10 Istana Terkenal di Jepang Menjadi Wisata Favorit Wisatawan


prita  February 14, 2021  0 Comment

Jepang merupakan salah satu Negara di Benua Asia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Negari Sakura ini memiliki perpaduan Antara kota metropolitan dengan desa-desa tradisional yang menawan juga istana terkenal di Jepang menjadi jujukan wisatawan mancanegara. Tak hanya itu, Jepang sangat terkenal dengan kemajuan teknologinya hingga pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai brand ternama.

Di tengah ramainya Jepang dengan segala kecanggihan teknologinya, kamu juga masih bisa lho menikmati beberapa tempat wisata bersejarah di Jepang, seperti istana kuno atau istana kekaisaran Jepang yang tak kalah menarik. Buat kamu yang ingin berkunjung ke istana bersejarah di Negara tersebut, berikut adalah daftar Istana di Jepang yang keindahannya tak lekang oleh waktu

1. Hirosaki Castle, Aomori

Hirosaki Castle
en-aomori.com

Istana di Jepang yang pertama adalah Hirosaki Castle. Istana yang berada di Aomori ini merupakan istana kekaisaran yang dibangun pada tahun 1600an atas prakarsa Klan Tsugaru.

Istana kuno ini pernah tersambar petir sampai terbakar dan melahap beberapa menaranya setelah 15 tahun pembangunannya. Namun, istana ini telah berhasil dibangun kembali dalam dua dekade berikutnya. Menariknya, istana ini memiliki taman bunga sakura yang sangat cantik bila bermekaran pada musimnya.

Review wisata

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

Wisata You And I Garden : Taman Bunga Bernuansa Jepang Di Kaki Gunung Semeru

2. Matsumoto Castle, Nagano

Matsumoto Castle
touristinjapan.com

Nagano juga memiliki sebuah istana di Jepang yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Matsumoto Castle. Istana ini memiliki gaya bangunan yang elegan dengan dinding dicat hitam serta langit-langit yang rendah. Istimewanya lagi, istana ini dikelilingi oleh danau serta taman sakura yang cantik dan suasana yang tenang.

Istana ini memiliki banyak jendela-jendela kecil yang sempit, dulunya jendela tersebut digunakan untuk pemanah saat masa peperangan. Sekarang jendela-jendela tersebut digunakan untuk mengintip pemandangan pegunungan salju yang menjadi latar dari istana ini. Karena keindahannya, tak heran jika Matsumoto Castle menjadi salah satu daftar “Harta Karun Nasional Jepang” yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

3. Osaka Castle, Osaka

Osaka Castle
mystays.com

Istana di Jepang berikutnya berada di kota Osaka dan cukup terkenal sebagai salah satu destinasi wisata, yaitu Osaka Castle. Istana yang dibangun sekitar tahun 1500an juga pernah hancur karena kebakaran hebat, tersambar petir hingga hancur karena bom.

Setelah sempat hancur, istana ini kemudian dipugar pada tahun 1931 sampai sekarang diberi beberapa fasilitas yang menunjang sebagai tempat wisata, seperti adanya lift. Tak hanya itu, Osaka Castle ini juga memiliki halaman yang luas serta area olahraga yang lengkap. Ditambah lagi, area istana ini yang dikelilingi oleh parit dengan air yang jernih sehingga membuat pengunjung merasa nyaman datang kesana.

4. Nagoya Castle, Nagoya

Nagoya Castle
id.zekkeijapan.com

Nagoya Castle juga masuk dalam daftar istana di Jepang yang wajib untuk dikunjungi. Istana kekaisaran Tokyo ini dibangun pada tahun 1600an dan berdiri di jantung Negara Jepang. Istana Nagoya ini memiliki sejarah yang unik dan sangat menarik. Istana ini dibangun atas perintah Gubernur militer Imagawa Ujichika dan didedikasikan untuk anaknya.

Nagoya Castle ini pernah hancur saat Perang Dunia II karena serangan udara militer Amerika Serikat. Kemudian pada abad ke-17 istana ini dibangun kembali dengan arsitektur yang menawan sehingga menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung.

5. Shuri Castle, Naha

Shuri Castle
nippon.com

Istana di Jepang yang cukup menarik perhatian wisatawan lainnya adalah Shuri Castle. Shuri Castle ini berada di kota Naha, Okinawa dan menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Shuri Castle memiliki warna merah tua pada dinding luarnya dan pernah dihancurkan beberapa kali akibat kebakaran dan peperangan, namun masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini. Istana ini dibangun diatas bukit sehingga sangat memungkinkan wisatawan yang datang untuk melihat pemandangan kota Naha dari ketinggian.

6. Himeji Castle, Himeji

Himeji Castle
travel.gaijinpot.com

Himeji Castle juga merupakan salah satu istana di Jepang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Himeji Castle ini merupakan sebuah kastil samurai yang dibangun diatas puncak bukit dan menjadi lambing arsitektur otentik tradisional Jepang. Tak heran jika Himeji Castle juga menjadi salah satu istana kuno yang masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.

Himeji Castle dibangun atas perintah prajurit samurai Akamatsu Norimura dan tidak pernah mengalami kehancuran sehingga bangunannya masih sangat asli dan terawat sejak pertama kali dibangun. Tak hanya itu, istana ini juga memiliki halaman yang asri dengan bunga sakura yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi, terutama saat musim sakura.

7. Matsue Castle, Matsue

Matsue Castle
matsuetravelguide.wordpress.com

Istana di Jepang selanjutnya adalah Matsue Castle yang berada di Kota Matsue, Shimane. Matsue Castle ini mendapat julukan sebagai Kastil Hitam karena eksteriornya yang gelap.

Istana Matsue ini dibangun pada tahun 1600-an dan tidak pernah mengalami kerusakan akibat gempa, peperangan, petir, kebakaran dan bencana lainnya sehingga arsitekturnya masih asli. Istana ini berada di sebuah bukit yang dikelilingi air sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan. Rimbunnya pepohonan dan kanal-kanal kecil disini membuat istana ini terlihat semakin indah, apalagi wisatawan diperbolehkan untuk naik perahu dan mengelilingi kastil melalui parit. Matsue Castle ini juga memiliki sebuah museum yang menyimpan beberapa senjata kuno dan artefak pada zaman perang, lho.

8. Okayama Castle, Okayama

Okayama Castle
okayama-japan.jp

Okayama Castle ini juga menjadi salah satu istana di Jepang yang menjadi destinasi wisata. Istana kuno yang berada di Okayama ini seringkali disebut sebagai Crow Castle atau Kastil Gagak karena eksteriornya yang berwarna hitam dan sangat menawan.

Okayama Castle ini pernah hancur saat Perang Dunia II kemudian dibangun kembali di tahun 1900-an. Istana ini memiliki 6 lantai yang menampilkan sederet elemen bersejarah, ruangan dengan alas tembika khas Jepang juga sebuah restoran kecil yang menyajikan makanan khas Jepang yang lezat.

9. Hikone Castle, Shiga

Hikone Castle
travel.gaijinpot.com

Istana terkenal di Jepang yang layak kamu kunjungi selanjutnya adalah Hikone Castle. Hikone Castle ini berada di kota Hikone, Prefektur Shiga dan menjadi bangunan paling bersejarah juga paling penting di Jepang.

Hikone Castle ini berdiri diatas sebuah bukit dan arsitekturnya masih bertahan selama bertahun-tahun dari segala kerusakan, jadi bangunan istana ini masih asli seperti saat awal pembangunan. Istana ini memiliki arsitektur yang unik, yaitu dengan menggabungkan dari beragam gaya dan desain sehingga membuatnya mejadi landmark kota Hikone yang sangat menarik untuk dikunjungi.

10. Shimabara Castle, Nagasaki

Shimabara Castle
japan-guide.com

Istana terkenal di Jepang yang terakhir adalah Shimabara Castle yang berada di kota Nagasaki. Istana ini didominasi oleh warna putih dan abu-abu yang menghiasi dindingnya. Kastil kuno yang memiliki 5 lantai ini menyimpan berbagai artefak agama Kristen, baju perang hingga sisa-sisa senjata.

Shimabara Castle ini dibangun pada zaman Meiji dan pernah hancur akibat perang, namun kmudian dibangun kembali pada tahun 1900-an. Pada salah satu menara di istana ini memiliki museum seni yang memamerkan karya pematung terkenal Kitamura Seribo.



Leave a Reply