10 Camilan khas Jawa Timur bikin mulut pingin ngunyah terus


sisil angelin  December 4, 2020  0 Comment

Jawa Timur memang tidak pernah habis-habisnya menawarkan kuliner-kuliner lezat, dan selain makanan berat di Jawa Timur juga memiliki camilan-camilan yang bikin ketagihan loh. Bahkan wisatawan yang lagi berlibur ke Jawa Timur biasanya memborong camilan-camilan ini untuk buah tangan dibawa pulang.
Nah mau tau apa saja sih camilan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba? langsung saja simak saja artikel dibawah ini, kita bakal kasih tau kalian 10 camilan khas jawa timur bikin mulut pingin ngunyah terus, dan pastinya bikin mood kalian membaik setelah memakannya

1. Tape Singkong

 Tape Singkong
kompas.com

Siapa sih disini yang belum tau camilan khas Jawa Timur yang satu ini? Yups Tape memang sangat mudah kalian temukan saat berada di Jawa Timur, dan salah satu kota yang terkenal banget dengan tape singkongnya yang Yummy adalah Kota Jember. Nah jika kalia berada di Jember maka kalian bisa menemukan beraneka tape yang diolah menjadi pia tape, brownies tape, prol tape, dan masih banyak beraneka tape singkong yang diolah!

Gotravelly

Sarapan Di Bubur Ayam Endri: Lezatnya Bubur Berpadu Topping Melimpah

Bebek Songkem Pak Salim: Sajikan Bebek Goreng Lezat Dan Sehat

2. Brem

Brem
suarasikap.com

Camilan yang ada diurutan kedua ini memang menjadi camilan yang selalu diburu wisatawan saat berada di Jawa Timur. Untuk kamu yang belum tau Brem ini adalah tape ketan yang difermentasikan lalu dikeringgkan. Sehingga menciptakan rasa brem yang sedikit asam, manis, gurih, dan yang paling unik adalah saat kita menggigit brem ini kita bakal merasakan sensasi dingin.
Karena rasanya yang unik inilah menjadikannya camilan yang wajib dibeli saat berada di Jawa Timur, dan yang paling banyak ada di Kota Madiun. Untuk kamu yang belum tau Brem ini merupakan camilan khas Madiun yang terkenal sekali diseluruh Indonesia, dan saat menikmati 1 keping brem ini dijamin kalian gak bakal berhenti nguyah!

3. Kerupuk Upil

 Kerupuk Upil
jolygram.com

Tidak dipungkiri Kerupuk Upil memang menjadi camilan yang paling Mantap, dan bikin ketagihan! Nah jika kamu berada di Jawa Timur, maka sangatlah mudah untuk menemukan kerupuk upil. Keunikan dari Kerupuk Upil ini adalah cara memasak kerupuknya yang unik. Jika kerupuk pada umumnya digoreng menggunakan minyak, berbeda dengan kerupuk upil yang menggunakan pasir untuk menggoreng Kerupuknya.
Ohya kalian jangan khawatir pasir yang digunakan untuk kerupuk upil ini biasanya dicuci terlebih dahulu, dan akan dijemur. Lalu dimasukan ke wajan untuk menggoreng kerupuk, jadi jangan khawatir kerupuk ini aman dikosumsi. Untuk rasa Kerupuk Upil memang tidak perlu diragukan, karena kriuk banget, dan biasanya orang Jawa Timur memakan kerupuk upil ini menggunakan Petis loh. Sehingga menciptakan rasa yang gurih, pedas, asin, dan manis.

4. Ledre

Ledre
id.theasianparent.com

Jika berkunjung ke Bojonegoro, maka jangan lupa untuk mencicipi camilan yang diberi nama Ledre ini. Karena camilan yang terdiri dari pisang raja, gula, telur, santan, dan tepung beras ini memiliki rasa yang mantap banget! bikin nagih manis, gurih, dan pisang rajanya yang ada di Ledre ini memang perpaduan yang sempurna!

5. Onde – Onde

onde onde
review.bukalapak.com

Siapa yang belum mencoba camilan khas Jawa Timur yang satu ini? Memang banyak sekali penjual Onde-onde di beberapa pulau yang ada di Indonesia, dan taukah kamu jika Onde-onde ini merupakan camilan khas Mojokerto. Onde-onde pada umumnya memang berisi kacang hijau, dan jika kamu berada di Kota Mojokerto, maka bisa menemukan beraneka isian Onde-onde yang unik diantaranya ada durian, coklat, kacang tanah, dan masih banyak lagi beraneka isian yang bisa kamu pilih saat berada di Mojokerto.

6. Stick Tahu

Stick Tahu
prodiamex.com

Camilan yang memiliki tekstur kriuk ini memang bikin nagih ya guys! Nah Stick Tahu merupakan camilan khas Kediri, Jawa Timur. Stick Tahu sendiri tediri dari bahan dasar tahu yang akan digoreng sampai garing, dan setelah digoreng garing Stick Tahu ini kan dibumbui. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi karena Stick Tahu menjadi camilan kesukaan orang Indonesia. Apalagi jika kamu yang tinggal di Pulau Jawa Stick Tahu ini memang menjadi pelengkap untuk makan, dan camilan yang bikin kita gak berhenti nguyah saat mencamilinya.

7. Tahu Takwa

tahu takwa
amazingindonesia.id

Masih berada di Kota Kediri Tahu Takwa ini memang mejadi camilan khas Kediri yang terkenal sekali di Jawa Timur, dan selalu diburu wisatawan saat berada di Kediri. Tahu Takwa ini berwarna kuning, tekstur tahunya padat, empuk, dan akan digoreng sampai garing. Tahu Takwa ini biasanya disajikan dengan sambal petis yang pedas, dan 1 Tahu Takwa saja kurang guys! Makanya Tahu Takwa ini masuk dalam daftar camilan Jawa Timur yang bikin nagih. Nah nunggu apalagi ayok cari Tahu Takwa (Tahu Kuning khas Kediri).

8. Otok

Otok
shopee.co.id

Otok ini merupakan camilan khas Madura, Jawa Timur. Untuk kamu yang belum tau Otok itu apa sih? Nah otok ini adalah camilan yang berbahan dasar biji kacang panjang yang akan di keringkan, dan diberi taburan bumbu. Sehingga memberikan cita rasa yang gurih, pedas, manis, dan bikin nagih guys! Camilan Otok ini wajib banget deh kamu cobain saat berada di Madura, karena rasanya itu terbilang unik!

9. Wingko Babat

Wingko Babat
tokopedia.com

Camilan yang ada diurutan kesembilan ini memang menjadi camilan khas Jawa Timur yang selalu diburu Wisatawan saat berkunjung ke Jawa Timur. Wingko Babat ini sebenarnya camilan khas Madiun, namun meskipun khas kota Madiun untuk menemukan Wingko Babat cukup mudah kok guys! Karena beberapa daerah yang ada di Jawa Timur biasanya menjual Wingko Babat dengan rasa yang gurih, manis, dan yummy!

Wingko Babat sendiri terdiri dari kelapa muda yang diparut, gula, tepung beras, tepung ketan, dan akan diolah. Setelah diolah Wingko Babat akan dibentuk bundar. Camilan ini pokoknya wajib banget deh kalian cobain! Dijamin 1 Wingko Babat ini kurang deh! karena rasa Wingko Babat ini gurih, manis, dan bikin nagih.

10. Suwar – Suwir

Suwar - Suwir
food.detik.com

Camilan yang terakhir kita bahas ini berasal dari Kota Jember, dan makanan ringan ini memanng sekilas mirip dengan dodol. Suwar-suwir sendiri terbuat dari bahan tape, dan diolah sehingga memberikan tekstur yang kenyal saat digigit. Camilan yang satu ini kini semakin beragam dengan beraneka rasa yang unik yaitu rasa buah, coklat, dan masih banyak beraneka rasa suwar-suwir yang bisa kalian pilih sesuai dengan selera kalian.

Nah itulah 10 camilan khas Jawa Timur bikin mulut pingin ngunyah terus! Gimana guys menarik bukan camilan-camilan yang ada diatas? nunggu apalagi ayo masukin ke daftar camilan yang wajib kamu cicipi saat berada di Jawa Timur.



Leave a Reply