Travelling di Saat New Normal? Berikut Tips Travelling Saat Pandemi


Fida  June 12, 2020  0 Comment

Pandemi Covid-19 menjadikan banyak aktivitas terhambat seperti sekolah, bekerja, hingga traveling. Seiring waktu berjalan, kini pemerintah akan menerapkan kebijakan new normal dimana beberapa tempat umum akan dibuka termasuk tempat wisata berikut tips travelling saat pandemi. Bagi Anda yang sudah bosan dan mengidamkan liburan, era new normal menjadi saat yang tepat dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Meskipun pemerintah mulai memberlakukan kebijakan new normal, Anda tetap harus mematuhi berbagai protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

1. Pastikan Bepergian dalam Keadaan Sehat

cek suhu tubuh
abouttng.com

Memastikan bepergian dalam keadaan sehat adalah salah satu tips travel di era new normal yang bisa Anda lakukan. Sebelum bepergian, minimal Anda harus melakukan cek suhu tubuh. Selain itu, pastikan tubuh dalam keadaan fit dan tidak lemas.

Jika saat melakukan cek suhu tubuh dan hasilnya melebihi atau kurang dari suhu normal, alangkah baiknya untuk tidak berangkat atau tidak melanjutkan perjalanan. Hal itu harus dilakukan guna meminimalisir penularan virus corona. Jika Anda sedang diserang penyakit ringan seperti batuk dan flu, menunggu benar-benar sehat adalah pilihan terbaik sebelum melakukan traveling.

Delicioso Bistro & Restaurant, Tawarkan Sajian Gluten Free

Kaya Serat, Asyiknya Ngunyah Salad Sayur Sehat Dan Segar

2. Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan

physical distancing
nasional.kompas.com

Salah satu tips travel di era new normal yang harus dipatuhi adalah menjaga jarak dan hindari kerumunan. Pastikan Anda berjarak minimal satu meter dengan orang lain. Misalnnya saat mengantri atau berada di ruang tunggu. Meskipun tidak ada pembatas, pastikan Anda bisa menjaga jarak dengan orang lain. Itu adalah salah satu hal yang harus dipatuhi yang bertujuan meminimalisir penyebaran virus corona.

Selain menjaga jarak, Anda juga diharuskan menghindari kerumunan saat bepergian di era new normal. Sebelum bepergian, pastikan Anda bisa menjaga diri dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada.

3. Bepergian Bersama Keluarga Dekat

family travel
vantourscostarica.com

Tips travel di era new normal selanjutnya adalah bepergian bersama keluarga dekat. Memilih untuk solo traveling atau bepergian sendiri hingga bepergian bersama keluarga dekat menjadi pilihan yang lebih baik jika dibanding dengan bepergian bersama orang lain di era new normal.

Di era new normal ini, alangkah baiknya untuk tidak bepergian bersama orang lain selain keluarga dekat atau keluarga inti saja. Hal itu harus dilakukan karena mengingat wabah covid-19 masih sangat rentan untuk menular. Meskipun memilih bepergian bersama keluarga inti, pastikan Anda tetap mematuhi berbagai protokol kesehatan dimanapun berada.

3. Sering Mencuci Tangan

mencuci tangan
halodoc.com

Saat bepergian, tanpa disadari tangan akan menyentuh banyak benda yang bisa jadi mengandung kuman atau virus. Salah satu tips travel di era new normal yang bisa Anda patuhi adalah sering mencuci tangan.  

Ada beberapa tahap mencuci tangan yang benar dan harus dilakukan seperti membilas sela-sela jari tangan, kuku, punggung tangan, dan lain-lain. Jangan lupa, wajib cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Selain itu, cuci tangan yang benar harus dilakukan minimal 20 detik lho. Saat bepergian, sering mencuci tangan adalah hal yang sangat disarankan.

5. Gunakan Masker dan Membawa Masker Cadangan

gunakan masker
kompas.com

Selain wajib mencuci tangan, menggunakan masker juga menjadi salah satu tips travel di era new normal yang harus dipatuhi. Beberapa tempat umum seperti mall hingga tempat wisata melarang masuk pengunjung yang tidak menggunakan masker. Oleh karena itu, masker menjadi sangat penting termasuk untuk menjaga kesehatan dan meminimalisir tertularnya virus corona.

Saat traveling, masker cadangan sangat dibutuhkan guna mengganti masker lama saat rusak atau kotor. Siapkan masker cadangan sebelum bepergian.

6. Membawa Handsanitizer

handsanitizer
ayobogor.com

Membawa handsanitizer menjadi salah satu tips travel di era new normal yang wajib dilakukan. Memakai handsanitizer adalah cara paling mudah untuk menghilangkan kuman di tangan setelah memegang benda asing.

Saat traveling, handsanitizer sangat dibutuhkan. Kemasannya yang kecil juga sangat memudahkan untuk dibawa kemana saja. Oleh karena itu, selalu ingat untuk membawa benda yang satu ini ya.

7. Berhati-hati dalam Menggunakan Fasilitas Umum

fasilitas umum
bisnis.tempo.co

Tips travel di era new normal yang harus Anda lakukan adalah berhati-hati dalam menggunakan fasilitas umum. Saat berada di bangku ruang tunggu hingga kendaraan umum misalnya, pastikan Anda tidak menyentuh barang yang sering disentuh oleh orang lain seperti gagang pintu, pegangan kursi, dan lain-lain.

Selain itu, banyak hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan fasilitas umum. Membawa kendaraan pribadi menjadi salah satu solusi pencegahan oenularan yang bisa Anda lakukan. Saat bepergian, alangkah baiknya selalu membersihkan tangan dengan handsanitizer dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

8. Memilih Alam Terbuka Sebagai Tujuan Wisata

wisata alam
hipwee.com

Salah satu tips travelling saat pandemi atau era new normal adalah memilih alam terbuka sebagai tujuan wisata. Banyak keuntungan yang didapat saat memilih alam terbuka sebagai tujuan wisata salah satunya Anda bisa merasakan udara yang alami dan tidak banyak menyentuh benda yang sering tersentuh orang lain.

Di era new normal ini, semua diharapkan dapat berwisata dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Jika Anda memilih datang ke alam terbuka seperti pantai dan gunung, setidaknya dapat meminimalisir penularan wabah covid-19 dibanding mendatangi wisata buatan dengan banyak wahana atau permainan.

9. Membawa Makanan dan Peratan Makan Pribadi

tempat makan pribadi
sfitandfits.com

Membawa makanan serta peralatan makan pribadi menjadi salah satu tips travelling saat pandemi yang bisa Anda lakukan. Hal itu harus dilakukan untuk meminimalisir penggunaan alat makan bersamaan atau bekas orang lain.

Membawa bekal makanan sehat saat traveling juga sangat disarankan. Contoh makanan sehat yang bisa dibawa antara lain sayur, buah, susu, daging, dan lain-lain.

10. Membawa Alat Ibadah Pribadi

alat ibadah pribadi
suara.com

Saat traveling, membawa alat ibadah pribadi menjadi salah satu tips travelling saat pandemi yang harus dipatuhi. Misalnya untuk umat muslim, menggunakan peralatan ibadah umum yang ada di tempat ibadah menjadi sangat beresiko di era new normal. Membawa peralatan ibadah pribadi kini menjadi hal yang wajib dipatuhi untuk mengurangi resiko penularan wabah covid-19.

Nah, di atas merupakan 10 tips travel di era new normal yang harus dipatuhi guna mengurangi tingkat penyebaran wabah covid-19. Siap traveling di era new normal?



Leave a Reply