Wisata

10 Gambar Pantai Balekambang Malang Rute Lokasi + Harga Tiket

Pantai Balekambang menjadi salah satu pantai legendaris di Kabupaten Malang. Sampai saat ini pantai Balekambang menjadi Ikonik nama Malang. Jadi setiap ada yang menyebutkan kata Malang pasti akan mengetahui nama pantai ini. Apalagi pantai ini memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dengan pantai lain di Malang.

 

Letak Strategis Kabupaten Malang

Nge-TRIP.com

Kabupaten Malang merupakan Kabupaten terbesar ketiga yang berada di pulau Jawa. Luasnya tak kurang dari 3500 meter persegi dengan terbelah oleh kota Malang dan kota Batu. Letaknya berada di area perbukitan dan garis pantai selatan sehingga dengan letak geografis tersebut membuat Kabupaten Malang memiliki potensi wisata alam yang cukup besar. Salah satunya adalah pantai Balekambang.

Apalagi pantai ini bisa dibilang sebagai pantai tertua di Kabupaten Malang yang lokasinya mudah dijangkau sama seperti pantai Ngliyep dan pantai Sendang Biru. Seiring berjalannya waktu begitu banyak pantai yang dibuka di wilayah selatan Kabupaten Malang. Akan tetapi pantai Balekambang tetap menjadi jujukan utama saat berada di Malang. Akses yang mudah dan pesona yang luar biasa menjadi alasan yang membuat pantai ini selalu ramai di setiap harinya khususnya pada akhir pekan dan hari libur.

 

Keindahan Pantai Balekambang

Vebma.com

Ciri khas dari pantai ini adalah keberadaan pura yang terdapat di pulau kecil di bibir pantainya. Untuk sampai ke pulau ini pengunjung harus melewati jembatan dan pulau kecil lainnya dengan berjalan kaki. Selain itu pasirnya yang putih dan memiliki garis pantai yang panjang membuat pengunjung akan merasa puas untuk menikmati keindahan pantainya. Beberapa spot tidak memperkenankan pengunjung untuk berenang akan tetapi ada spot khusus yang memang digunakan untuk berenang di laut. Hal ini dikarenakan faktor keselamatan dari ombak bergelombang tinggi.

Ombak di pantai ini memang tergolong besar dan ganas mengingat berhadapan langsung dengan luasnya samudra Hindia. Oleh karena itulah di beberapa titik akan dijumpai tempat untuk penjaga pantai yang dengan sigap memberikan arahan bagi pengunjung yang bandel. Jika ingin berenang dan bermain air laut ada di sisi dekat dengan pulau kecil. Disana aman karena landai dan beralaskan pasir. Desiran ombak juga sudah tereduksi dengan dipecahkan oleh pulau kecil sehingga sampai ke tepian hanya segelintir saja.

Keindahan lainnya dari pantai ini adalah sunsetnya yang begitu indah di sisi barat dengan membentuk siluet pura diatas pulaunya. Apalagi dengan luasnya lautan yang membentang semakin menambah eksotisme semburat orange diatas air. Menikmati keindahan ini ditemani es kelapa muda dan ikan bakar tentunya akan terasa luar biasa.

 

Pesona Tanah Lot Balekambang

MalangTODAY.net

Siapa yang tak kenal dengan pesona Tanah Lot yang ada di Bali? Bahkan seluruh dunia sudah mengetahui akan keindahan dari patai tersebut dengan adanya pura dibagian ujung tebingnya. Keindahan siluet akan terpancar ketika matahari akan tenggelam membuat siapapun mengakui akan keindahan alamnya.

Siapa sangka ternyata di Jawa Timur tepatnya di Kebupaten Malang terdapat pemandangan yang tak kalah indahnya dari Pantai Lot. Benar, pantai Balekambang juga memiliki pulau kecil dengan pura hindu di atasnya. Ketika sore hari akan membuat siluet yang tak kalah indahnya dengan pantai Tanah Lot. Pulau ini juga dinamakan dengan pulau Dewata karena memiliki bentuk yang menyerupai pulau Bali.letaknya tak jauh dari garis bibir pantai dan dihubungkan dengan jembatan yang melewati muara dibawahnya.

 

malangtimes.com

Sama dengan aturan yang ada di pantai Tanah Lot yang mengharuskan pengunjung dalam keadaan suci dan berpakaian sopan saat memasukinya. Bagi penduduk setempat, pura ini memiliki nilai kesakralan yang tinggi karena menjadi tempat bersemayamnya roh leluhur yang menjaga pantai Balekambang. Bagi perempuan yang masih dalam masa datang bulan juga tidak diperkenankan untuk memasuki areal tersebut. Hal ini untuk menjaga kesucian dari tempat tersebut agar tidak mengundang amarah leluhur. Apalagi pantai ini termasuk ke dalam pantai selatan yang memiliki ombak besar dan rawan merenggut jiwa.

Pura yang ada di pantai ini memiliki nama Pura Amerta Jati atau bisa dikenal juga dengan nama Pura Ismoyo. Pura ini digunakan sebagai tempat ibadah umat hindu yang ada mayoritas berada di kawasan tersebut. Pada hari-hari tertentu seperti malam 1 Syuro atau Sya’ban akan ada upacara ritual keagamaan. Pada saat hari raya Nyepi pantai ini juga ditutup agar umat Hindu bisa melakukan ritualnya dengan hikmat. Ritual adat inilah yang seringkali mengundang wisatawan mancanegara untuk menyaksikan langsung kebudayaan khas Indonesia yang ada di Kabupaten Malang.

Tiket Masuk dan Fasilitas

trip.web.id

Untuk tiket masuk kawasan pantai ini dibanderol cukup terjangkau yakni Rp. 10.000 di hari biasa dan Rp. 15.000 di akhir pekan atau liburan. Untuk anak-anak dibawah 5 tahun umumnya tidak dikenakan biaya tambahan. Sedangkan segi fasilitas, bisa dibilang bahwa pantai ini merupakan pantai dengan fasilitas terlengkap. Sinyal telepon dan internet juga bagus di kawasan ini karena memang sudah diperbaiki sedemikian rupa.

 

ondosupriyanto.blogspot.com

Didalam pantai sudah berjejer warung dan toko yang menjajakan aneka makanan khas Malang dan juga oleh-olehnya. Makanan khas Malang yang bisa dinikmati disini ada bakso, pangsit mie, jus apel, pie apel, dan masih banyak lagi lainnya. olahan seafood juga banyak dijual disini untuk melengkapi liburan khas pantai mulai dari ikan bakar hingga nasi goreng seafood bisa ditemukan dengan mudah. Adapun souvenir juga banyak ditemukan di sepanjang jalan menuju pantai. Salak, kerang, baju, dan aneka pernak pernik lainnya dijual denga harga yang terjangkau. Harganya tidak banyak yang lebih dari 100 ribu rupiah untuk setiap oleh-olehnya.

Fasilitas lain yang ada di dalam pantai ini adalah toilet dan tempat bilas yang banyak sehingga tidak khawatir antri meskipun banyak pengunjung, mushola, taman bermain, sungai air tawar, dan masih banyak lagi fasilitas pendukung lainnya. Untuk keamanan bisa dipastikan terjamin dengan keberadaan rumah dinas patroli polisi di dalamnya sehingga bisa melindungi kawasan tersebut dalam waktu 24 jam penuh.

Transportasi Menuju Pantai Balekambang

travelingyuk.com

Lokasi pantai ini berada di dusun Sumber Jambe, desa Srigonco, kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Jarak dari pusat kota kurang lebih 60 KM dengan waktu tempuh 2-3 jam. Jika sedang berada di Malang akan lebih mudah untuk menggunakan jasa travel jika ingin pergi ke wisata ini. Di Malang sudah banyak jasa yang siap mengantarkan wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata salah satunya pantai Balekambang. Bukan tanpa alasan mengapa jasa travel lebih diprioritaskan karena jarak tempuh yang cukup jauh dan belum ada transportasi yang langsung bisa menuju ke wilayah tersebut.

Jika ingin mencobanya maka pantai Balekambang bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum. Mulai dari terminal Arjosari, maka carilah jurusan yang akan mengantarkan ke arah terminal Gadang. Sampai di terminal Gadang lanjutkan dengan angkutan yang bergerak menuju terminal Bantur. Dari terminal Bantur ini sudah tidak didapati lagi angkutan yang bisa membawa ke arah pantai. Satu-satunya cara adalah dengan ojek yang ada di terminal tersebut. Nantinya dalam waktu kurang dari 30 menit, pengunjung akan sampai di pintu masuk Pantai Balekambang.

One Response

  1. Andi Fitriani July 5, 2018

Join The Discussion