10 Air Terjun di Rumania, Jelajah dengan Pemandangan Terbaik


Jehan  November 16, 2022  0 Comment

Negara yang terletak di Eropa bagian Tengah dan Tenggara dan memiliki populasi gipsi terbesar di Eropa ini terkenal dengan kekayaan alamnya yang cantik. Salah satunya adalah air terjun di Rumania yang banyak menarik perhatian para wisatawan.

Apabila kamu berencana berlibur ke negara ini, jangan lupa masukkan daftar jelajah air terjun di Rumania ke dalam deretan rencana yang kamu punya. Selain karena pemandangannya yang cantik, kamu akan merasakan petualangan yang sangat seru.

Di mana sih air terjun yang ada di Rumania? Yuk simak artikel di bawah ini!

1. Cascada Cailor

cascada cailor
libertatea.ro

Cascada Cailor atau biasa dikenal dengan Horses waterfall merupakan air terjun yang cukup terkenal di Rumania. Letaknya ada di pegunungan Rodna, cagar alam Piatra Rea. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari sebuah resor wisata Borsa, jarak tempuhnya sekitar 3 km.

Cascada Tailor merupakan air terjun tertinggi di Rumania dengan ketinggian mencapai 80 m. Air terjun ini bersumber dari sungai Fantana yang muncul dari dataran tinggi Podul Cailo yang terbagi dalam beberapa anak tangga.

Terdapat sebuah legenda kuno mengenai asal-usul sebuah nama dari Cascada Tailor. Dahulu ada sebuah badai besar yang menahan sekawanan kuda untuk melarikan diri dari ancaman seekor beruang. Hingga akhirnya kuda-kuda tersebut terpojok sampai ke tepi jurang, dan melompat ke dalam jurang yang membuat kuda-kuda mati.

Ujung jurang yang menjadi pijakan terakhir dari kuda-kuda sebelum melompat itu dipercaya sebagai sebuah titik utama air terjun Cascada Tailor mengalir.

Saat kamu ingin berkunjung ke Cascada Tailor titik terbaik untuk memulai perjalananmu adalah melalui resor Borsa, dari jalur puncak pegunungan Rodna. Kamu akan dituntun dengan simbol segitiga merah yang telah dipasang sebagai penunjuk arah menuju air terjun. Sekitar 2 hingga 3 jam waktu yang kamu butuhkan untuk sampai ke tujuan.

Jika kamu khawatir akan kelelahan, kamu bisa menggunakan ski-lift yang ada di sana, dengan waktu tempuh yang lebih singkat. Meskipun memakan waktu sejenak untuk menuju Cascada Tailor, perjalanan yang kamu tempuh tersebut tidak akan membuat kecewa. Pemandangan indah yang menakjubkan akan selalu menemanimu selama menjelajahi air terjun di Rumania.

Gotravelly Review

Baca juga: Pesona Air Terjun Jagir Yang Bikin Lupa Diri

Baca juga: Warung Layana, Makan Murah Meriah Dengan Pemandangan Air Terjun

2. Scorusu Waterfall

scorusu waterfall
pinterest.com

Scorusu merupakan salah satu air terjun di Rumania yang berada di daerah Malaia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan yang lainnya 20 meter.

Perjalananmu akan dimulai ketika kendaraan yang kamu gunakan berhenti di arena parkir di sana. Waktu tempuh yang dibutuhkan dengan berjalan kaki ke air terjun ini akan memakan waktu sekitar 40 hingga 45 menit. Pemandangan dengan bebatuan besar akan menyambutmu.

Kakimu akan melangkah pada permukaan medan yang memiliki kemiringan cukup tajam. Jadi, saat kamu ke sini pastikan persiapanmu cukup matang untuk menempuh perjalanan menuju air terjun di Rumania ini. Kamu bisa menggunakan alas kaki atau sepatu yang sesuai untuk dipakai dengan medan yang penuh dengan tanjakan batu.

Selama perjalanan menuju ke Scorusu kamu akan ditemani aliran air yang akan menuntunmu sampai pada tujuan. Selain itu, saat kamu merasa lelah di tengah perjalanan, kamu bisa beristirahat sejenak dan menikmati buah blackberry yang dapat kamu ambil dari semak-semak liar yang akan sering kamu temui selama perjalanan.

Semakin dekat dengan titik tujuan, kamu akan disambut dengan suasana yang lebih menyenangkan dengan udara yang semakin sejuk dan segar.

Jika kamu sangat suka menjelajah dengan medan yang cukup menantang, maka Scorusu akan menjadi tempat yang cocok untukmu!

3. Bride’s Veil Waterfall

bride's veil waterfall
romanniajournal.ro

Air Terjun Bride’s Veil merupakan salah satu air terjun di Rumania yang dapat kamu kunjungi saat berlibur di musim semi atau musim dingin. Letaknya ada di pegunungan Apuseni, jaraknya sekitar 80 km dari Cluj – Napoca.

Lokasi air terjun ini tidak ramai, sehingga sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mencari ketenangan saat berlibur. Bridal’s Veil memiliki akses yang tidak sulit untuk dijelajah. Pemandangan indahnya akan membawamu rehat sejenak dari realita kehidupan. Apa kamu tertarik ke tempat ini?

4. Evantai Waterfall

evantai waterfall
freepik.com

Air terjun Evantai dapat ditemukan di Pegunungan Alpen Transylvania. Letaknya berada di lembah Izbucul Galbenei. Air terjun ini dikenal sebagai salah satu air terjun spektakuler di ngarai Galbenei.

Air terjun dengan bentuk menyerupai kipas ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 10 meter. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu dapat menemui sebuah gua di bagian atas air terjun Evantai.

Tentu saat kamu berkunjung ke air terjun Evantai ini, kamu harus menyempatkan waktu untuk bisa menikmati pemandangan yang apik dari gua tersebut. Apa kamu tertarik?

5. Bigar Cascade

bigar cascade
friendschoices.com

Bigar Cascade merupakan air terjun yang berada di taman nasional Cheile Nerei- Beusnita di area seluas 176 hektar. Lokasinya ada di bagian Barat Daya Rumania, Caras-Severin, tidak jauh dari sungai Anina.

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terindah di Eropa. Tidak hanya itu saja, Bigar Cascade masuk ke dalam daftar air terjun istimewa di dunia.

Air terjun dengan deretan pencapaian penghargaan indahnya ini terkenal karena memiliki formasi yang memiliki bentuk seperti lonceng. Datang ke Bigar Cascade seperti masuk ke dalam negeri dongeng.

Apabila kamu berkunjung ke air terjun ini ketika musim dingin, kamu akan mendapatkan pemandangan yang mempesona. Aliran sungai kecilnya akan terlihat membeku karena suhu permukaan dan air yang minus.

Kamu akan melihat air terjun yang mengalir dari ketinggian sekitar 4 hingga 5 meter ini turun dan memecah ke dalam formasi bentuk lonceng atau bahkan ada banyak yang mengatakannya seperti jamur. Selain itu beragam jenis tanaman dan tumbuhan akan membuatmu semakin takjub dengan pemandangan luar biasa dari Bigar Cascade.

Air terjun Bigar Cascade sangat cocok kamu datangi jika kamu ingin menjelajah dengan rute yang singkat. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke air terjun ini sekitar satu setengah jam.

6. Cascada Urlatoarea

cascada urlatoarea
viator.com

Cascada Urlatoarea atau dikenal juga dengan Howling waterfall merupakan air terjun yang cukup populer di Rumania. Air terjun ini tidak luput dari kunjungan para pecinta alam. Cascada Urlatoarea memiliki tinggi sekitar 15 meter. Letaknya berada di pegunungan Bucegi.

Nama air terjun ini diambil karena memiliki suara air yang keras. Tidak hanya itu, beberapa orang juga mengatakan jika nama air terjun ini diambil dari kisah seorang wanita yang tidak berhenti menangis.

Air terjun ini cukup dekat dengan destinasi wisata di Rumania yang lainnya seperti kastil Peles, gereja Harman – Prejmer.

7. Capra Waterfall

capra waterfall
exploretransfagarasan.ro

Air Terjun Capra adalah destinasi air terjun yang mudah diakses dari Pegunungan Fagaras. Letaknya berada di dekat Transfagarasan, di lereng sisi selatan Fagaras.

Air terjun Capra merupakan air terjun terbesar kedua setelah air terjun Bales. Dengan ketinggian 40 m dan titik mata airnya adalah danau Capra pada ketinggian 2150 m.

Air Terjun Cabra berlokasi di Argesh pada ketinggian 1690 m di atas permukaan laut, dan dialiri oleh Danau Cabra yang terletak di ketinggian sekitar 2241 m. Air terjun Capra juga menjadi salah satu destinasi wisata air yang dibilang indah di negara Rumania.

Air terjun Cabra memiliki formasi alam yang cukup unik, di mana kamu bisa melihat air dengan warna biru dan pemandangan indah lainnya dari gunung yang membentang sebagai latar belakangnya. Kamu juga bisa melihat jalur ski, atau orang yang sedang hiking atau panjat tebing di sana.

8. Vadu crisului waterfall

vadu crisului
dreamstime.com

Air terjun Vadu Crisului terletak di lanskap yang sangat luar biasa indahnya di daerah pegunungan Padurea Craiului. Letaknya di sisi kiri sungai Crisul Repede, tidak jauh dari pintu masuk Gua Vadu Crisului.

Air terjun di Rumania ini dikenal sebagai air terjun terindah di Rumania karena pemandangan alamnya yang menarik perhatian. Sejak tahun 1955 daerah di kawasan air terjun ini dengan Gua Vadu Crisului dan seluruh ngarai yang ada di sana telah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam.

Rute perjalanan yang bisa kamu pilih untuk sampai ke Vadu Crisului ini kamu bisa naik kereta api ke stasiun Pestera di rute Cluj-Oradea. Atau dengan kereta api ke Vadu Crisului atau Uncuius dan kemudian berhenti di pemberhentia Gua.

Rute lainnya jika kamu datang menggunakan mobil dari Vadu Crisului, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di sebuah lapangan sepak bola Vadu Crisulu. Lalu berjalan mengikuti rel kereta api atau mengikuti rute merah Cerc yang baru.

Apabila kamu menempuh dari arah sebaliknya yakni uncuuis, maka kamu dapat memarkirkan kendaraanmu di Uncuiu, lalu melanjutkan perjalanan menuruni rel ke pemberhentian di Gua.

9. Beusnita Waterfall

beusnita waterfall
travelguideromania.com

Air terjun Beusnita atau dikenal dengan Cascada Beusnita merupakan salah satu air terjun di Rumania yang berlokasi di Parcul National Cheile Nerei, Beusnita, di wilayah Caraș-Severin, Rumania.

Air terjun ini masuk ke dalam bagian taman nasional Nerei. Saat ingin berkunjung ke air terjun Beusnita, kamu harus memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Tentu saja saat kamu datang di musim kemarau, kamu tidak akan menemukan air terjun di sini. Datanglah di musim semi atau musim dingin, maka Beusnita akan memberikanmu pengalaman jelajah yang menarik.

Air terjun Beusnita memiliki tinggi sekitar 12 m yang dibilang mirip dengan air terjun Prancis Prancis Baume les Messieurs di Jura.

Jika perjalananmu dimulai dari Potoc, kamu dapat melewati Cascada La Vaioaga terlebih dahulu sebelum akhirnya sampai di Cascada Beusnita. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dengan berjalanan kaki ini, kurang lebih sekitar dua jam lamanya.

10. Cascada Treznea

cascada treznea
mapio.net

Treznea adalah sebuah lembah yang menyimpan air terjun di dalamnya. Apabila kamu menyukai berkemah, tempat ini sangat cocok untukmu. Salah satu air terjun yang dapat kamu nikmati setelah salju mencair atau setelah hujan deras turun.

Air terjun di Rumania ini tidak begitu tinggi dan besar. Tapi tetap saja, air terjun ini akan memberikanmu liburan yang menyenangkan dengan aliran airnya dan pemandangan alam.

Dari 10 air terjun di Rumania tersebut, mana yang menarik hatimu? Tapi ke mana pun tujuan air terjun yang ingin kamu kunjungi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu ya. Pastikan sepatu yang kamu gunakan cukup kuat untuk menuntunmu menjelajahi air terjun di Rumania.



Leave a Reply