aldilasalma | Traveler
Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia | Garden
09 Feb 2020


Berburu Belimbing Segar di Agrowisata Belimbing Desa Moyoketen Tulungagung
Lagi berada di Tulungagung nih dan ingin coba berkunjungung ke agrowisata belimbing di Desa Moyoketen. Ada apa saja ya disana? Yuk yang penasaran baca ulasan berikut ya

How to Get There

Masih dalam suasana liburan tahun baru kemarin, setelah berkunung ke Pantai Gemah besoknya kami sekeluarga sebelum pulang ke Magetan memustuskan untuk mampir ke Agrowisata Belimbing Moyoketen karena lokasinya yang sejalur dengan arah jalan pulang.

Untuk lokasi persisnya Agrowisata Belimbing Moyoketen ini berada di Desa Moyoketen RW 04, Kalituri, Tulungagung. Sebelumnya kami memang belum pernah kesini dan tau tempat ini karena saran dari salah satu kerabat orang tua aku. Jadi kami kesini mengandalkan maps saja. Untungnya jalannya mudah dan tempatnya nggak terlalu masuk jadi langsung ketemu tanpa ribet dan nanya-nanya deh.   

agrowisata belimbing desa moyoketen
Kalau sudah mengikutin maps dan sudah menemukan gapura beserta icon belimbing besar, selamat anda sudah sampai ditujuan! Kami langsung memasuki gapura dan mencari tempat parkir. Untuk halaman parkirnya sendiri cukup luas bisa menampung mulai bus, mini bus, dan mobil. Jadi kalau rombongan kesini pasti nggak bakalan bingung cari parkir deh. Kami memilih parkir yang dekat langsung dengan  kebun belimbingnya.

agrowisata belimbing desa moyoketen


What to Do

Untuk bisa eksplore Agrowisata Belimbing Moyoketen kalian nggak perlu bayar biaya tiket masuk, alias gratis. Kalian hanya perlu bayar parkir saja dan bebas eksplore didalam. Begitu turun kita bakalan melihat banyak kebun belimbing dan belimbing-belimbing matang yang disusun rapi siap untuk dibeli. Tapi sebelum membeli tentu kami mau jalan-jalan dulu disekitar sini sambil melihat ada apa aja ya kan.

agrowisata belimbing desa moyoketen
Jadi kebun belimbing disini bukan yang terhampar luas gitu ya, melainkan per petak. Dan setiap petak ini pemiliknya beda-beda. Aku coba masuk di kebun belimbing yang pertama, entah ini milik siapa yang jelas kami boleh dengan bebas masuk. Sayangnya saat itu sudah banyak belimbing yang di panen jadi yang dipohon masih yang kecil-kecil dan belum matang. Lalu aku coba tanya sama pengurusnya, apakah kalau memang lagi musim panen kita bisa ikut memetik sendiri seperti di kebun buah Mekarsari yang di Bogor itu. Ternyata nggak boleh. Yang bisa memetik hanya pengelola kebun ini saja. Oke baiklah, cukup membantu informasinya.

Aku coba jalan lagi ke kebun sebelah dan ya sama saja, belum buah dan sistemnya juga sama tentunya. Karena ini hari libur jadi cukup banyak pengunjung yang datang tapi menurut aku kurang ada fasilitas liburan yang memadai ya, semoga kedepannya lebih dikembangkan.

agrowisata belimbing desa moyoketen
agrowisata belimbing desa moyoketen
Akhirnya sebelum pulang kami mampir dulu untuk membeli belimbing. Kebetulan ada penjual yang baru mewadahi belimbing-belimbingnya. Kalau tidak salah saat itu harganya 12.000/1kg dan kami membeli 2kg bisa memilih sendiri buahnya dan ditimbang. Aku sempet nyobain beberapa potong buah belimbingnya. Warnanya segar dan tidak pucat serta rasanya yang tentu saja manis!

agrowisata belimbing desa moyoketen
agrowisata belimbing desa moyoketen
Aku sempat bertanya bagaimana cara agar buah ini tumbuh besar dan berbuah lebat, karena aku punya pohon belimbing di rumah tapi dia nggak mau besar. Jadi ternyata pohon belimning ini diberi pupu Jet A. Entah pengejaannya benar seperti itu atau nggak, setidaknya itu yang aku dengar hehehe.

agrowisata belimbing desa moyoketen

agrowisata belimbing desa moyoketen
Puas berbelanja belimbing kami kembali ke mobil dan melanjutkan perjalanan pulang. Nah menurut aku pribadi sih Agrowisata Belimbing Moyoketen ini merupakan inovasi yang bagus untuk pembudidaya belimbing disekitar sini. Namun lebih baiknya dibuat menjadi  agrowisata yang lebih menarik dengan berbagai fasilitas atau wahana kecil-kecilan serta memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk bisa memetik buah belimbingnya sendiri dijamin banyak pengunjung yang suka deh! Oke udah dulu yaa review dari aku!

 

Tips and Trick

1. Belanja dan cicipi buah belimbingnya

2. Datang saat musim panen

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY