Wisata di Balige Terpopuler, Kunjungi saat Liburan!


Fida  July 23, 2023  0 Comment

Balige merupakan sebutan bagi salah satu kawasan yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Meskipun namanya belum sepopuler daerah lain, tetapi Balige dikenal memiliki panorama alam yang menakjubkan serta banyaknya pilihan tempat wisata. Oleh karena itu, daerah jika banyak wisatawan yang datang karena penasaran dengan indahnya wisata di Balige.

Selain dapat menikmati indahnya Danau Toba, kamu juga akan dimanjakan dengan adanya perbukitan serta wisata lainnya seperti air terjun. Penasaran? Berikut daftar rekomendasi wisata di Balige yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan.

Wisata di Balige Yang Populer :

1. Pantai Samosir

pantai samosir
travel.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Pantai Samosir atau Pulau Samosir. Kawasan yang dikenal menyimpan banyak cerita legenda ini juga menjadi salah satu wisata di Balige yang tidak boleh kamu lewatkan. Lokasinya yang berada di tengah Danau Toba tentu menjadi daya tarik tersendiri. Selain dapat menikmati luasnya perairan, kamu juga akan dimanjakan dengan panorama pegunungan yang memukau.

Suasananya yang masih sangat alami menjadikan tempat ini sayang untuk kamu lewatkan. Bagi kamu yang ingin menenangkan diri maupun sejenak melepas penat, Pantai Samosir menjadi tujuan tepat untuk kamu datangi. Untuk tiba di lokasi, pengunjung harus menaiki kapal feri.

Alamat : Jalan Saribu Raja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Pahoda

pahoda
mediakepri.co

Pahoda menjadi salah satu pilihan wisata di Balige yang telah populer sejak tahun 1970. Wisata yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu dapat melihat langsung indahnya perbukitan yang berpadu dengan perairan luas serta langit yang biru. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat cuaca cerah. Karena dengan begitu, langit akan memancarkan keindahan yang sangat memanjakan mata.

Baca juga :  10 Jalur Pendakian Paling Mematikan di Dunia Sangat Menguji adrenalin

Selain bersantai, tidak jarang pengunjung yang menyempatkan berfoto dengan latar indahnya panorama alam yang ditawarkan. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk masuk dan menyusuri kawasan wisata ini. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000- per orang. Pahoda menjadi salah satu tujuan terbaik bagi kamu yang ingin berlibur dan menenangkan diri.

Alamat : Lumban Silintong, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

3. Pantai Lumban

pantai lumban
pantainesia.com

Bagi kamu pecinta wisata pantai, Pantai Lumban dapat menjadi tujuan wisata di Balige terbaik yang bisa kamu datangi. Terdapat banyak pilihan moda transportasi yang dapat dipilih untuk tiba di lokasi pantai. Untuk masuk dan menyusuri keindahannya, pengunjung juga dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau yakni Rp 5.000,- per orang. Terjangkau sekali bukan?

Selain dapat menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat mencoba berbagai kuliner lezat yang ditawarkan di sekitar pantai. Tidak hanya itu, pengunjung juga bebas bermain air dan berenang di sekitar pantai. Pantai Lumban merupakan tujuan terbaik yang akan menjadikan liburanmu semakin berkesan.

Alamat : Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

4. Makam Raja Sisingamangaraja XVII

makam sisingamangaraja xvii
visual.republika.co.id

Makam Raja Sisingamangaraja XVII juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Balige yang banyak didatangi oleh wisatawan. Makam ini memiliki bentuk segi empat dengan ukuran 3 x 4 meter. Selain dapat menjumpai adanya makam, kamu juga dapat melihat langsung sebuah prasasti yang berisi penjelasan mengenai Makam Raja Sisingamangaraja XVII.

Sebelum menjumpai makam, pengunjung harus melewati gapura kecil. Untuk datang dan berkunjung sekaligus berziarah ke Makam Raja Sisingamangaraja XVII, kamu tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Alamat : Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Baca juga :  9 Tempat Wisata Pantai di Tuban Buat Instagrammu Lebih Berwarna

5. Bukit Tarabunga

bukit tarabunga
travel.okezone.com

Ingin menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian? Kamu dapat datang dan mendaki Bukit Tarabunga. Bukit yang satu ini kerap dipilih sebagai tujuan wisata di Balige yang populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Dari pusat kota, kamu perlu menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 5 kilometer.

Waktu terbaik untuk datang ke bukit ini adalah di pagi dan sore hari. Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan panorama Danau Toba yang membentang luas. Bagi pecinta foto, Bukit Tarabunga menawarkan banyak spot instagramable yang sayang untuk dilewatkan. Selain luasnya danau, kamu juga dapat melihat langsung perbukitan dan persawahan di sekelilingnya.

Untuk menyusuri bukit ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Meskipun harus menguras tenaga, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di puncak bukit.

Alamat : Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

6. Wisata di Balige : Desa Meat

desa meat
medan.tribunnews.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Desa Meat? Desa Meat merupakan sebuah desa berlokasi tidak jauh dari Balige sehingga gelap dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Balige. Hal itu dikarenakan Desa Meat menyuguhkan panorama alam yang indah dan menakjubkan.

Untuk tiba di lokasi, pengunjung harus melewati jalanan yang terjal dan berbatu. Setibanya di Desa Meat, rasa lelah selama perjalanan tentu akan hilang dalam sekejap. Desa yang terletak di pinggir pantai Danau Toba ini menyuguhkan hamparan persawahan yang cantik serta pegunungan yang menjulang tinggi. Bagi kamu yang hobi memancing, tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan untuk membawa peralatan sebelum datang ke desa ini. Pasalnya, terdapat banyak wisatawan yang memancing karena perairan di dekat Desa Meat dikenal dengan ikannya yang banyak dan berukuran besar. Asik sekali bukan?

Baca juga :  10 Tempat Bersejarah Di Indonesia Saksi Kemerdekaan Indonesia

Alamat : Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

7. Wisata di Balige : Air Terjun Sigura-gura

air terjun sigura gura
connect-gateway.pln.co.id

Selain dapat menikmati indahnya danau, kamu juga dapat mengunjungi air terjun saat berburu wisata di Balige. Air Terjun Sigura-gura menjadi salah satu yang sangat populer karena memiliki ketinggian air terjun mencapai 250 meter. Selain dikenal dengan aliran airnya yang deras, Air Terjun Sigura-gura coba dikelilingi dengan pepohonan dan penghijauan di sekelilingnya. Oleh karena itu, tidak heran jika wisata Ini menyuguhkan suasana yang sejuk dan asri.

Air Terjun Sigura-gura sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat maupun sejenak menenangkan diri. Kamu dapat bersantai dan menikmati suara air yang jatuh dari ketinggian. Tidak hanya bersantai, Air Terjun Sigura-gura juga menawarkan berbagai aktivitas menarik, salah satunya adalah arung jeram. Kamu dapat menyusuri sungai dengan berbagai rintangan seru yang akan menjadikan liburanmu semakin berkesan.

Untuk tiba di lokasi, kamu dapat memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang untuk menikmati indahnya Air Terjun Sigura-gura.

Alamat : Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

source : https://www.youtube.com/@kQguwatalk

Itulah daftar rekomendasi wisata di Balige yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Dari daftar rekomendasi di atas, wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi saat berada di Balige?



Leave a Reply