Jelajahi 10 Air terjun di Nusa Tenggara Barat Bikin Hati Adem


prita  August 26, 2020  0 Comment

Berbicara soal pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat memang tidak pernah ada habisnya. Nusa Tenggara Barat memang terkenal dengan Pulau Lombok yang mana pulau ini memiliki sejuta pantai yang indah dan menawan serta Gunung Rinjani yang megah. Selain pantai dan gunung, tentunya kamu juga bisa menemukan wisata alam lain di pulau ini yang tak kalah mengagumkan, yaitu wisata air terjun. Nusa Tenggara Barat memang memiliki banyak sekali wisata air terjun yang sangat indah, misalnya seperti Air terjun di Nusa Tenggara Barat ini yang tak boleh kamu lewatkan

1. Air Terjun Mata Jitu, Sumbawa

air terjun mata jitu
dejournal.id

Air terjun di Nusa Tenggara Barat yang pertama adalah Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini sering juga disebut sebagai Air Terjun Lady Diana karena Lady Diana pernah berkunjung ke air terjun ini dan menghabiskan waktu untuk bermain air disini.

Air terjun ini berada di Pulau Moyo, tepatnya di Desa Labuhan Aji, Labuhan Badas, Sumbawa. Air Terjun Mata Jitu ini memiliki aliran air yang sangat tenang dan berwarna hijau kebiruan yang jernih. Menariknya lagi, terdapat 7 kolam diekitar air terjun yang airnya tidak kalah jernih, sayangnya kolam alami ini tidak boleh digunakan untuk mandi ataupun berenang. Namun, kamu tidak perlu berkecil hati karena pengelola wisata ini sudah menyiapkan spot khusus untuk wisatawan yang ingin berenang di air terjun ini.

Gotravelly

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Yang Sejernih Kaca

2. Air Terjun Sendang Gile, Lombok Utara

air terjun sendang gile
befreetour.com

Air terjun di Nusa Tenggara Barat selanjutnya adalah Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini masih berada satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara.

Air Terjun Sendang Gile ini menjadi titik utama nagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani melalui jalur Senaru. Karena berada di kaki Gunung Rinjani, maka air yang mengalir tentu masih sangat bersih, jernih dan menyegarkan, tak heran jika banyak orang menyebut air terjun ini adalah yang paling indah di Nusa Tenggara Barat.

3. Air Terjun Tiu Kelep, Lombok Utara

air terjun tiu kelep
genpi.co

Berada di desa yang sama dengan Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep juga menjadi salah satu air terjun di Nusa Tenggara Barat yang tak boleh kamu lewatkan. Air terjun ini memiliki aliran air yang berasal dari Danau Segara Anakan di Puncak Gunung Rinjani.

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian mencapai 42 meter dan bertingkat-tingkat dengan debit air yang cukup deras. Dibawahnya terdapat sebuah kolam alami yang tidak terlalu dalam sehingga kola mini sangat cocok untuk berenang. Nama Tiu Kelep diambil dari Bahasa Sasak yang berate Kolam Terbang, hal ini menggambarkan kondisi air terjun yang buih airnya beterbangan dikolam.

4. Air Terjun Tiu Teja, Lombok Utara

 Air Terjun Tiu Teja
wisatabaru.com

Masih di Kabupaten Lombok Utara, selain Air Terjun Sendang Gile, kamu bisa menemukan air terjun lain yang tak kalah cantik, yaitu Air Terjun Tiu Teja. Air terjun ini berada di Desa Santong, Kayangan, Lombok Utara atau sekitar 60 kilometer dari pusat kota Mataram.

Air Terjun Tiu Teja memiliki ketinggian mencapai 40 meter yang berada tersembunyi diantara hutan belantara Gunung Rinjani yang masih alami.Air terjun ini memiliki dua mata air terjun yang mengalir berdampingan dan pada saat tertentu akan muncul pelangi diantara bias titik-titik air yang mengalir bila terkenal sinar matahari. Hal ini tentu semakin menambah keindahan Air Terjun Tiu Teja ini. Tak heran jika Air Terjun Tiu Teja ini menjadi salah satu air terjun terindah di Nusa Tenggara Barat.

5. Air Terjun Sekeper, Lombok Utara

air terjun sekeper
sasambotour.com

Selain Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Tiu Teja, Air terjun yang tak kalah cantik di Lombok Utara adalah Air Terjun Sekeper. Air Terjun Sekeper ini berada di Desa Santong, Kanyangan dan menjadi salah satu air terjun di Nusa Tenggara Barat yang sering dikunjungi wisatawan.

Air terjun ini memiliki tinggi hingga 113 meter dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Meskipun untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, namun perjuangan tersebut akan sebanding dengan pemandangan yang akan kamu dapatkan.

6. Air Terjun Mangku Sakti, Lombok Timur

 Air Terjun Mangku Sakti
pagitrans.com

Air terjun di Nusa Tenggara Barat berikut ini berada di Kabupaten Lombok Timur, tepatnya di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Mangku Sakti yang sering kali disebut sebagai salah satu air terjun terindah di Nusa Tenggara Barat.

Air Terjun Mangku Sakti ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan tebing berbatu dimana dindingnya berwarna putih. Dibawah aliran air terjunnya terdapat kolam alami seluar 15 meter persegi dengan kedalaman antara 2 hingga 4 meter. Uniknya, air di kolam ini tidak bening melainkan berwarna putih kehijauan karena terdapat kandungan belerang yang dipercaya mempu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Air yang berasal dari air terjunini berasal dari Sungai Putih yang sumbernya dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

7. Air Terjun Jeruk Manis, Lombok Timur

 Air Terjun Jeruk Manis
radarlombok.co.id

Air terjun di Nusa Tenggara Barat yang satu ini juga berada di kabupaten Lombok Timur, tepatnya di Desa Kembang Kuning, Sikur. Air Terjun Jeruk Manis ini berada di sebelah selatan Taman Nasional Gunung Rinjani, maka tak heran jika kawasan air terjun ini memiliki hawa yang sangat sejuk.

Air Terjun Jeruk Manis memiliki air yang jernih berpadu dengan pemandangan alam yang hijau menyegarkan. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 40 meter dengan debit air yang sangat jernih dan bersih.

8. Air Terjun Kuda Sembrani, Lombok Timur

Air Terjun Kuda Sembrani
twitter.com

Air terjun di Nusa Tenggara Barat selanjutnya masih berada di Kabupaten Lombok Timur, tepatnya di Desa Sajang, Sembalun. Air Terjun Kuda Sembrani ini menjadi objek wisata yang cukup menarik perhatian banyak wisatawan.

Untuk mencapai air terjun ini tentu dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, namun hal tersebut akan terbayar ketika kamu bisa menyaksikan langsung indahnya air terjun dengan dinding batu yang sangat cantik. Ditambah lagi terdapat kolam alami dibawahnya yang luas dan relative dangkal.

9. Air Terjun Dewi Selendang, Lombok Timur

Air Terjun Dewi Selendang
suarantb.com

Masih di Sembalun, Lombok Timur, ada salah satu air terjun yang tak boleh kamu lewatkan. Air terjun ini bernama Air Terjun Dewi Selendang dan memiliki pemandangan yang luar biasa cantiknya.

Air terjun ini memiliki pola aliran yang meliuk bagaikan selendang, tak heran jika pemandangannya terlihat sangat menawan. Air terjun ini memecah arah yang kemudian jatuh di dua pancuran yang berbeda. Tak hanya itu, pemandangan air terjun ini berpadu dengan bebatuan yang indah dan babat belukar hijau sehingga memberi kesan asri.

10. Air Terjun Benang Kelambu, Lombok Tengah

air terjun benang kelambu
backpackerjakarta.com

Beranjak ke Kabupaten Lombok Tengah, disini kamu bisa menemukan salah satu air terjun di Nusa Tenggara Barat yang terkenal cukup indah. Air terjun ini bernama Air Terjun Kelambu yang berlokasi di Desa Aik Berik.

Disebut Sebagai Air Terjun Benang Kelambu karena airnya yang mengalir dari atas bukit sangat tipis dan lembut, mirip dengan kelambu. Air terjun ini alirannya mengalir di sela-sela pohon gambung yang rindang sehingga menghadirkan suasana yang asri dan segar. Suara airnya yang jatuh pun tidak terlalu berisik sehingga memberikan efek yang tenang dan alami. Aliran air terjun ini pun tidak terlalu kuat sehingga pengunjung bisa mandi dibawah alirannya. Konon, jika mandi di air terjun ini bisa menjadikanmu awet muda, lho.



Leave a Reply