10 Binatang Laut Paling Berbahaya, Yakin Sudah Tahu?


Jehan  January 10, 2023  0 Comment

Binatang Laut Paling Berbahaya – Menghabiskan waktu di bawah laut dengan segala aktivitas air adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, bukan? Tapi, apakah kamu tahu tentang beberapa binatang laut berbahaya yang harus kamu perhatikan saat berenang atau menyelam di laut?

Yuk, Simak ulasan menambah wawasan di bawah ini sebagai bekal ilmu travellingmu bareng GoTravelly!

Binatang Laut Paling Berbahaya:

1. Ubur-ubur

ubur-ubur binatang paling berbahaya di laut
unsplash.com

Ubur-ubur adalah mahluk laut yang memiliki bentuk cantik jika dilihat. Binatang yang masuk ke dalam jenis hewan invertebrata atau hewan tanpa tulang punggung ini merupakan mahluk yang mampu menyengat.

Mahluk yang mirip seperti jeli ini menyimpan sel penyengat berukuran kecil di tentakelnya. Sel tersebut seringkali digunakan untuk melumpuhkan mangsa sebelum dimakan olehnya. Jika manusia terkena sengatannya, itu bisa menjadi sangat berbahaya.

Bahkan beberapa jenis dari Ubur-ubur memiliki racun yang mematikan. Meski ada beberapa jenis yang aman untuk disentuh dan tidak berbahaya, namun jika kamu ragu tentang jenis Ubur-ubur tersebut, maka lebih baik untuk menghindarinya saja.

Selain itu harus berhati-hati dengan Ubur-ubur hidup, kamu juga perlu berhati-hati dengan Ubur-ubur yang mati. Meski Ubur-ubur telah mati tetapi mereka masih memiliki racun di tentakelnya. Jadi apapun kondisi dari Ubur-ubur, lebih baik jangan mendekatinya ya!

2. Bulu Babi

bulu babi
flickr.com

Berhati-hatilah saat bermain di laut, jika kamu menginjak Bulu Babi kamu akan menyesal! Bulu Babi adalah salah satu invertebrata yang dapat ditemui dengan mudah di perairan dangkal yang dekat dengan garis pantai berbatu.

Selain itu, binatang laut berbahaya ini juga berdiam di terumbu karang subtropis. Beberapa spesies Bulu Babi mengandung zat beracun yang ada di tubuh mereka. Jika tidak sengaja tersentuh dengan duri mereka, reaksi yang ditimbulkan bisa menimbulkan alergi atau sakit parah yang memicu munculnya infeksi berkelanjutan.

Baca juga :  Hola! 10 Oleh Oleh Khas Spanyol Yang Murah Dan Berkesan

3. Lionfish

lionfish ikan paling berbahaya di laut
unsplash.com

Lionfish adalah salah satu binatang laut paling berbahaya yang tersebar luas di sepanjang pantai timur. Binatang dengan warna mencolok ini adalah perenang berbahaya dengan tampilan yang sangat cantik. Namun kecantikannya itu lebih baik dinikmati dari jarak yang cukup aman saja, jangan pernah berniat untuk menyentuh ikan yang satu ini.

Sebenarnya Lionfish bukan varian ikan yang agresif. Mereka tidak memiliki karakter penyerang yang akan mengejar para perenang. Lionfish hanya akan menyengat jika merasa terancam. Duri dari ikan Lionfish ini memiliki bisa yang dapat menimbulkan rasa sakit bagi mereka yang tersengat.

Bahkan bisa dari Lionfish juga bisa membuat manusia terkena gangguan pernafasan dan lumpuh. Maka tidak heran jika Lionfish seringkali disebut sebagai salah satu ikan paling mematikan di dunia. Jadi apabila kamu melihat ikan cantik ini, lebih baik jangan menyentuhnya ya!

4. Ikan Pari

ikan pari
unsplash.com

Ikan Pari adalah salah satu binatang laut paling berbahaya. Ikan Pari senang berenang dalam jarak beberapa meter dari pantai, di mana mereka dapat mencari mangsanya, seperti ikan kecil dan kerang yang ada di laut.

Sebenarnya Ikan yang banyak berenang di perairan tropis dan subtropis ini bukanlah binatang laut yang agresif pada manusia. Ikan Pari adalah binatang yang memiliki kebiasaan berbaring di dasar dan menutupi dirinya dengan pasir.

Terkadang, kebiasaan tersebutlah yang membuat manusia tanpa sengaja tersengat oleh Ikan Pari. Jadi, saat sedang bermain air di laut kamu harus berhati-hati jangan sampai menginjak binatang yang satu ini, jika tidak ingin terkena musibah.  

5. Ular Laut

ular laut
flickr.com

Ular Laut adalah binatang yang mudah ditemukan di perairan tropis di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Ular Laut seringkali tidak memiliki satu penampilan saja, melainkan penyebutan untuk binatang yang satu ini merujuk pada semua jenis ular yang tinggal di bawah laut.

Binatang laut paling berbahaya ini memiliki racun yang cukup kuat untuk menyebabkan beberapa gejala gangguan bagi yang terkena. Racun dari Ular Laut cukup beragam, ada yang hanya bisa memberi gejala ringan hingga sedang. Namun beberapa spesies Ular Laut memiliki racun yang sangat mematikan. Perhatikan sekitarmu saat berenang ya!

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Bondowoso Yang Paling Populer Dan Murah

6. Siput Kerucut

cone snail
flickr.com

Siput Kerucut atau Cone Snail ini adalah salah satu binatang laut paling berbahaya yang harus kamu hindari. Saat kamu berlibur dan menghabiskan waktu dengan aktivitas di dalam laut, sebaiknya kamu harus waspada!

Banyak penyelam yang tidak waspada dengan sembarangan mengambil siput yang cantik ini. Alhasil, itu membuat mereka tersengat racun. Beberapa orang ada yang bisa bertahan dari sengatan Siput Kerucut ini. Namun sebagian besar kematian pun menimpa banyak manusia karena sengatan binatang laut yang cantik ini.

7. Stonefish

stonefish
unsplash.com

Stonefish adalah ikan dengan bentuk menyerupai batu yang keras. Ikan ini dianggap sebagai salah satu binatang laut paling berbahaya. Stonefish mudah ditemukan di sepanjang pantai Samudra Hindia dan Pasifik.

Sengatan dari Stonefish akan menyiksa dan dapat mengakibatkan hal fatal yang terjadi pada manusia. Jadi, pastikan ketika kamu berenang di laut kamu tidak sedang menginjak atau mendorong Stonefish ini. Kamu tentu tidak ingin merasakan sakit yang berbahayakan?

Baca Juga:

Ada Sungai Bawah Laut, Simak Di Sini!

10 Danau Terbesar di Dunia, Cari Tahu Yuk!

8. Titan Triggerfish

titan triggerfish binatang laut paling berbahaya
flickr.com

Ikan yang satu ini adalah salah satu spesies ikan yang memiliki karakter antagonis. Biasanya Titan Triggerfish mudah ditemukan di perairan Australia hingga Thailand.  Ikan ini mejadi salah satu binatang laut paling berbahaya karena bukan jenis hewan yang ramah dengan para penyelam.

Saat dewasa ikan Titan Triggerfish dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 75 cm dan biasanya binatang ini memakan bulu babi, cacing tabung, karang, dan moluska. Ikan ini tidak memiliki bisa beracun melainkan gigitannya adalah hal yang dapat menimbulkan masalah serius.

Selain itu, Ikan Titan Triggerfish adalah jenis ikan yang sangat territorial. Oleh karena itu, ketika kamu menyelam ke dalam air dan melihatnya, sebaiknya jaga jarak dengan mereka jika tak ingin digigit olehnya.

Apabila manusia tergigit oleh Titan Triggerfish maka bisa mengakibatnya keracunan yang cukup ekstrim loh. Efek samping dari gigitan ikan tersebut bisa memicu berbagai efek, seperti serangan jantung, kelumpuhan hingga kematian.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Balikpapan Yang sayang untuk Anda lewatkan

9. Ikan Barakuda

ikan barakuda
unsplash.com

Ikan Barakuda sebenarnya adalah salah satu ikan yang seringkali dicari para pemancing. Ikan ini adalah jenis ikan predator yang terkenal cukup agresif. Mereka adalah ikan air asin yang mudah ditemukan di perairan tropis dan subtropis.

Biasanya, Ikan Barakuda berenang di sekitar terumbu karang dekat dengan permukaan laut. Rahang gigi bertarung dan bentuk yang menonjol membuat Ikan Barakuda sangat mudah untuk dikenali.

Tidak hanya itu saja, fakta menarik serangan dari Ikan Barakuda ini lebih sering terjadi karena ikan salah mengira bahwa penyelam adalah mangsa mereka. Informasi penting yang perlu kalian ingat adalah Ikan Barakuda sangat mudah tertarik dengan warna berkilau.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu menjaga jarak dengan ikan yang satu ini. Meski menjadi salah satu jenis ikan yang jarang dilaporkan menyerang, namun tetap saja kamu harus berhati-hati dengan ikan yang satu ini ya.

Baca Juga:

Cari Tahu 10 Kucing Terlucu di Dunia

Ada 10 Makanan Terenak di Dunia loh, Sudah Coba?

10. Gurita Cincin Biru

gurita cincin biru binatang laut paling berbahaya
flickr.com

Gurita Cincin Biru atau Blue Ringed Octopus adalah salah satu jenis binatang laut paling berbahaya yang patut diwaspadai. Jangan tertipu dengan bentuk tubuh kecilnya yang terlihat menggemaskan dengan pola biru terang yang melingkar di tubuhnya itu.

Gurita ini memang terlihat lucu dan cantik, namun dibalik kecantikannya itu Gurita Cincin Biru adalah binatang yang sangat beracun. Gurita ini dengan sengaja menyimpan bakteri untuk menyebarkan racun dari ludahnya.

Jika Gurita Cincin Biru ini menggigit manusia, maka kandungan tetrodotoxin dalam air liutnya akan memberi kelumpuhan padanya. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit racun tersebut untuk menyebar dan memberi sensasi sakit pada tubuh.

Dari 10 binatang laut paling berbahaya di atas, catatan terpenting adalah jangan mudah tertarik dengan sesuatu yang memiliki warna terang menyala. Tentu saja melihat biota laut dengan warna cerah adalah hal yang menarik perhatian. Namun, rata-rata biota asing dengan warna menyala di laut seringkali adalah mahluk yang berbahaya. Jadi, pastikan kamu memahami apa yang kamu lihat sebelum menyentuh atau mendekatinya ya!



Leave a Reply