10 Tempat Wisata Gorontalo yang Indah Tapi Jarang Diketahui


sisil angelin  August 21, 2018  0 Comment

Indonesia kaya akan keindahan alam, indonesia memiliki banyak tempat wisata yang indah yang perlu kita kunjungi. Keindahannya tidak hanya diketahui oleh masyarakat lokal tapi sudah dikenal hingga mata dunia. Namun ada beberapa tempat wisata yang jarang diketahui dan masih tersembunyi. Berikut merupakan tempat wisata gorontalo yang indah tapi jarang diketahui

1. Benteng orange

Benteng orange

situsbudaya.id

Benteng orange yang terletak dibukit Arang , desa Dambalo, kecamatan kwandang, kabupaten Gorontalo utara, provinsi Gorontalo. Berjarak 40 menit dari bandara Gorontalo, dan 8 km dari pulau saronde. Disini merupakan salah satu tempat yang bersejarah dan juga salah satu tempat wisata gorontalo. Benteng ini dibangun oleh protugis sekitar tahun 1630 untuk mempertahankan pesisir utara gorontalo dari serangan bajak laut Mindanao . benteng ini dibnagun menggunakan tenaga rakyat banyak secara gotong royong. Benteng orange masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan . dibenteng ini terdapat ruang bawah tanah dan lorong penyelamatan sepanjang 100 Km kearah laut. Suasana disini sangat hangat dan juga sejuk karena disini banyak ditumbuhi pohon ketapang yang rimbun. Tempat ini cocok dikunjungi bersama dengan keluarga dan anak-anak untuk mengenal sejarah.

review kuliner

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

Wisata Pemandian Laut Dan Panorama Matahari Terbenam Di Katobengke Cliffs

2. Pulau seronde

Pulau seronde

Travelingyuk.com

Pulau seronde adalah sebuah pulau yang terdapat digorontalo yang merupakan pulau kecil tak berpenghuni. Pulau ini memiliki pesona alam yang indah yang terletak diutara Teluk Kwandang , kabupaten Gorontalo Utara . disinii juga memiliki tradisi yang unik, hamparan laut yang indah dan bersih sangat bagus jika digunakan untuk berenang, menyelam, berselancar dan snorkeling dan berjemur ditepi pantai.

3. Pulau Diyunumo

Pulau diyunumo

Satyawinnie.com

Pulau indah ini terletak dideme II, Sumulata, kabupaten Gorontalo. Pulau ini masih sangat jarang dikunjungi bahkan belum ada fasilitas wisata yang biasa ditemukan ditempat wisata lain. Jarak tempuk kepulau ini memerlukan waktu 2 sampai 3 jam dari pusat kota Gorontalo. Pulau ini sangatlah indah warna hijau dari hamparan rerumputan dipuncak bukit pulau diyunomo dipadukan dengan birunya air laut membahkan kecantikan dipulau ini. Pulau ini masih sangat alami dan masih jarang tersentuh tangan manusia.

4. Benteng mas

Benteng mas

regional.kompas.com

Benteng mas diGorontalo merupakan salah satu situs bersejarah. Benteng mas yang terletak didesa Cisadane, kecamatan Kwandang kabupaten Gorontalo utara. Benteng mas ini sangat jarang dikunjungi wisatawan, benteng ini masih tergolong sepi, bahkan masyarakat sekita nampak tidak menaruh peduli pada situs peninggalan bersejarah ini. Bisa kita lihat pada kondisi benteng yang terbengkalai dan tidak terawat. Benteng perlu dilakukan pembugaran agar kembali bagus dan terjaga. Dan bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

5. Air terjun Hiyaliyo da’a

Air terjun Hiyaliyo da’a

Mytrip123.com

Air terjun yang terdapat dikabupaten Didingga Desa Biawu, kabupaten Gorontalo utara.
Air terjun ini masih sangat jarang dikungjungi ooleh wisatawan. Kondisi udara dan alam sekitarnya masih sangat terjaga dan suasana keasriannya pun masih ikut terjaga . Untuk bisa kesini kitas membutuhkan sedikit usaha ksarena untuk sampai keair terjun kita perlu melewati hutan. Rasa lelah diperjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan indah dari air terjun. Untuk masuk kesini bisa kita dapatkan dengan gratis tanpa perlu membayar tiket masuk.

6. Pantai Bolihoto

Pantai Bolihoto

lifestyle.okezone.com

Pantai ini sangatlah indah sama indahnya dengan pantai pulau dewata. Pantai yang terletak di Jl.Trans Sulawesi, Bolihutuo, Botumoito, jabupaten Boalemo, Gorontalo. dikabupaten Boelemo, Gorontalo. Pantai belum banyak dikenal oleh wisatawan. Pantai ini msaih tergolong jarang dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tersembunyi. Pantai dengan hamparan pasir putih yang indah dan ombak yang tenang. Suasana sepi dan pantai yang masih alami.

7. Air terjun Permai Taludaa

Air terjun Permai Taludaa

KSMTour.com

Air terjun ini masih sangat asri dan belum banyak terjamaah tangan manusia karena tempat ini tergolong masih sepi dan tidak banyak diknjungi oleh para wisatawan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 42 meter dengan bentsngan udara yang sangat luas yaitu sekitar 15 meter. Tempat ini sangat indah pemandangannya. Lokasinya terletak didesa Taludaa, kabupaten Bone bolango, Gorontalo. Kita memerlukan waktu tempuh 3 jam dari pusat kota Gorontalo.untuk sampai ke air terjun perlu melewati hutan, sungai, dan perbukitan. Namun rasa kekah karna menempuh perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun permai taludaa. Namun yang perlu diketahui ditempat tidak tersedianya fasilitas wisata.

8. Pantai Dunu

Pantai Dunu

Mytrip123.com

Masih diwiliyah Gorontalo utara, terdapat pantai yang indah yang sering disebut pantai dunu. Pantai ini sangat bersih sangat cocok untuk menyelam dan olahraga. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah yang sangat luas dan ombak yang tenang, pantai dunu sangat cocok digunakan untuk berenang bersama keluarga. Tempat ini belum dikelola dengan baik dan masih sangat minim fasilitas untuk wisata. Jika kepantai ini kita harus membawa bekal dan perlengkapan sendiri. Pantai indah ini terletak di Desa Dunu, kecamatan Anggrek, kabupaten Gorontalo utara. Dari pusat kota Memerlukan waktu 2 jam untuk sampai kesini.

9. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha

iqbalkautsar.com

Benteng otanaha adalah benteng yang dikenal dengan sejarah digorontalo, benteng ini menjadi tujuan perjalanan istana gorontalo dalam mengurangi serangan musuh. Benteng yang didirikan dengan menggunakan batu kapur, pasir yang kemudian dicampur dengan tekur burung maleo sebagai perekatnya, pembuatannya sungguh lah unik. Benteng ini memiliki pesona yang luar biasa kita akan dapat melihat indahnya arsitertur pada zaman dulu. Posisi benteng ini berada diatas bukit, dari benteng ini kita dapat melihat pemandangan yang indah dari ketinggian. Untuk sampai diatas benteng kita perlu menaiki 348 anak tangga. namun rasa lelah setelah melewati anak tangga tersebut akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan dan juga kemegahan dari bangunan bersejarah ini. Jika penasaran ingin kesini segera kunjungi tempat wisata gorontalo ini yang terletak di Jl. Usman Isa, Dambe 1, Kecamatan kota Barat, Dembe 1, kota Gorontalo.

10. Pantai Monano

tempat wisata terdekat

travelistaindo.blogspot.com

Pantai surga yang masih tersembunyi, pantai monano terletak dikecamatan Monano yang letaknya lumayan jauh dari kecamatan Antiggola. Perjalanan yang jauh tidak akan terasa karena selama dalam perjalanan kita akan disungguhkan pemandangan yang indah berupa bukit-bukit yang hijau yang menyegarkan mata. Pantai monano dipenuhi dengan pasir putih dan ombak yang tidak begitu besar. Untuk masuk kepantai ini kita tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Namun jika ingin bermalam disini kita cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.250.000 saja, itu pun untuk membayar sewa cottage. Tempat ini cocok digunakan untuk bertamasya bersama keluarga, dipantai masih tergolong sepi.
Walaupun Gorontalo termasuk provinsi paling muda dinusantara. Dan daerah yang dikenal serambi madinah karena memiliki banyak masjid. Namun gorontalo memiliki sederatan wilayah yang dikelilingi pengunungan. Disini terdapat banyak tempat wisata gorontalo yang indah. Yang sayang apabila kita lewatkan. Bahkan beberapa tempat masih sangat tersembunyi sehingga masih banyak wistawan yang tidak tahu.



Leave a Reply