10 Tempat Wisata di Purwokerto yang Anda Belum Tahu


sisil angelin  August 9, 2018  0 Comment

Dikenal sebagai kota Pelajar ataupun kota Jenderal, Purwokerto adalah salah satu destinasi wisata yang sangat mengesankan dengan berbagai pesona indah yang layak untuk dieksplorasi lebih jauh. Berbagai tempat wisata di Purwokerto bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata yang nantinya akan bisa kamu kunjungi di saat musim libur telah tiba.

Bahkan, di tahun 2016 silam, tempat wisata yang ada di Purwokerto banyak diminati oleh para kaula muda dengan wisatanya yang sangat beragam, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alamnya yang sangat luar biasa menariknya. Untuk mengenal lebih jauh terkait akan hal itu, Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwokerto yang sangat menarik

1. Baturraden

Baturraden

dcatqueen.com

Bisa dikatakan, bagi sebagian besar masyarakat awam yang tinggal di luar wilayah Purwokerto tempat wisata Baturraden yang lokasinya ada di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Tempat wisata di Purwokerto yang satu ini menawarkan pesona alam berupa pegunungan nan asri dengan udara yang sangat sejuk. Di tempat ini, kamu bisa melakukan terapi ikan hingga mandi di kolam air panas.
Saat kamu memasuki kawasan tempat wisata di Purwokerto ini, kamu akan dikenakan biaya setidaknya Rp 14,000 yang sudah mencakup ragam fasilitas seperti pemandian air hangat, permainan seru sepeda air dan juga berenang. Jika kamu ingin melihat sekawanan hewan yang ada di kebun binatang ini, kamu akan dikenakan biaya tambahan setidaknya Rp 8,000 saja. sangat murah bukan?

review kuliner

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik Yang Instagramable Di Semarang

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

2. Baturraden adventure forest (BAF)

Baturraden adventure forest

isroadi.blogspot.com

Berada pada satu komplek wisata Baturraden, tempat wisata di Purwokerto yang ini juga sangat indah dan menawarkan kegiatan petualangan yang sangat menantang. Di sini kamu bisa menjajal ragam aktivitas seperti halnya tree adventure, mountain adventure, eco adventure dan water adventure. Dengan mencoba salah satu program wisata tersebut, bisa dipastikan liburan kamu akan menjadi sangat berkesan.
Untuk tempat wisata ini ditawarkan dengan dua paket, yaitu paket wisata setengah hari yang dibandrol dengan Rp 150,000 dan juga paket wisata satu hari penuh yang akan dibandrol dengan nominal Rp 230,000. Dengan harga tersebut, kamu bisa menikmati ragam keindahan di tempat wisata di Purwokerto.

3. Goa Sarabadak dan Pancuran Pitu

Goa Sarabadak

SparklePush.com

Masih tentang tempat wisata di Purwokerto dan di lokasi yang sama, kamu bisa menikmati keindahan alam yang dikenal dengan sebutan Goa Sarabadak dan juga Pancuran Pitu, di mana lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan sejauh 2,5km. Di lokasi ini, kamu bisa menikmati fasilitas yang serupa dengan Baturraden yaitu pemandian air panas yang berasal dari tujuh pancuran dengan kandungan belerang yang konon mampu menyembuhkan penyakit kulit.
Sekitar 50 meter dari tempat wisata di Purwokerto tersebut terdapat Goa yang dikenal dengan nama Goa Sarabadak yang menawarkan pemandangan luar biasa berupa tebing dengan warna keemasan. Di lokasi ini, kamu juga bisa lebih dekat menyaksikan pemandangan air panas dari sumbernya yang mengkelok membentuk sungai indah.

4. Pendakian Gunung Slamet

Pendakian Gunung Slamet

MapalaPTM.com

Bagi kamu yang memang demen banget dengan aktivitas pendakian, sudah saatnya kamu mencoba untuk menaklukkan puncak Gunung Slamet yang berada pada ketinggian 3,428 mdpl. tempat wisata di Purwokerto ini akan memberikan keindahan yang tidak ternilai harganya berupa “negeri di atas awan” yang sangat mengesankan. Pastikan untuk tidak mendaki di musim hujan, sebab akan terasa sangat licin dan berbahaya.

5. Curug Gomblang

Curug Gomblang

backpackerjakarta.com

Bisa dibilang Air Terjun Gomblang ini tidaklah terlalu tinggi, namun tempat wisata di Purwokerto ini belum banyak diketahui oleh masyarakat termasuk wisatawan. Saat ini, tempat wisata alam yang satu ini sedang menjadi primadona wisatawan. Sedangkan untuk menjangkau wilayah ini, kamu bisa menempuh perjalanan setidaknya 17km dari pusat kota dengan biaya masuk kurang lebih Rp 5,000. Sangat murah bukan?

6. Curug Cipendok

Curug Cipendok

purwokertoguidance.com

Untuk kamu yang ingin menikmati liburan yang anti-mainstream, bisa saja kamu bermain air di Curug Cipendok sembari menikmati ragam satwa liar yang didominasi dengan suara burung gagak ataupun sejenisnya di sekitar tempat tersebut. Di tempat wisata di Purwokerto ini, kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan elang jawa hingga monyet abu-abu yang merupakan satwa endemic di Jawa Tengah.
Dalam menikmati keamanan serta keseruan dalam tempat wisata di Purwokerto yang satu ini, kamu diminta untuk tidak berenang terlalu jauh di bawah air terjun sebab tingkat kedangkalan dari air terjun ini sangat berbahaya untuk ditaklukkan.

7. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

lovepurwokerto2016.blogspot.com

Pesona indah surise ataupun sunset juga bisa kamu nikmati di tempat wisata di Purwokerto dengan mengunjungi Bukit Tranggulasih. Sebuah tempat yang dikenal sejak tahun 2015 silam ini menawarkan pemandangan yang sangat beragam dari berbagai sisi. Di sebelah timur ada pesona indah matahari terbit, di sebelah barat terdapat keelokan pemandangan matahari terbenam, di sebelah utara ada keindahan gunung slamet serta di sebelah selatan terdapat pemandangan laut yang sangat mengesankan.

8. Bukit watu meja

Bukit watu meja

trendpurwokerto.com

Sebuah tempat wisata  yang berlokasi di Kecamatan Kebasean ini menawarkan keindahan alam berupa Bukit Watu Meja yang mana lokasi ini bisa kamu tempuh dengan berkendara selama kurang lebih 20 menit dari pusat kota. Di awal pendakian, kamu akan dihadapkan dengan hutan bamboo yang kemudian di susul dengan hutan pinus.
Sesampainya di tempat wisata di Purwokerto bagian puncaknya, kamu akan merasa kagum dengan keindahan alam berupa Sungai Serayu dari ketinggian tertentu yang sangat indah. Jangan lupa untuk mencicipi ragam kuliner yang dijual di pondokan dengan harga yang sangat beragam. Dengan pemandangan yang demikian ini, sudah pastinya banyak orang yang akan tertarik untuk menjadikan destinasi ini sebagai tujuan wisata liburan.

9. Telaga sunyi

Telaga sunyi

YouTube.com

Sesuai dengan nama tempat wisata yang satu ini, bisa dibilang jika lokasi wisata tersebut sangatlah sunyi sebab jauh dari hiruk pikuk masyarakat perkotaan. Dengan air telaga yang berasal dari mata air Gunung Slamet menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat meditasi yang sangat cocok. Di lokasi ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari penyelaman, menikmati indahnya bebatuan dasar telaga hingga berburu foto bawah air.

10. Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia

purwokertoguidance.com

Selain mengunjungi ragam keindahan alam di tempat wisata, kamu juga bisa menikmati wisata sejarah yang salah satunya adalah dengan singgah di museum BRI. Di lokasi wisata sejarah ini, kamu bisa mengamati berbagai uang kuno yang berupa koin hingga lembaran. Untuk menikmati wisata ini, kamu juga akan menemukan mesin yang akan mengoperasikan pengerjaan uang.

Banyak sekali tempat wisata di Purwokerto yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk berlibur di akhir pekan ataupun di saat libur panjang. Berbagai tempat wisata ini tentunya menawarkan ragam keunikan masing-masing sehingga sangat layak untuk dieksplorasi lebih mendalam terkait dengan keindahan tersebut.
Jika kamu penasaran dengan beberapa tempat wisata di atas, segera kemasi barangmu dan meluncur ke salah satu lokasi wisata kesukaanmu.



Leave a Reply