20 Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Indah Bagaikan Surga


sisil angelin  April 16, 2018  0 Comments

Tempat wisata di puncak Bogor seakan tidak ada habisnya. Hampir tiap akhir pekan jalanan menuju kota ini selalu macet karena banyaknya orang yang ingin berkunjung ke berbagai wisata didalamnya. Wisata alam yang ditawarkan menjadi penghilang kepenatan  warga ibukota. Berikut daftar tempat wisata di Puncak Bogor

  • Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia

id.wikipedia.org

Berdiri sejak tahun 1980, Taman Safari Indonesia menjadi distinasi keluarga paling terkenal di kawasan puncak. Bahkan bisa dibilang sebagaina besar wisatawan yang datang ke Bogor menjadikan tempat ini sebagai lokasi utama wisatanya. Inilah kebun binatang atau taman safari pertama di Indonesia. Sampai saat ini, wisata ini juga menjadi tempat penangkaran hewan terlengkap dan terbesar di Indonesia.

Disini anda bisa mengenalkan kehidupan satwa alam sesuai dengan habitatnya. Mulai dari hewan yang buas sampai hewan yang jinak berikut cara menghadapinya. Bahkan anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada didalamnya seperti rusa, jerapah, gajah, onta, pinguin, dan masih banyak lagi hewan lainnya. Jelas, wisata ini merupakan destinasi paling tepat untuk dikunjungi bersama keluarga.

review kuliner

Pengen Keliling Dunia Dalam Sehari? Bisa Banget Di The Legend Star!

Berburu Belimbing Segar Di Agrowisata Belimbing Desa Moyoketen Tulungagung

  • The Jungle Park

The Jungle Park

pengentraveling.com

Berikutnya ada wisata yang tak kalah ramai dan seru ketika berkunjung ke Bogor. The Jungle Park menjadi tempat pilihan yang bagus untuk mengajak keluarga bermain air. Di wisata ini terdapat berbagai macam wahana kolam yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Ada wahana perosotan dengan ketinggian tak kurang dari 20 meter, ada juga kolam khusus anak dengan berbagai mainan airnya.

Salah satu wahana favorit yang sering dinikamti pengunjung adalah wahana kolam arus yang akan membawa wisatawan berkeliling santai dengan ban sejauh 400 meter. Selama di kolam arus tersebut wisatawan akan disuguhkan berbagai pemandangan menarik diantaranya melewati aquarium besar yang berisi ikan-ikan langka dilindungi dan juga melewati pepohonan rindang sehingga seakan-akan sedang berada di tengah hutan. Banyaknya wahana air yang bisa dinikmati membuat wisata ini sangat direkomendasikan untuk refreshing bersama keluarga.

  • Kota Bunga Estate

Kota Bunga Estate

LimaKaki.com

Wisata berikutnya yang cocok digunakan sebagai tempat berlibur bersama keluarga adalah villa Kota Bunga Estate. Fungsi sebenarnya dari tempat ini adalah penginapan villa. Akan tetapi desain vila yang ditawarkan tidak seperti biasanya. Kawasan villa ini dibuat semirip mungkin dengan ciri khas dari beberapa bangunan khas luar negeri. Mulai dari Inggris kuno, bergaya Belanda, hingga bergaya Jepang lengkap. Tentu saja keunikan ini membuat penginapan ini selalu ramai pengunjung yang ingin mengabadikan momen layaknya sedang berada di luar negeri.

Fasilitas umum yang ditawarkan dalam villa ini diantaranya lapangan tenis, playground, kebun binatang mini, tempat menunggang kuda, dan masih banyak fasilitas lainnya. Belum lagi dengan pemandangan berlatar pegunungan dan perbukitan semakin menambah keindahan tempat ini. Jadi jangan ragu lagi untuk mengajak keluarga anda berkunjung ke wisata yang juga sedang hits ini.

  • Cimory Rivesrside

Cimory Rivesrside

anekatop10.com

Ingin merasakan wisata kuliner bersama keluarga seusai liburan? Cimory Riverside menjadi lokasi yang tepat untuk tempat singgah pengusir lapar. Banyak alasan mengapa tempat ini begitu direkomendasikan dan dimasukkan ke tempat wisata di puncak. Salah satunya adalah lokasinya yang berada di pinggiran sungai yang mengalir jernih dengan bebatuan kecil ditengahnya. Belum lagi dengan pepohonan rindang disisi lain dari sungai membuat tempat ini begitu mempesona.

Suasana dalam restoran inipun dibuat sealami mungkin dengan latar perbukitan sekitar. Suasana segar dan dingin akan menjadi teman santap anda bersama keluarga. Jangan khawatir dengan harga yang ditawarkan karena semua menu yang diberikan sangat terjangkau dan tidak membuat kantong bolong. Bahkan untuk makanan tidak ada harga yang lebih dari 100 ribu.

  • Panangkaran Rusa Giri Jaya

Panangkaran Rusa Giri Jaya

Qmanaa.com

Ingin mengenalkan buah hati dengan lingkungan alamnya? Cobalah ajak anak anda mengunjungi tempat penangkaran rusa di Giri Jaya. Di tempat tersebut anda akan dimanjakan dengan panorama alam khas pegunungan sebagai habitat asli beberapa hewan seperti rusa. Anda bisa mengajak buah hati untuk memberi makan dan mengajarkan bagaimana mencintai sesama makhluk ciptaan-Nya. Selain digunakan sebagai tempat penangkaran, disini juga digunakan sebagai tempat berkemah dengan kapasitas 200 orang.

  • Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

hargatiketmasuk.info

Ingin merasakan surga di tengah kota? Maka datanglah ke kebun raya Cibodas. Karena tempat ini akan sangat cocok digunakan sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Hanya dengan membayar tiket 10 ribu per orang, anda sudah bisa merasakan sejuk dan segarnya hawa pegunungan. Lokasinya tak jauh dari taman safari Indonesia. Jadi anda bisa untuk beristirahat sejenak melepas lelah perjalanan di tempat ini.

Ada dua keunikan yang menjadi favorit di kebun raya ini. Yaitu : kebun bunga sakura dan padang savana dengan pepohonan besarnya. Ada lebih dari 400 pohon bunga sakura yang ada di kebun ini sehingga ketika sedang musim semi anda akan merasakan layaknya berada di Jepang sebagai tempat asalnya. Keindahan bunga sakura inilah yang selalu menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan saat mengunjunginya.selain itu masih ada padang savana cukup luas dengan kontur tanah bergelombang sehingga menciptakan hamparan rumput hijau halus yang sedap dipandang mata. Apalagi di sisinya terdapat pohon-pohon besar dan berjenis langka.

  • Little Venice Puncak

Little Venice Puncak

WisatadiIndonesia.com

Apa yang terlintas ketika pertama kali mendengar kata Venezia? Sudah tergambar sebuah kota yang padat dan memiliki jalur transportasi air. Untuk mencapai satu tempat ke tempat lain memerlukan perahu kecil yang di dayung. Keindahan kota Venezia dengan keunikannya tak perlu dinikmati di Italia karena dengan mengunjungi kota Bogor, anda sudah bisa merasakan bagaimana rasanya naik perahu mengelilingi kota ala Venezia.

Tempat ini dibuat semirip mungkin dengan lokasi aslinya dengan bangunan tinggi besar dan rapat. Disini anda bisa naik berbagai kendaraan air mulai dari sepeda air hingga perahu dayung untuk menyusuri setiap sudut kota little Venezia. Jika berkenan anda juga bisa menyewa villa atau penginapan yang telah disediakan di tempat ini. Pemandangan bangunan yang dilewati oleh sungai kecil di depannya, ditambah lagi dengan suasana khas pegunungan yang mengitarinya tak salah tempat ini menjadi favorit untuk liburan keluarga.

  • Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

lifestyle.okezone.com

Tak perlu khawatir dengan jarak tempuh gunung Batu Jonggol ini karena gunung ini tidak setinggi gunung Gede Parangro. Gunung ini cocok untuk para pemula karena medan tracknya yang masih mudah dan tidak ekstrem. Ketinggian dari gunung ini berada di kisaran 875 MDPL dengan puncak berbentuk dataran.

Pada puncaknya bisa digunakan untuk tempat camping dan menyaksikan keindahan alam pegunungan sekitar. Dari atas sini terlihat betapa megahnya gunung Gede Parangro dan juga keindahan perbukitan yang ada di bawah dengan aliran sungai yang membelahnya. Lokasi ini sangat cocok untuk berselfie dengan keindahan alam dan awan yang berada di bawahnya.

  • Gunung Munara Rumpin

Gunung Munara Rumpin

Kompasiana.com

Hampir sama dnegan gunung Batu Jonggol, Gunun Muara Rumpin juga memiliki ketinggian yang relatif bisa dijangkau untuk pendaki pemula. Ketinggian dari gunung ini tak lebih dari 1200 MDPL yang bisa dijangkau dalam beberapa jam saja dengan medan tak terlampau sulit. Dari atas gunung sini akan tampak indahnya lautan awan yang mengitari perbukitan dan pegunungan. Hamparan sawah dan hutan yang hijau tampak jelas dan eksotis. Suasana paling dicari ketika berkunjung ke gunung ini adalah indahnya matahri terbitnya.

  • Alun Alun Surya Kencana

Alun Alun Surya Kencana

oknusantara.com

Mendaki gunung Gede Parangro tidak lengkap rasanya untuk tidak berhenti sejenak di Alun-Alun Surya Kencana. Lokasinya berada di ketinggian 2.750 MDPL yang tentunya sudah bisa dibayangkan sejuk dan dinginnya udara disana. Bagi orang yang baru pertama kali mendaki disana pasti akan takjub dengan keindahan alam yang diberikan. Padang savana yang luas dilengkapi dengan bebatuan khas pegunungan.

Satu hal yang unik dari tempat ini adalah keberadaan bunga abadi atau dikenal dengan nama bunga Edelweiss. Ada banyak bunga edelweiss yang tumbuh disini menghiasi tiap sudut alun-alun. Oleh karenannya area ini merupakan area favorit untuk berfoto bersama. Tapi jangan sampai memetiknya ya karena edelweiss termausk bunga yang dilindungi mengingat panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh.

  • Bukit Alesano

Bukit Alesano

Kaskus.co.id

Ingin melihat seluruh kota Bogor? Maka datanglah ke bukit ini. Bukit ini masih belum lama dibuka dan dikenal oleh para wisatawan. Keindahan alam Bogor nampak jelas dari atas bukit ini. Apalagi suana malam hari yang berhiaskan lampu kota dan juga suasana pagi hari di kala matahari terbit, akan menjadi pemandangan yang sempurna. Tak heran di akhir pekan bukit ini selalu ramai oleh orang camping yang ingin menikmati indahnya kota Bogor.

  • Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk

tipswisata.co

Bagi anda penggemar progam acara petualangan sudah pasti pernah melihat curug yang satu ini. Curug Leuwi Lieuk memiliki aliran air terjun yang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi airnya sangat jernih hingga bagiand asar sungai terlihat jelas. Kejernihan air inilah yang membuat lokasinya sering dibuat foto dalam air. Bebatuan kecil di dasar sungai semakin menambah keinginan untuk mandi dan berenang di kawasan ini.

Selain itu, keindahan khas pegunungan juga menjadi nilai plus sendiri. Bagaimana tidak, curug ini dikelilingi oleh tebing tebing yang berjajar eksotis membentuk relief alam. Dari tebing inilah anda bisa mencoba keseruan melompat kedalam kolam alami. Pepohonan di kanan kirinya semakin menambah keindahan dari tempat wisata ini.

  • Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo

Ngetripyuk.id

Tak kalah indahnya dengan curug Leuwi Lieuk, curug Leuwi Hejo juga menampilkan keindahan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Banyak orang yang menyebut lokasi ini sebagai green Canyon milik Bogor karena keindahan aliran air diantara tebing-tebing. Airnya dingin dan sangat jernih hingga tampak beberapa kehidupan ikan dan kepiting di bawahnya.

Anda bisa mengambil foto bawah air dengan sangat jelas di tempat ini asalkan tidak pada musim hujan. Adapun pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi sebesar 10 ribu rupiah saja. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi tempat ini ketika berada di Bogor. Rasakan sensai berenang di kolam alami dengan jernihnya air pegunungan.

  • Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung

WisataBagus.net

Satu lagi tempat yang cocok untuk mengambil gambar di bawah air karena jernihnya air tersebut. Tempat tersebut ialah curug Leuwi Cibaliung. Karakternya hampir sama dengan curug sebelumnya. Hanya saja curug ini memiliki bentuk kolam air yang lebih luas sehingga bisa berenang lebih puas. Tebing yang mengapit curug ini juga lebih tinggi sehingga semakin menambah keeksotisan alam di tempat tersebut.

  • Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis

alampriangan.com

Air terjun lainnya yang memiliki keindahan alami adalah curug Cipamingkis. Aliran air terjunnya tidak besar akan tetapi banyak dengan melewati bebatuan membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di puncak yang diakui keindahannya. Tidak hanya itu, pemandangan alam sekitarnya juga begitu mempesona. Untuk area berfoto sudah disediakan rumah pohon yang menghadap langsung ke suasana perbukitan yang asri.

  • Danau Quarry

Danau Quarry

piknikasik.com

Danau ini terbentuk karena adanya penambangan pasir yang sudah tak digunakan lagi. Jadi bisa dibilang bahwa danau ini terbentuk tanpa ada kesengajaan. Besarnya wilayah tambang membuat air menumpuk begitu banyak dan membentuk sebuah danau yang eksotis. Di tangan fotografer handal, lokasi ini menjadi temoat yang instagramable dan banyak dikunjungi oleh para anak muda.

Bentuk tebing yang rapi dan juga pepohonan yang tumbuh di pinggiran kolam membuat tempat ini seperti danau sungguhan yang dibuat oleh alam. Akan tetapi tetap waspada ya karena tempat ini tidak diperkenankan untuk berenang atau beraktifitas di dekat danau karena masih minim pengawasan dan juga dalamnya dasar danau.

  • Pondok Rosamala

Pondok Rosamala

Cumilebay.com

Menyatu dengan alam merupakan cari paling tepat untuk menghilangkan penat dengan hiruk pikuk kota yang padat. Di Bogor anda harus mencoba sensasi menginap di tengah hutan di pondok Rosamala. Tak seperti camping pada umumnya, disini anda tak perlu susah payah menyediakan perlengkapan camping karena sudah disiapkan untuk melayani kebutuhan anda.

Di tempat ini anda bisa mendengarkan suara jangkrik di malam hari, suara burung dipagi hari, dan suara gemericik air yang mengalir setiap hari. Anda juga bisa mengambil paket api unggun ketika beekunjung bersama keluarga. Suasananya yang masih asri dan alami membuat tempat ini sering digunakan sebagai arena berfoto ria untuk dipamerkan di media sosialnya. Tak jauh dari tempat ini juga ada curug kecil yang bisa anda gunakan berenang dan bermain air bersama.

  • Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

bandung.panduanwisata.id

Lelah dengan rutinitas dan ingin memanjakan diri? Cobalah untuk bersantai sejenak di kolam air panas Tirta Sanita Ciseeng. Istimewanya tempat ini adalah kolam air panas yang menghadap langsung ke pemandangan pegunungan dan perbukitan. Bentuk dari kolam setengah lingkaran memanjang dan besar membuat tempat ini sangat instagramable.

Untuk arena lainnya jangan khawatir, karena didalam tempat wisata di Puncak  ini sudah disediakan playgorund, kolam anak, dan juga beberapa permainan yang asyik untuk dimainkan. Tiketnya juga tidak mahal karena tak lebih dari 15 ribu rupiah diakhir pekannya. Sangat cocok untuk melepas lelah dan beristirahat sejenak bukan.

  • Highland Park Resort

tempat wisata puncak

Booking.com

Tempat wisata puncak  yang sedang hits dan instagramable berikutnya adalah Highland Park Resort yang mengusung perkemahan ala bangsa Mongolia. Tenda putih mengerucut dengan ornamen suku Mongol sangat tampak di bagian eksteriornya. Akan tetapi jangan tanyakan fasilitas interiornya, karena didalamnya tak kalah dengan hotel bintang lainnya. Di tempat ini bisa menjamin liburan anda akan lebih asyik. Apalagi buat anda yang memiliki jiwa petualang.

Selain kamarnya yang dibuat semirip mungkin dengan konsep tempat tinggal orang mongol, lingkungan disekitar kawasan tersebut juga dibuat seperti kehidupan sosial orang Mongol. Tentunya anda tidak akan merasa bosan berada di tempat ini. Apalagi bersama dengan orang yang anda sayangi, tentunya akan memiliki kesan yang lebih baik.

  • Wisata Alam Gunung Pancar

Wisata Alam Gunung Pancar

INITEMPATWISATA.com

Terakhir, ada tempat wisata puncak yang sedang hits dan bahkan sering digunakan sebagai tempat foto prewed. Tempat tersebut terkenal dengan hutan pinus di gunung Pancar. Hutan pinus berdiri kokoh tinggi dan berjajar dengan rapinya. Inilah yang membuat tempat ini rindang dan etrasa sangat sejuk. Banyaknya pohon membuat hasil foto lebih baik seakan-akan sedang syuting film twilight di luar negeri. Harga tiketnya pun sangat terjangkau dengan membayarkan tak lebih dari 10 ribu rupiah sudah termasuk parkirnya. Lokasi ini menjadi salah satu favorit tempat wisata di puncak.



Leave a Reply

One Response
  1. Katjang Bogor says:

    thanks infonya sangat detail dan bermanfaat sekali 🙂