7 Tips Nyaman Saat Mudik Agar Perjalanan Pulang Mengasyikkan


Reni  June 1, 2019  0 Comment

Tips nyaman saat Mudik dijamin membuat anda nyaman dan tenang selama dalam perjalanan. Mudik adalah salah satu kebiasaan yang terjadi di Indonesia menjelang hari Raya Idul Fitri. Tradisi mudik atau pulang kampung ini seakan menjadi sebuah adat masyarakat beramai-ramai untuk pulang kampung dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Banyak metode dan alat transportasi yang bisa dipilih untuk melakukan perjalanan mudik. Perjalanan yang nyaman dan menyenangkan selama mudik tentu menjadi keinginan bagi anda dan keluarga, sehingga tiba di kampung halaman dalam keadaan terbaik. Perjalanan yang jauh dan melelahkan serta ketidaknyamanan selama perjalanan bisa mengganggu saat-saat anda menghabiskan semarak hari raya.Bagi anda yang hendak melakukan perjalanan mudik Hari Raya, berikut ini tips nyaman saat mudik

1. Persiapan Transportasi

Persiapan Transportasi

Thinkstock

Bagaimana dan dengan apa anda akan melakukan perjalanan mudik bersama keluarga. Transportasi menjadi hal penting yang harus dipersiapkan sebelum anda berangkat mudik. Banyak pilihan transportasi yang bisa anda pilih dengan mobil pribadi, kendaraan sewaan, maupun transportasi umum.

Jika anda memilih menggunakan perjalanan pribadi, anda harus mempersiapkan kesiapan kendaraan yang akan anda gunakan. Pengecekan kesiapan kendaraan mulai dari mesin, kelengkapan kendaraan, hingga surat-surat. Jangan lupa pula menyediakan peralatan untuk memperbaiki mesin dalam perjalanan. Hal ini juga perlu anda lakukan jika menggunakan kendaraan sewaan.

Bila anda memilih menggunakan kendaraan umum seperti kereta, pesawat, maupun bus umum alangkah baiknya anda membeli tiket jauh-jauh hari untuk memastikan kapan anda akan berangkat. Anda harus membeli tiket yang anda butuhkan, bahkan anda mungkin mendapatkan potongan harga untuk tiket yang akan anda gunakan. Umumnya tiket kendaraan umum akan semakin sulit didapatkan bila anda mencarinya menjelang hari raya.

review tempat wisata

Hanya Di DiaLoGua Café Sajikan Kopi Bisa Ngomong

Dibikin Nangis Ndower Di Mie Kober Setan Gresik

2. Pakaian Nyaman

Pakaian Nyaman
latestnewstories.com

Tips nyaman waktu mudik yang bisa anda lakukan adalah terkait pakaian yang anda kenakan dalam perjalanan mudik. Pakaian menjadi hal yang akan sangat penting untuk kenyamanan anda. Selama perjalanan anda tidak harus menggunakan pakaian yang formal atau bagus. Pilihlah pakaian yang menurut anda nyaman dan sejuk agar tidak mengganggu diri anda selama perjalanan.

Bila anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, persiapkan pakaian yang sejuk jika tidak terbiasa menyalakan pendingin ruangan. Bila terbiasa menggunakan pendingin, sediakan celana panjang dan jaket tipis agar tidak terlalu panas. Di siang hari yang terik, cuaca akan cenderung panas di dalam kendaraan, kaos yang nyaman dan menyerap keringat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda kenakan.

3. Bahan Makanan Siap Santap dan Tahan Lama

Bahan Makanan Siap Santap

Di tengah perjalanan anda, sering kali di serang rasa lapar atau ingin mengonsumi sesuatu. Anda tentu tidak perlu sering berhenti untuk makan di tempat makan. Mempersiapkan makanan dan camilan siap santap menjadi pilihan terbaik untuk mengisi perut. Buah-buahan seperti pisang dan apel bisa menjadi pengisi perut yang tepat. Camilan ringan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu yang membosankan.

Sediakan pula air mineral untuk mengatisipasi dehidrasi. Minuman segar juga diperlukan agar anda tidak jenuh di jalan. Jika diperlukan, siapkan pula multivitamin yang dapat menjaga kondisi tubuh anda. Jika dibutuhkan, anda juga bisa menyediakan kopi hitam tanpa gula sebagai asupan kafein yang bisa meningkatkan konsentrasi anda.

4. Istirahat

Istirahat

Merdeka.com

Hal ini sangat penting bagi anda yang memilih membawa mobil untuk perjalanan mudik. Dalam melakukan perjalanan jauh, anda wajib meluangkan waktu untuk beristirahat. Istirahat ini tidak hanya sekedar mengatasi rasa ngantuk, namun juga agar anda siap mengendarai kendaraan. Sebagai seorang pengendara, anda wajib beristirahat jika merasa ngantuk. Banyak kejadian kecelakaan disebabkan oleh kondisi pengendara. Jangan memaksakan diri untuk menyetir bila anda dalam kondisi mengantuk.

Beristirahat 1-2 jam dapat membantu menyegarkan diri anda. Tidak ada salahnya melakukan coffee nap, dengan meminum kopi hitam seperti espresso sebelum beristirahat. Metode ini cukup ampuh untuk mengembalikan tenaga sebelum kembali melakukan perjalanan. Untuk mendukung kenyamanan anda saat beristirahat, lebih baik anda memilih posko-posko mudik yang banyak didirikan oleh instansi maupun masyarakat. Selain lebih aman, posko-posko ini banyak menyediakan kebutuhan dan fasilitas relaksasi bagi pemudik.

5. Fokus Dengan Perjalanan

Fokus Dengan Perjalanan
news.cision.com

Di tengah perjalanan anda tentu akan menemukan berbagai tempat baru yang mungkin belum ada pada perjalanan anda di mudik tahun sebelumnya. Tahan keinginan anda untuk melanjutkan perjalanan panjang anda. Dengan demikian anda bisa segera sampai pada tujuan dan beristirahat dengan tepat.

Fokus ini sangat penting pula bagi pengemudi. Hindari penggunaan smartphone pada saat menyetir. Penggunaan smartphone akan mengurangi konsentrasi anda pada saat menyetir dan berpotensi membahayakan seluruh penumpang yang ada di dalam kendaraan anda. Letakkan smartphone anda, jika perlu matikan sementara selama perjalanan, agar tidak mengganggu pikiran anda. Sebagai pengemudi, fokus menjadi kunci bagi keselamatan perjalanan anda. Dengan demikian, seluruh penumpang di dalam kendaraan anda akan merasa nyaman.

6. Batasi Uang Tunai

Batasi Uang Tunai

Tribunnews.com

Tips nyaman waktu mudik lainnya adalah dengan menyediakan uang tunai dalam jumlah terbatas. Bila membawa kendaraan pribadi, cukup sediakan uang tunai untuk biaya tol, bahan bakar, dan makan. Uang tunai berlebih bisa membuat perjalanan anda menjadi pemborosan karena memunculkan banyak keinginan.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum, pastikan anda menyiapkan uang cukup untuk biaya tiket dan makanan anda. Selebihnya anda bisa menggunakan ojek online atau transportasi lainnya. Membawa uang tunai berlebih akan sangat rawan terhadap tindak kriminal. Membawa uang berlebihan juga akan membuat anda khawatir dengan dompet anda, sehingga perjalanan anda menjadi tidak nyaman.

7. Perhatikan Keamanan

Perhatikan Keamanan
goodnewsfromindonesia.id

Keamanan adalah menjadi hal utama yang wajib anda perhatikan. Bila menggunakan kendaraan pribadi, pengecekan fisik dan fungsi kendaraan bisa menjadi langkah awal anda meyakinkan diri dan keluarga bahwa kendaraan tersebut aman digunakan. Selanjutnya anda juga memastikan titik-titik dimana anda akan beristirahat dan melanjutkan perjalanan kembali. Bila melakukan perjalanan malam hari, ada baiknya anda menghindari jalur-jalur sepi dan rawan kejahatan.

Bagi pengguna transportasi umum, perhatikan selalu barang yang anda bawa. Lebih baik anda tidak menggunakan perhiasan atau aksesoris yang mencolok dan menggoda pelaku tindak kejahatan. Akan lebih baik bila anda tidak membawa barang-barang mahal seperti kamera digital berukuran besar atau laptop yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Meminimalisir barang bawan akan mengurangi resiko kehilangan serta keamanan diri anda. Perhatikan pula untuk tetap waspada di tempat-tempat umum seperti terminal dan stasiun.

Seluruh keluarga besar di kampung halaman tentu menginginkan anda dan keluarga tiba dengan selamat dan bisa merayakan Hari Raya bersama. Perjalanan yang nyaman bisa menjadi salah satu kunci keselamatan anda. Kondisi yang tidak nyaman tentu membuat beban tersendiri selama perjalanan mudik anda. Tips nyaman waktu mudik di atas bisa anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan agar tidak menunda waktu perjalanan anda.



Leave a Reply