Kesegaran 10 Ikan Kuah khas Nusantara Paling Lezat di Indonesia


Fida  May 8, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal menawarkan banyak tempat wisata alam sekaligus kuliner lezat yang sayang untuk tidak Anda coba. Ada berbagai makanan khas Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Olahan ikan menjadi salah satu makanan yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Ada berbagai cara mengolah dengan hasil rasa yang berbeda-beda. Berikut Ikan kuah khas Nusantara paling lezat

1. Gabus Pucung

Gabus Pucung
selerasa.com

Gabus pucung merupakan salah satu olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat. Sesuai dengan namanya, olahan ikan kuah yang satu ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan utamanya. Ikan gabus diolah sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk dan tidak amis.

Bumbu utama yang digunakan adalah pucung atau yang dikenal dengan kluwek. Pucung juga yang menjadi pewarna hitam alami pada makanan yang satu ini. Gabus pucung dapat dengan mudah Anda jumpai di Jakarta karena makanan yang satu ini merupakan makanan khas Betawi. Gurih dan lezatnya gabus pucung dijamin membuat Anda ketagihan setelah mencobanya.

Review kuliner

Rumah Makan Wijaya Pak Wat, Aneka Kuliner Lezat Yang Rasanya Nggak Berubah Dari Dulu!

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

2. Sup Ikan Jantung Pisang

 Sup Ikan Jantung Pisang
id.pinterest.com

Saat ini mencoba salah satu olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat, Anda bisa mencicipi sup ikan jantung pisang. Sup ikan jantung pisang cukup populer dan mudah dijumpai di daerah Palu. Sesuai namanya, selain menggunakan ikan sebagai bahan utamanya makanan yang satu ini juga menggunakan jantung pisang sebagai isian pelengkap.

Tampilan dari sup ikan jantung pisang yakni memiliki buah berwarna kuning kental. Warna kuning didapat dari kunyit sebagai pewarna alami yang dicampur dengan santan. Anda akan dimanjakan dengan cita rasanya yang khas yakni asam dan pedas. Saat berlibur ke Palu, sup ikan jantung pisang menjadi salah satu menu yang wajib Anda coba.

3. Mangut

Mangut
masakapahariini.com

Pernah mendengar kuliner olahan ikan dengan sebutan mangut? Mangut merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang juga menjadi olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat. Anda akan merasakan lezatnya kuah yang khas saat mencoba kuliner yang satu ini.

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat mangut adalah ikan lele. Ikan lele yang telah digoreng diolah dengan gurih dan kentalnya kuah. Tidak jarang juga lele melalui proses pengasapan sebelum digoreng. Tidak heran jika makanan yang satu ini menawarkan aroma yang sedap dan menggugah selera. Mangut menjadi salah satu kuliner yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Yogyakarta.

4. Palumara

Palumara
selerasa.com

Tidak kalah dengan daerah lainnya, Makassar juga memiliki salah satu olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat. Olahan khas Makassar ini disebut dengan palumara. Ikan yang digunakan untuk membuat olahan ikan kuah ini cukup beragam seperti ikan bandeng, ikan tongkol, ikan kakap, dan lain-lain.

Diolah dengan bumbu yang khas dan tampilan yang menggugah selera. Kuah yang ditawarkan memiliki rasa yang cenderung gurih dan segar. Saat berkunjung ke Makassar, tidak ada salahnya untuk mencoba olahan ikan kuah palumara.

5. Gangan

Gangan
cookpad.com

Saat ingin mencoba lezatnya olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat, gangan bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satu olahan sup ikan asli Belitung ini menjadi primadona dan banyak diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

Tampilan dari olahan ikan kuah yang satu ini memiliki warna kuning. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa asam dan pedas saat mencoba kuliner yang satu ini. Daging ikan yang diolah dengan benar juga sangat empuk dan tidak amis.

6. Ikan Kuah Bening

 Ikan Kuah Bening
selerasa.com

Ikan kuah bening menjadi salah satu olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat yang wajib Anda coba. Ikan kuah bening merupakan salah satu makanan khas Batam. Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat kuliner yang satu ini diantaranya ikan kakap merah, udang, dan juga sawi asin.

Olahan ikan kuah bening menawarkan cita rasa yang lezat dan segar. Tampilannya yang menggugah selera juga menjadikan Anda sayang untuk melewatkan kuliner yang satu ini saat berada di Batam. Tertarik untuk mencobanya?

7. Asam Padeh

Asam Padeh
cookpad.com

Ingin mencoba salah satu olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat? Asam padeh bisa menjadi menu yang tepat untuk Anda coba. Olahan ikan kuah yang satu ini berasal dari Padang. Ikan tongkol digunakan sebagai bahan utama pembuatan olahan asam padeh. Tidak jarang juga kentang dipilih sebagai bahan tambahan.

Kuliner ini menawarkan cita rasa perpaduan asam dan pedas. Daging ikan diolah dengan tingkat kematangan yang pas tidak amis. Adanya tambahan kuah kental dengan cita rasa lezat menjadikan makanan ini cocok dikonsumsi dengan ditemani satu mangkuk nasi. Tampilannya yang menggugah selera tentu membuat Anda tertarik untuk mencobanya.

8. Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga
idntimes.com

Berbicara tentang olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat, ikan woku belanga menjadi salah satunya. Ikan woku belanga merupakan salah satu olahan ikan kuah yang berasal dari Manado. Olahan satu ini menggunakan bumbu khas yang terdiri dari daun salam, serai, kemangi, daun jeruk, dan daun pandan.

Ada banyak pilihan ikan yang digunakan sebagai bahan utama seperti ikan kakap, ikan sidat, dan ikan tongkol. Dengan pengolahan yang benar, sajian yang satu ini menghasilkan cita rasa segar dan tidak amis. Adanya tambahan potongan tomat dan cabai juga menjadikan kuliner yang satu ini semakin menggugah selera. Tertarik untuk mencobanya?

9. Eungkot Paya

Eungkot Paya
cantik.tempo.co

Eungkot paya menjadi salah satu olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat yang sayang untuk Anda lewatkan. Olahan ikan yang satu ini berasal dari Aceh. Bahan utama yang digunakan untuk membuat eungkot paya adalah ikan air tawar seperti ikan gabus.

Ikan akan diolah dengan bumbu dan rempah-rempah yang khas. Adanya tambahan daun jeruk serta daun kari membuat aroma kuliner yang satu ini semakin menggugah selera. Kuah yang lezat dan kental menjadi ciri khas kuliner yang satu ini. Saat berkunjung ke Aceh, eungkot paya menjadi salah satu kuliner yang wajib Anda coba.

10. Celimpungan

Celimpungan
merahputih.com

Satu lagi olahan ikan kuah khas Nusantara paling lezat yakni celimpungan. Celimpungan merupakan olahan ikan khas Sumatera Selatan yang disajikan dengan kuah kental dari olahan santan. Ikan yang digunakan untuk pembuatan kuliner yang satu ini adalah ikan gabus atau ikan tenggiri yang diolah bersama sagu.

Dengan kuah yang lezat, kuliner yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba. Adanya taburan bawang goreng juga menjadikan kuliner ini semakin menggugah selera.

Nah, diatas merupakan daftar olahan ikan kuah khas Nusantara yang menawarkan cita rasa lezat. Manakah yang paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply