11 Makanan Khas Palembang yang Enak Banget Wajib Dicoba


Reni  February 2, 2018  2 Comments

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki makanan khasnya masing-masing, salah satunya adalah makanan khas Palembang yang menarik untuk dicoba. Dengan ciri khasnya Anda akan menemukan sesuatu yang menyenangkan pada makanannya yaitu sebagai berikut :

Kerupuk Kemplang

makanan khas palembang

Kerupuk ini adalah oleh-oleh khas Palembang yang terbuat dari tepung sagu dan ikan yang sudah dikeringkan. Dengan rasanya yang gurih dan renyah memang menjadi daya tarik untuk para wisatawan untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Makanan ringan khas Palembang ini juga menjadi teman yang cocok jika disantap dengan sambal pedas.

Menjadi pilihan oleh-oleh yang banyak dibawa dikarenakan memang praktis dan lebih ringan tentunya, sehingga akan memudahkan wisatawan atau orang-orang yang berkunjung dalam keperluan apapun untuk membawanya ke kampung halaman setelah menghabiskan waktu di Palembang.

Review kuliner

Pempek Palembang

makanan khas palembang

Tentu sudah banyak orang yang mengetahui tentang makanan khas Palembang satu ini, bahkan Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Selain bahan dasar tepung sagu dan ikan yang digunakan di dalamnya juga ditambahkan telur sebagai pelengkap salah satu jenis pempek. Pelengkap dari pempek ini adalah saus cuka yang dibuat secara khusus.

Saat ini sudah mulai banyak dibuat variasi dan kreasi pempek yang ditambahkan beberapa bahan lainnya seperti tahu hingga udang bahkan memiliki beragam warna menarik yang sudah dipastikan aman untuk dikonsumsi, jadi Anda memiliki begitu banyak pilihan tentunya dengan cita rasa menarik dari produsen pempek tersebut.

Martabak HAR

makanan khas palembang

Sebenarnya ini adalah nama rumah makan yang ada di Palembang dengan sajian utamanya adalah martabak. Memang pada dasarnya sama saja dengan martabak sayur lainnya, namun ada ciri khas cita rasa tersendiri yang tidak bisa Anda temukan pada martabak lainnya. Biasanya martabak ini disajikan bersamaan dengan olahan kambing dan kecap cabe sebagai pelengkapnya sehingga memunculkan rasa yang enak untuk dinikmati.

Untuk Anda yang berada di daerah Jakarta tidak perlu khawatir karena rumah makan ini sudah ada cabang di sana sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi demi bisa merasakan nikmatnya martabak HAR ini. Sama seperti martabak lainnya, Anda bisa memilih antara menggunakan telur bebek ataupun telur ayam, tentunya dengan rasa luar biasa yang khas.

Mie Celor

makanan khas palembang

Olahan mie satu ini disajikan dengan kuah santan yang kental dengan bumbu khasnya ini sebenarnya sudah menjadi makanan khas Palembang yang cukup terkenal di beberapa daeah lainnya. Selain menggunakan kuah santan, olahan mie ini juga menambahkan pelengkap lain untuk menambah cita rasa yaitu irisan telur, daun bawang, udang, tauge, bawang goreng, seledri dan beberapa potongan daging ayam. Anda akan merasakan rasa yang unik dan enak berbeda dengan olahan mie lainnya.

Kue Lapis Maksuba

makanan khas palembang

Kue lapis khas Palembang bernama maksuba ini memang sekilas sama saja dengan kue lapis pada umumnya atau juga bolu koju. Namun yang berbeda adalah tingkat kelembutan di bagian tengahnya karena terbuat dari telur bebek dan susu kental manis.

Dengan komposisi bahan yang tepat menjadikan kue lapis ini menjadi jajanan yang sangat diminati oleh orang sekitar Palembang dan juga wisatawan. Untuk makanan yang satu ini memang Anda harus datang ke Palembang agar bisa mencoba merasakan sensasi rasa menariknya.

Tekwan

makanan khas palembang

Hampir sama dengan pempek, tekwan ini juga terbuat dari tepung sagu dan ikan sebagai bahan dasarnya. Perbedaannya tekwan ini disajikan dengan pelengkap kuah udang, bawang goreng, seledri, jamur kuping, daun bawang dan bihun.

Tentunya rasa kuah udang yang gurih akan melengkapi olahan tepung sagu yang rasanya hampir sama dengan pempek sebagai sensasi rasa unik untuk Anda dapatkan di Palembang. Tekwan ini memang akan sangat nikmat jika dimakan saat masih panas di cuaca yang agak dingin.

Kue Lumpang

makanan khas palembang

Kue ini merupakan salah satu jenis jajanan basah Palembang dengan ciri khas bentuk yang mirip seperti lumpang yang biasa digunakan sebagai peralatan dapur. Teksturnya yang kenyal dan empuk membuat kue ini bisa dinikmati oleh siapa saja, apalagi dengan tambahan parutan kelapa di atasnya selain mempermanis juga memberikan rasa gurih pada kue tersebut.

Kelapa parut tersebut sudah lebih dulu dikukus dengan menggunakan penambahan garam, sehingga memang tidak hambar dan menjadi bagian yang membuat rasanya menjadi semakin menarik. Mungkin bagi orang Jawa hampir mirip dengan klepon, hanya saja isian dan bentuknya berbeda.

Model

makanan khas palembang

Salah satu makanan khas Palembang ini menjadi tujuan wisata kuliner yang harus Anda coba saat sedang berada di sana. Sebenarnya untuk isinya sendiri sama dengan tekwan dan pempek karena menggunakan bahan yang serupa yaitu tepung sagu serta ikan.

Namun ada dua jenis model yang bisa Anda coba yaitu model ikan dan gandum. Bahan pelengkap lainnya juga hampir sama dengan tekwan hanya saja ditambahkan timun, begitu juga dengan kuah udang yang dicampurkan dalam makanan ini yang tentunya dengan beberapa bumbu pelengkap lainnya menciptakan cita rasa luar biasa.

Es Kacang Merah

makanan khas palembang

Es ini memang biasanya menjadi teman yang cocok untuk makan pempek. Dengan menikmati dua makanan khas Palembang ini maka Anda akan benar-benar merasa berada di Palembang sepenuhnya. Anda tidak perlu khawatir karena es kacang merah ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di Palembang. Mulai dari pedagang kaki lime hingga rumah makan juga banyak yang menjual es kacang merah ini.

Celimpungan

makanan khas palembang

Masih dengan bahan dasar berupa tepung sagu dan ikan, bagian utama dari celimpungan ini dibuat dengan bentuk bulat pipih serta sedikit lebih besar dari isian tekwan. Bedanya dengan tekwan, celimpungan ini menggunakan kuah santan sebagai pelengkapnya yang menggunakan bumbu berupa kunyit, bawang putih, bawang merah, daun salam, garam dan lada. Dengan olahan bumbu santan yang tepat maka Anda akan mendapatkan rasa yang tidak ada duanya dalam makanan celimpungan ini.

Laksan

makanan khas palembang

Mungkin bagi Anda yang bukan orang Palembang asli masih agak asing dengan makanan khas Palembang yang satu ini. Masih menggunakan bahan tepung sagu dan ikan yang mungkin sekilas bentuknya hampir sama dengan pempek lenjer.

Namun perbedaannya terletak pada kuah santan yang berwarna lebih oranye dibandingkan dengan celimpungan yang kuning seperti kare. Jika orang Palembang mengkonsumsinya maka akan lebih lengkap jika menggunakan tambahan sambal yang pedas ke dalam laksannya, tentu akan ada sensasi rasa yang menarik untuk dicoba.

Indonesia memang kaya akan beragam budaya begitu juga dengan olahan kulinernya. Jika Anda berkunjung ke Palembang tentu akan lebih banyak menemukan makanan berbahan ikan dan sedikit pedas sebagai ciri khasnya. Mencoba makanan khas Palembang memang akan sangat menarik dan menyenangkan dalam melengkapi perjalanan Anda di sana.



Leave a Reply

2 Comments
  1. Tri Lestari says:

    Menurut saya, artikel diatas mengandung isi yang sangat bermanfaat,bahasa yang dipakai pun merupakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga inti yang disampaikan penulis dapat diterima dengan mudah,pada dasarnya artikel ini banyak mengandung manfaat khusnya bagi saya.