khas.Sulawesi menjadi salah satu daerah dimana Anda dapat menjumpai berbagai kuliner lezat dengan cita rasa khas. Selain berbagai pilihan makanan berat, Anda juga dapat mencoba jajanan atau camilan khas yang ditawarkan. Berikut daftar Jajanan khas Sulawesi

1. Popaco

Popaco jajajanan khas sulawesi
travel.kompas.com

Popaco menjadi salah satu jajanan khas Sulawesi yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk menyerupai perahu dengan bungkus daun pisang berbentuk takir. Bentuknya yang unik serta tampilannya yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi jajanan yang satu ini.

Kue popaco dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras, dan tambahan santan, gula, serta garam. Selain disebut kue popaco, kue yang satu ini juga memiliki nama lain yakni kue lampu-lampu atau tet. Pastikan Anda mencoba keunikan dan kelezatannya saat berada di Sulawesi.

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

2. Apang Colo

Apang Colo
lisriyanti.blogspot.com

Berbicara tentang jajanan khas Sulawesi, apang colo menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak diburu. Jika dilihat sekilas, apang colo memiliki bentuk seperti serabi. Tetapi sebenarnya jajanan yang satu ini merupakan apem yang dipadukan dengan saus gula merah.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan cetakan khusus sehingga memiliki bentuk yang rapi dan cantik. Saat hari raya tiba, apang colo dapat dengan mudah Anda jumpai di kawasan Sulawesi. Siraman saus gula merah yang manis dan menggugah selera sayang untuk dilewatkan.

3. Lalampa

Lalampa sulawesi
tribunnewswiki.com

Berbicara tentang jajanan khas Sulawesi, Anda dapat mencoba lezat dan uniknya lalampa. Jajanan yang satu ini tentu tidak asing bagi beberapa orang karena memiliki tampilan yang menyerupai lemper atau arem-arem.

Jajanan yang satu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan memiliki istilah yang hampir sama dengan lemper. Lalampa memiliki isian ikan masak yang telah dibumbui gurih. Ikan yang biasa digunakan sebagai isian adalah ikan cakalang atau ikan tongkol. Sebelum disajikan, makanan yang satu ini terlebih dahulu dibakar sebentar untuk menciptakan aroma wangi dan khas.

4. Panada

Panada
kompas.com

Salah satu jajanan khas Sulawesi yang bisa Anda nikmati adalah panada. Jika dilihat sekilas, jajanan yang satu ini memiliki tampilan seperti pastel. Yang membedakan panada dengan pastel adalah memiliki tekstur yang lebih empuk dan mirip dengan donat.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas saat mengkonsumsi makanan yang satu ini. Panada merupakan makanan yang memiliki isian berupa cincangan daging cakalang. Tidak perlu diragukan lagi tentang lezatnya jajanan yang satu ini. Anda dapat mencobanya saat datang ke Manado dan sekitarnya.

5. Barongko

Barongko
cookpad.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Sulawesi yang bisa Anda coba. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Barongko dikenal lembut saat dikunyah. Banyak yang mengatakan bahwa jajanan yang satu ini menjadi pilihan pencuci mulut bagi raja-raja Bugis.

Jajanan yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang halus dan lembut. Cita rasanya yang manis dan gurih juga menjadikan Barongko sayang untuk tidak Anda coba. Anda dapat dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini di tempat yang menyediakan sop konro dan cotto makassar.

6. Binyolos

Binyolos
cookpad.com

Salah satu jajanan khas Sulawesi yang bisa Anda coba adalah Binyolos. Makanan yang satu ini merupakan salah satu jajanan yang terkenal di Manado dan sekitarnya. Tidak jarang binyolos banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Sulawesi.

Makanan yang satu ini merupakan kombinasi dari singkong, terigu, mentega, telur dan gula. Anda akan dimanjakan dengan manis dan lezatnya hidangan yang satu ini. Perpaduan kulit dan isian gula merah yang terlebih dahulu telah disisir tentu sayang untuk tidak Anda coba. Tidak jarang binyolos disajikan bersama dengan teh hangat, hal itu tentu menjadi pepaduan yang sangat luar biasa.

7. Tabaro Dange

Jajanan khas Sulawesi
travel.kompas.com

Salah satu jajanan khas Sulawesi yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah Tabaro Dange. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan kerak telor khas Betawi. Tidak jarang warga lokal maupun wisatawan berburu lezat dan uniknya jajanan yang satu ini

Tabaro dange dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu serta parutan kelapa. Jajanan yang satu ini juga dikenal memiliki isi yang lezat yakni suwiran ikan dan gula merah. Tidak jarang juga jajanan ini disajikan dengan versi asli atau original. Nikmati jajanannya satu ini di malam hari tentu menjadi hal mengesankan yang bisa Anda coba.

8. Deppa Torri

Deppa Torri
tokopedia.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Sulawesi yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah deppa torri. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras, gula merah, baking powder, vanili, dan juga air.

Jika dilihat dari tampilannya, kue yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan jujur tetapi memiliki warna yang lebih gelap. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan gurih saat mencoba deppa torri. Salah satu ciri khasnya adalah bertabur wijen di bagian kulitnya. Yang satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai di Toraja dan Enrekang.

9. Bobengka

Bobengka
tokopedia.com

Salah satu jajanan khas Sulawesi yang sayang untuk tidak Anda coba adalah bobengka. Jajanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan tampilan yang khas. Tidak hanya namanya saja yang unik, jajanan yang satu ini juga memiliki bentuk yang khas dan beda dengan yang lain.

Bobengka dibuat dengan menggunakan bahan dasar terigu, kelapa parut, telur, santan, dan gula merah. Adanya tambahan kayu manis juga menjadikan jajanan yang satu ini memiliki aroma yang khas. Saat berkunjung ke daerah Sulawesi, papinka menjadi salah satu jajanan yang sayang untuk dilewatkan.

10. Sikaporo

Jajanan khas Sulawesi
genpi.co

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Sulawesi, sikaporo menjadi salah satu yang bisa Anda pilih. Jika dilihat sekilas, jajanan yang satu ini memiliki bentuk menyerupai bingka dengan dua lapisan berwarna hijau muda dan kuning.

Sikaporo menawarkan tekstur yang kenyal dan lembut. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan gurih yang khas. Makanan yang satu ini biasa dijumpai di berbagai pasar tradisional di Sulawesi.

Nah diatas merupakan 10 jajanan khas Sulawesi yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan manakah yang paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply