Wisata Pemandian Laut dan Panorama Matahari Terbenam di Katobengke Cliffs

katobengke cliffs

pribadiganda | Tourist
Bau Bau, Sulawesi Tenggara, Indonesia | Beach Exploring
17 Mar 2020


Wisata Pemandian Laut dan Panorama Matahari Terbenam di Katobengke Cliffs
Pulau Buton yang terletak di bagian Tenggara dari provinsi Sulawesi Tenggara, dikenal memiliki ratusan titik wisata pemandian. Mulai dari pantai, air terjun, tebing di atas laut, dan lain-lain.

How to Get There

Panorama senja dan laut menjadi satu hal yang disukai bagi kebanyakan orang. Ini juga yang membuat sebagian besar pantai yang tepiannya menghadap ke arah Timur lebih diminati kebanyakan pengunjung dan wisatawan, karena momen sunset (mentari terbenam) di horizon laut dapat disaksikan setiap senja.

Pulau Buton yang terletak di bagian Tenggara dari provinsi Sulawesi Tenggara, dikenal memiliki ratusan titik wisata pemandian. Mulai dari pantai, air terjun, tebing di atas laut, dan lain-lain. Bahkan di daerah Kota Baubau juga memiliki tempat pemandian yang cukup indah, salah satunya seperti Katobengke Cliffs.

katobengke cliffs
katobengke cliffs
katobengke cliffs
katobengke cliffs

Katobengke Cliffs berupa tebing di atas laut yang awalnya hanya digunakan sebagai tempat pemandian bagi warga setempat dan dermaga alternatif bagi warga yang ingin pergi memancing. Hingga pada akhir tahun 2019 lalu, tempat ini direnovasi oleh warga sehingga tidak hanya menjadi tempat yang asyik untuk berenang dan menyelam, tapi juga sebagai tempat wisata jalan-jalan dan menikmati pemandangan sunset (mentari terbenam).

Katobengke Cliffs berada sekitar 4 Km dari pusat Kota Baubau dan terletak di antara perumahan warga. Tempatnya yang berada di dalam pemukiman warga membuat orang-orang yang ingin berkunjung dianjurkan menggunakan kendaraan sepeda motor karena jalan yang sempit dan tidak menyediakan parkiran kendaraan khusus.

katobengke cliffs

katobengke cliffs

katobengke cliffs

katobengke cliffs

Sementara laut di Katobengke Cliffsmasih tergolong bersih dan jernih. Kedalamannya berkisar 1-3 meter dengan jarak sekitar lima meter dari bibir tebing. Paling asyik bila ingin menyelam dengan perlengkapan renang seadanya. Suara debur ombak juga terdengar merdu bila ingin dinikmati saat berkunjung sendirian ke sini.

katobengke cliffs

 

What to Do

Untuk berkunjung ke tempat ini, tidak perlu sampai merogoh duit karena belum ada penarikan retribusi oleh pengelola maupun pemerintah. Sehingga kapanpun orang-orang bebas ke sini. Salah satu alasannya karena area wisata ini tergolong kecil yang hanya seluas 50x50 meter persegi.

katobengke cliffs
katobengke cliffs

katobengke cliffs

katobengke cliffs

Meski demikian, Katobengke Cliffs cocok dikunjungi baik sendirian, bersama pasangan, maupun bersama rombongan atau keluarga. Katobengke Cliffs menyediakan area berkumpul keluarga dengan dilengkapi mural yang menarik bagi anak-anak. Bahkan dinding beberapa rumah warga di sekitar juga ikut diwarnai dengan mural untuk memperindah pemandangan.

Tidak hanya ada area berkumpul, tebing menuju ke laut juga dilengkapi tangga beton sehingga lebih aman untuk naik turun bagi pengunjung yang ingin turun berenang ke lautnya. Lewat tangga ini juga warga biasa menggunakannya untuk menurunkan perahu dan pergi memancing.

katobengke cliffs

katobengke cliffs

katobengke cliffs

 

Tips and Trick
  1. Untuk berkunjung ke sana sebaiknya menggunakan sepeda motor, karena jalanan yang sempit dan tidak ada area parkir khusus kendaraan

  2. Bawa perlengkapan renang, khususnya kacamata renang, karena pemandangan karang dan ikan-ikan di dasar laut masih dapat dinikmati
  3. Bawa konsumsi secukupnya bila ingin tinggal lebih lama atau menikmati pemandangan matahari terbenam

  4. Tetap menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan dan kalau perlu memungut sampah yang mungkin saja berserakan untuk membantu melestarikan lingkungan

  5. Bawa kamera atau kamera ponsel dengan resolusi tinggi agar dapat mengabadikan momen lebih baik
Where to Stay
Tidak tersedia tempat penginapan di sekitar Katobengke Cliffs bagi pengunjung maupun wisatawan. Namun beberapa wisma atau hotel tetap tersedia di dalam kota yang bisa menjangkau tempat ini.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY