Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Menikmati 10 Festival Jazz Diadakan di Tempat Wisata Lebih Mengesankan


prita  May 28, 2020  0 Comment

Menonton konser musik atau festival di venue indoor, gedung atau lapangan mungkin sudah biasa. Namun Anda juga bisa menyaksikan konser musik di alam terbuka seperti di gunung, bukit, pantai, hutan bahkan pelataran candi. Tentunya menonton konser di alam terbuka ini akan menghadirkan suasana yang unik serta menarik. Salah satu konser musik yang kerap diadakan di alam terbuka adalah festival musik jazz. Jika Anda adalah penikmat musik jazz,

Berikut ini 10 festival jazz diadakan di wisata alam.

1. Prambanan Jazz, Yogyakarta

prambanan jazz
twitter.com

Prambanan Jazz dikenal sebagai salah satu festival jazz diadakan di wisata alam, festival ini menjadi event jazz terbesar di Yogyakarta dan juga Jawa Tengah. Prambanan Jazz diselenggarakan di Candi Prambanan dan dijadikan alat untuk mempromosikan budaya di pariwisata Internasional.

Candi Prambanan dipilih sebagai lokasi karena merupakan sebuah mahakarya Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Sehingga Anda bisa menikmati konser musik dengan latar candi dibelakangnya.

Prambanan Jazz pertama kali digelar di tahun 2015 dan biasanya selalu digelar di bulan Agustus setiap tahunnya. Bintang tamu yang dihadirkan dalam festival ini pun beragam, Tulus, Mocca, Kahitna hinnga beberapa musisi kelas dunia seperti Rick Price.

2. Ngayogjazz, Yogyakarta

Festival Jazz Diadakan di Tempat Wisata
gudeg.net

Berbeda dengan Prambanan Jazz yang dilaksanan di pelataran Candi Prambanan, Ngayogjazz digelar di tempat yang berbeda-beda. Ngayogjazz merupakan salah satu festival jazz diadakan di wisata alam, tepatnya di desa-desa wisata di Yogyakarta dan lokasinya selalu berbeda setiap tahunnya.

Ngayogjazz pertama kali diinisiasi oleh Djaduk Ferianto bersama musikus Yogya lainnya. Festival musik jazz ini pertama kali digelar di tahun 2007 dan selalu menghadirkan musisi-musisi beken untuk mengisi acara ini, seperti Dewa Budjana, Frau, Trie Utami, Miyosi Masato, Tohpati dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menikmati festival ini, Anda tidak dipungut biaya sama sekali. Namun, tentu Anda tetap akan disuguhi dengan musikalitas yang berkualitas diantara perkampungan yang asri sambil sesekali bercengkrama dengan warga desa setempat. Unik sekali ya konsepnya?

3. Ubud Village Jazz Festival, Bali

ubud village jazz festival
bisniswisata.co.id

Ubud Village Jazz Festival dikenal sebagai salah satu festival jazz diadakan di wisata alam yang paling unik dan juga otentik. Berlokasi di Ubud, festival ini tentu tak hanya mengajak Anda menikmati konser musik jazz yang diisi oleh sederet musisi papan atas, namun juga pemandangan asri Desa Ubud yang dikelilingi oleh hijaunya hutan, persawahan dan pura-pura yang cantik.

Berbeda dengan festival jazz lainnya, Ubud Village Jazz Festival ini menjadi satu-satunya festival yang secara konsisten hanya menyajikan genre musik jazz. Jadi sangat cocok bagi Anda yang sangat menggemari music jazz dan tak ingin mendengarkan genre musik lainnya.

4. Jazz Diatas Awan, Wonosobo

jazz diatas awan
genpi.co

Jazz Diatas Awan juga menjadi festival jazz diadakan di wisata alam yang tak boleh Anda lewatkan. Festival ini merupakan serangkaian dari acara Dieng Culture Festival yang berlokasi di Dieng, Wonosobo.

Jazz Diatas Awan ini digelar disebuah area luas berlatarakan pegunungan megah berhiaskan jutaan bintang diatas kepala Anda. Disini Anda tidak akan difasilitasi dengan kursi penonton, jadi Anda bisa duduk lesehan sambil menikmati jagung bakar. Kebanyakan penonton akan mengenakan selimut untuk melindungi diri dari suhu dingin di kawasan dataran tinggi Dieng ini. Karena lokasinya yang berada diketinggian inilah festival ini disebut sebagai Jazz Diatas Awan.

Jazz Diatas Awan ini biasa digelar diantara bulan Juli hingga Agustus setiap tahunnya. Karena konsepnya yang unik inilah yang membuat festival ini sangat populer bahkan di kancah internasional.

5. Jazz Pinggir Kali, Purbalingga

Festival Jazz  di Indonesia
id.pinterest.com/

Masih di Jawa Tengah, festival jazz diadakan di wisata alam selanjutnya bernama Jazz Pinggir Kali yang berarti Jazz di tepi sungai. Festival Jazz Pinggir Kali ini digelar di Desa Limbasari, Purbalingga, Jawa Tengah.

Festival Jazz Pinggir Kali ini biasa digelar pada bulan Oktober di pinggir Sungai Tuntung Gunung. Anda pun bisa menikmati alunan musik jazz sambil menikmati sejuknya udara khas pedesaan seolah menyatu dengan alam.

6. Jazz Gunung, Bromo

jazz gunung
explorebromo.com

Jazz Gunung merupakan salah satu festival jazz diadakan di wisata alam yang paling populer di Indonesia. Festival ini biasanya digelar pada bulan Agustus yang bertempat di Aphiteater Jiwa Jawa Resort, Bromo.

Jazz Gunung menjadi pagelaran musik jazz bertaraf intenasional yang digelar di panggung terbuka dengan pemandangan indah. Konsep inilah yang membuat festival ini unik sehingga menarik perhatian dunia. Tentunya, Anda bisa menikmati alunan musik jazz ditemani panorama Gunung Bromo yang memukau.

7. Ijen Summer Jazz, Banyuwangi

Festival Jazz Diadakan di Tempat Wisata
metrobali.com

Tak hanya Gunung Bromo, Gunung Ijen yang cukup terkenal di Banyuwangi juga menyelenggarakan festival jazz diadakan di wisata alam bertajuk Ijen Summer Jazz. Ijen Summer Jazz ini digelar di panggung terbuka Jiwa Jawa Resort, Ijen, Banyuwangi.

Indahnya pegunungan yang mengelilingi panggung terbuka ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah lagi dengan alunan music jazz yang membuat suasana terasa semakin syahdu. Tak hanya itu, Anda pun bisa menikmati makan malam eksklusif bersama sesama penonton dan juga musisi yang tampil. 

8. Banyuwangi Beach Jazz Festival, Banyuwangi

banyuwangi beach jazz festival
sureplus.id

Selain di gunung, Anda juga bisa menikmati festival jazz di tepi pantai, lho. Anda tinggal datang ke Banyuwangi Beach Jazz Festival yang biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus di tepi Pantai Boom, Banyuwangi.

Banyuwangi Beach Jazz ini tentunya akan menghadirkan sederet musisi jazz lokal dan juga musisi papan atas seperti Rizky Febian, Tulus hingga Raisa. Anda akan disuguhi alunan music jazz yang syahdu ditemani dengan deburan ombak yang merdu. Tentu saja berbonus keindahan pemandangan Pantai Boom.

9. Mahakam Jazz Fiesta, Samarinda

Festival Jazz Diadakan di Tempat Wisata
samarinda.prokal.co

Tak hanya Pulau Jawa dan Bali saja yang rutin menggelar festival jazz diadakan di wisata alam, Pulau Kalimantan pun memiliki festival jazz diadakan di wisata alam yaitu Mahakam Jazz Fiesta.

Dari namanya, kita tahu jika festival ini digelar di tepi Sungai Mahakam, Samarinda. Mahakam Jazz Fiesta ini merupakan festival jazz kebanggaan warga Samarinda, lho. Bagaimana tidak, acara ini menjadi salah satu acara music jazz bertaraf internasional yang cukup diminati oleh musisi dan juga pecinta music jazz.

10. Maratua Jazz & Dive, Berau

Festival Jazz Diadakan di Tempat Wisata
indonesiatravel.news

Festival jazz diadakan di wisata alam selanjutnya adalah Maratua Jazz & Dive. Masih berlokadi di Pulau Kalimantan, Maratua Jazz & Dive diadakan sebagai media promosi wisata di Kabupaten Berau, khususnya Pulau Maratua yang berada di Kepulauan Derawan.

Matarua Jazz & Dive ini menjadi penarik pengunjung untuk menikmati indahnya Pulau Maratua, yang konon disebut sebagai salah satu wilayah terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia. Festival ini juga kerap mengundang musisi papan atas yang tentu mampu menghibur Anda sambil menikmati indahnya Pulau Maratua.



Leave a Reply