11 Wisata Religi Jawa Timur Incaran Para Wisatawan


Reni  July 6, 2018  0 Comment

Wisata religi Jawa Timur selalu populer dikunjungi banyak wisatawan saat hari biasa dan akan melonjak drastis saat memasuki bulan Ramadhan. Selain untuk menambah wawasan, kehadiran wisata religi juga menjadi sarana beribadah umat muslim. Nah, khusus bagi Anda yang berada di kawasan Jawa Timur, berikut ini akan kami ulas ringkasan tentang 11 wisata religi di Jawa Timur incaran para wisatawan. Yuk, simak dan jadikan referensi wisata religi kunjungan Anda.

1. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat

ombonejagad.com

Makam Sunan Drajat menjadi salah satu wisata religi terbaik yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang berencana berlibur di kawasan Jawa Timur. Sunan Drajat sendiri dikenal sebagai tokoh yang mengajarkan sekaligus membantu menyebarkan agama Islam di kawasan Lamongan, Jawa Timur.

Beliau senantiasa mengembangkan dan menyebarkan Islam sepanjang hidupnya sehingga begitu dikenal dan dihormati oleh masyarakat setempat. Makam Sunan Drajat berada di Lamongan, Jawa Timur, bahkan telah ada pula museum Sunan Drajat yang dibuat secara khusus untuk mengenang jasa Sunan Drajat.

review wisata

Jl. Panggung Surabaya : Satu Lagi Spot Foto Klasik Di Surabaya Yang Penuh Sejarah

Taman Suroboyo Hingga Naik Perahu: Sisi Lain Kota Surabaya Nih!

2. Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri

disparbud.gresikkab.go.id

Selanjutnya ada makam Sunan Giri yang berlokasi di daerah perbukitan, tepatnya berada di kecamatan Kebomas, kota Gresik, Jawa Timur. Tidak jauh berbeda dengan makam Sunan Drajat, masyarakat setempat juga menghormati jasa Sunan Giri dan menjadikannya sebagai wisata religi yang laris dipenuhi saat hari biasa, terlebih saat libur panjang memasuki bulan Ramadhan.

Baca juga :  10 Gunung Pendakian di Sumatera, Keindahannya Luar biasa

Selain berwisata religi fi makam Sunan Giri, para pengunjung juga berkesempatan mengunjungi makam-makam kerabat Sunan Giri yang berlokasi di kota Gresik dan sekitarnya.

3. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang

tubankab.go.id

Makam Sunan Bonang ialah satu dari sekian banyak wisata religi Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi. Makam Sunan Bonang berlokasi di sebelah alun-alun kota Tuban, provinsi Jawa Timur. Tidak hanya berwisata religi, para pengunjung makam juga berkesempatan untuk beribadah di masjid Sunan Bonang, Jawa Timur. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa bersantai ria di alun-alun kota Tuban sambil menikmati jajanan khas kota Tuban yang dijual oleh para pedagang kaki lima.

4. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel

youtube.com/watch?v=uAQZVPL7ReM

Berikutnya ada makam Sunan Ampel yang juga berlokasi di Jawa Timur, tepatnya berada di kota Surabaya, Jawa Timur. Wisata religi yang satu ini berada di area pecinan dan sangat dekat dengan kampung Arab.

Dijamin, wisata religi Anda akan lebih berkesan dan lebih menyenangkan karena bisa menyaksikan dua kebudayaan bersatu dalam satu area. Ingat, jangan lupa memasukkan makam Sunan Ampel ke dalam list wisata religi yang wajib dikunjungi.

5. Makam KH Abdurrahman Wahid

Makam KH Abdurrahman Wahid

boemiraya.blogspot.com

Makam KH Abdurrahman Wahid telah menjadi salah satu wisata religi di kawasan Jawa Timur yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat hingga ke luar daerah. Wisata religi yang satu ini berada di kawasan Jombang yang memang dikenal sebagai kawasan pengembangan Pondok Pesantren Tebu Ireng.

Jombang juga dikenal sebagai kota kelahiran Presiden RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gusdur. Saat Anda mengunjungi ke makam Gus Dur, hampir semua makam disana dibuat tanpa nama. Hanya saja, makam Gusdur terlihat berbeda karena hiasan beragam bunga di atas pusaranya.

Baca juga :  Football Lovers, Kunjungi 10 Museum Sepak Bola di Dunia

6. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

swetadwipa.blogspot.com

Bukan hanya makam Sunan Giri, di kawasan Jawa Timur terdapat pula wisata religi yang bernama Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. Masyarakat setempat juga mengenalnya dengan makam Sunan Gresik karena makam yang berlokasi di kawasan Gresik, Jawa Timur.

Komplek pemakaman Syekh Maulana Malik Ibrahim ini lebih tua dari semua Wali Songo dan menyimpan berbagai situs sejarah, salah satunya ialah makan Adipati Tumenggung dan keluarga besar kerajaan Majapahit. Anda bisa mempelajari silsilah budaya Jawa, dari nama tokoh legenda hingga sejarah penting lainnya.

7. Makam Mbah Hamid

Makam Mbah Hamid

mapio.net

Makam Mbah Hamid Pasuruan telah menjadi satu dari sekian banyak wisata religi yang tersebar di kawasan Jawa Timur. Mbah Hamid sendiri merupakan salah satu keturunan Sunan Gunung Jati yang berperan penting dalam menyebarkan agama Islam di kawasan Pasuruan. Makam Mbah Hamid Pasuruan berada di sebelah utara alun-alun Pasuruan dan hampir setiap harinya dipenuhi oleh para pengunjung.

8. Makam Sunan Bejagung Lor

Makam Sunan Bejagung Lor

youtube.com/watch?v=-8YYa3edZiQ

Bagi Anda yang berencana mengunjungi wisata religi di kawasan Jawa Timur, maka pastikan Anda mengunjungi makam Sunan Bejagung Lor. Perlu diketahui, Sunan Bejagung Lor atau bernama lengkap Sayyid Abdullah bin Sayyid Jamal Asy’ari Kubro. Beliau ini merupakan tokoh agama yang masih memiliki garis keturunan dengan nabi Muhammad.

Beliau datang ke tanah Jawa untuk membantu menyebarkan luaskan agama Islam dan ikut serta membantu menyelesaikan beragam permasalahan yang dialami masyarakat setempat, termasuk masalah ekonomi yang kerap dialami masyarakat di kawasan Jawa Timur. Makam Sunan Bejagung Lor berada di desa Bejagung Semanding, tepatnya berlokasi dari 2 KM di selatan pusat kota Tuban.

Baca juga :  10 Destinasi Terbaik Menikmati Musim Gugur di Jepang

9. Masjid Tiban Turen

Masjid Tiban Turen

bello.id

Tidak hanya memiliki wisata religi berupa makam para tokoh penting saja, Anda juga bisa mengunjungi ragam wisata religi berupa masjid di kawasan Jawa Timur. Salah satunya ialah masjid Tiban Turen yang berlokasi di kawasan Malang, tepatnya berada di Desa Sananreji Turen.

Masjid Tiban Turen ini juga sering disebut dengan masjid pintu seribu yang terdiri dari 10 lantai dengan seni arsitektur yang amat sangat mengagumkan. Di bagian dinding relief terdapat pemandangan unik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

10. Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko

Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko

visitingtuban.blogspot.com

Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko telah menjadi salah satu wisata religi terbaik di kawasan Jakarta Timur. Tidak hanya dikenal sebagai kota kurator, ternyata Tuban juga dijuluki dengan kora seribu goa. Bahkan terdapat sebuah masjid yang di dalam goa atau dikenal sebagai Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko. Masjid ini berada di jalan Gedungombo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Meskipun berada di dalam goa, namun tidak membuat seni arsitektur tempat ini menjadi terbatas. Anda bisa melihat kemegahan dan keunikan di dalamnya yang terlihat sangat fantastis dan layak dimasukkan ke dalam list kunjungan Anda.

11. Kuil Kwan Sing Bio

Kuil Kwan Sing Bio

klikhotel.com

Tidak hanya menawarkan wisata religi untuk umat muslim, Anda juga bisa menemukan wisata religi untuk agama-agama lainnya di kawasan Jawa Timur. Hal ini bisa Anda lihat dari bangunan-bangunan Candi dari Kwan Sing Bio yang berlokasi di pusat daerah Tuban, bahkan telah menjadi salah satu kuil terbesar yang ada di kawasan Asia. Kuil Kwan Sing Bio menganut ajaran Tri Dharma, yakni Konfusianisme, Taoisme dan Buddhisme. Salah satu keunikan kuil ini bisa Anda temukan dari gerbang-gerbangnya yang menyerupai tandung kepiting dan berbagai ikon kuil yang melambangkan kepiting.

Penganut setempat meyakini jika lambang kepiting akan melindungi umat dari segala unsur-unsur kejahatan dan marabahaya. Pastikan Anda mengunjungi Kuil Kwan Sing Bio sebagai salah satu wisata religi Jawa Timur yang wajib dikunjungi.



Leave a Reply