Keindahan di balik legenda air terjun mangku sakti lombok

air terjun mangku sakti lombok

fandyachmad | Tourist
Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | Waterfall
24 Sep 2018


Keindahan di balik legenda air terjun mangku sakti lombok
Pesona pulau lombok memang tak bisa di ragukan lagi ni guys dan salah satunya adalah sebuah air terjun yang kini mulai naik daun dan di gandrungi oleh para traveller saat berkunjung ke pulau lombok yaitu air terjun mangku sakti.

How to Get There

Air terjun mangku sakti ini terletak di desa sajang kecamatan sembalun nusa tanggara timur. Dari pusat kota  mataram berjarak 97 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda 4 ataupun 2 selama 3 jam perjalanan. Air terjun mangku sakti ini masih berada di kawasan taman nasional gunung rinjani. Letaknya tepat berada di kaki gunung rinjani sehingga jika kita berkunjung kesini akan mendapatkan suasana asri ala pegunungan. Air terjun mangku sakti ini memiliki ketinggian 40 meter dengan warna air hijau toska karena aliran air terjun mangku sakti ini berasal dari danau segara anakan gunung rinjani jadi airnya mengandung belerang. Oh ya ni guys karena banyak mengandung  belerang  pada aliran airnya di percaya bahwa airnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

air terjun mangku sakti lombok

Bagaimana cara untuk menuju ke air terjun magku sakti ???

Dari pusat kota mataram memang sangatlah jauh ni guys , butuh 3 jam perjalanan untyk sampai disana. Namun di sepanjang perjalanan kita akan di manjakan oleh pemandangan serta keindahan pulau lombok dari berbagai macam sudut. Ada 2 jalur yang bisa kita lalui untuk menuju ke air terjun mangku sakti , pertama via lingkar barat dimana dari kota mataram anda akan melalui jalan beraspal di pinggir pantai sebelah barat pulau lombok hingga sampai di desa bayan lombok utara. Kedua via timur lombok , nah rute ini menjadi rute favorit saya ni guys karena kita akan memasuki kawasan pusuk sembalun dimana disini kita akan di manjakan view pegunungan yang sangat indah nan eksotis, dari kota mataram ambil saja arah ke timur dan cari arah ke sembalun lalu menuju ke desa sajang. Nah setelah sampai di desa sajang anda akan menemukan papan petunjuk serta baliho besar air terjun mangku sakti di kiri jalan. Nah sesampai di pintu masuk air terjun mangku sakti anda akan di kenakan retribusi masuk sebesar Rp.5000/org , setelah itu kita masih harus melakukan perjalanan menuju ke parkiran motor melalui jalan yang lumayan ekstreem dan mobil tidak bisa mausk karena jalan yang hanya bisa di lalui oleh roda 2 saja ni guys sepanjang 3 km. Nah bagi kalian yang membawa mobil anda bisa mengojek dengan tarif Rp.50.000/org PP. Petaman kita akan melewati hamparan padang rumpit yang sangat indah lalu jalan berubah menjadi semakin sempit bebatuan dengan konstruksi jalan naik turun selama 2 km hingga sampai di parkiran. Nah akhirnya setelah perjuangan yang luamayan menguras tenaga tadi kta sampai di sebuah bedeng di bawah pohon rindang dan disini terdapat papan petunjuk air terjun mangku sakti. Untuk menuju ke air terjun kita masih melanjutkan tracking sepanjang 500 meter hingga sampai di tujuna utama ni guys. Jadi kebayang tidak bagaimana perjuanagn selama menuju ke air terjun mangku sakti ini. 

What to Do

Apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

Setelah memarkirkan motor tadi guys , kita akan tracking selama 30 menit melewati hutan kecil yang relatif menurun dengan kanan kiri pepohonan yang sangat rimbun sehingga membuat perjalanan ini sejuk dan sesekali kita akan di temani oleh suara burung ataupun hewan dari di hutan ini guys. Nuansa alami dan sejuk akan kita dapatkan selama menuju ke air terjun mangku sakti. Dan akhirnya setelah 30 menit kita sampai di aliran sungai yang terlihat begitu indah berwarna hijau toska dengan di dominasi bebatuan yang sangat indah. Lelahnya perjalanan akan terbayarkan disini guys apagi sat kita sampai di tujuan utama yaitu di bawah aliran air terjun mangku sakti ini guys. Capek yang di campur dengan keringat akibat perjuangan yang menguras tenaga tadi seakan hilang seketika saat memandangi air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter berwarna hijau toska dengan kolam alami di bawahnya yang begitu indah di tambah lagi dinding bebatuan yang sangat kokoh seakan kita menemukan sebuah surga kecil di dalam hutan. Setelah memandangi indahnya ciptaan tuhan disini , kita bisa mencicipi sejuknya aliran airnya ni guys , kita bisa bermain sambil berfoto di tepian air terjun dengan beckground air terjun yang sangat indah adalah hal yang wajib kita lakukan disini. Kedalaman air terjun ini umayan dalam berkisar 2 sampai 4 meter ni guys jadi sangat tidak recomended untuk berenang di kolam bawah air tejrunnya apalagi aliran air terjun yang sangat besar dan deras.  Jadi lebih baik bermain air di sekitaran kolam atau di aliran sungai yang dangkal jauh lebih aman ni guys.

air terjun mangku sakti lombok

Lalau mengapa di namakan air terjun mangku sakti ???

 Menurut cerita warga local , dahulu ada seorang juru kunci di kaki gunung rinjani yang bernama Titi kasutra. Mangku dalam bahasa indonesia berarti sang penjaga gunung. Mangku tersebut mempunyai seekor kuda yang menurut warga setempat kuda tersebut bernama kuda sembrani. Namun setelah mangku tersebut meninggal , warga setempat menemukan 3 air terjun di kaki gunung rinjani yaitu mangku sakti , mangku kodeq dan terakhir kuda sembrani. Dan konon katanya saat warga menemukan air terjun mangku sakti tersebut di bebatuan pinggir air terjun terdapat sebuah bebatuan yang menyerupai wajah orang hingga di yakini bahwa itu wajah dari sosok sang mangku tersebut.

 

air terjun mangku sakti lombokair terjun mangku sakti lombok





Tips and Trick

Tips saat berkunjung ke air terjun mangku sakti :

 

  1. Lebih baik berkunjung saat musim kemarau jadi jalan menuju ke air terjun tidak licin
  2. Pakailah sandal anti selip dan nyaman di kaki
  3. Jangan berenang di kolam bawah air terjun karena terdapat pusaran yang bisa membahayakan meskipun anda pandai berenang
  4. Bawalah bekal makanan atau minuman karena di area air terjun jarang ada yang berjualan
  5. Jika anda ragu menuju ke air terjun sewalah giude local untuk memandu anda menuju ke air terjun mangku sakti
  6. Naik ojek lebih aman dari pos loket masuk  jika anda belum pernah melewati medan yang lumayan ekstreem saat menuju ke air tejrun.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.