Mengintip Eksotisme 10 Tempat Wisata Republik Macedonia


Reni  April 23, 2019  0 Comment

Meski mudah diakses dan dilengkapi dengan semua kenyamanan dunia Barat, Republik Macedonia bagaikan harta terpendam di Eropa. Macedonia memang kurang terkenal sebagai Negara tujuan wisata, padahal tempat wisata di Macedonia sebenarnya juga tak kalah menarik untuk di kunjungi sebagaimana negara-negara Eropa lainnya. Wilayah ini adalah bagian dari wilayah Balkan, sebagian Mediterania dan telah sangat dipengaruhi oleh budaya Romawi, Yunani, Albania, dan Ottoman. Jika Anda berencana berwisata ke Macedonia, tetapi tidak yakin karena kurang mengetahui apa saja tempat wisata di Macedonia yang menarik, maka berikut ini adalah ringkasan tempat wisata yang harus Anda kunjungi bila berwista ke Macedonia.

Tempat Wisata Macedonia

1. Skopje

Skopje


Ini adalah ibu kota dan pusat budaya Macedonia. Di tempat wisata di Macedonia ini, wisatawan akan merasakan suasana bagaimana negara ini menganut cara hidup Eropa modern sambil tetap menghormati masa lalu yang kuno. Kameni Most (Jembatan Batu Skopje) adalah hal terbaik yang seolah mampu menggambarkan kombinasi kuno dan modern. Kameni Most menghubungkan sisi kota modern dengan kawasan Ottoman lama.
Dengan melewati Kameni Most,wisatawan akan dibawa menyeberang dari lingkungan bergedung perkantoran modern dan kondominium, menuju Caršija (bazaar Turki kuno). Pengalaman tersebut seperti bepergian ke masa lalu dengan sangat mudah, hanya dengan menyebrangi Jembatan.
Saat menginjakan kaki di tempat wisata di Macedonia ini, luangkan waktu melihat pemandangan utama kota, antara lain : Plostad Makedonija (Skopje Central Square), Tvrdina Kale Fortress yakni Benteng Kale abad ke-6 yang seolah selalu berjaga-jaga di atas kota Skopje, patung raksasa Alexander Agung, dan Mother Teresa Memorial House yakni bangunan yang dibangun dalam rangka menghormati salah satu warga Macedonia yang paling terkenal dan dedikasinya seumur hidup untuk pekerjaan kemanusiaan dan untuk orang-orang miskin di dunia.

Baca juga :  7 Agrowisata di Malang Bikin Seger Mata
review tempat wisata

Segarnya Sajian Sop Durian Di Mister Duren Maospati. Asli Durian Medan!

Hunting Street Food Di Dotonburi Osaka: Mulai Dari Okonomiyaki Hingga Takoyaki

2. Canyon Matka

Canyon Matka

flatiron.mk


Terletak hanya 17 kilometer dari arah barat daya Kota Skopje. Canyon Matka dikelilingi oleh dinding-dinding ngarai yang terjal. Bagi wisatawan yang suka berwisata di alam terbuka, mengunjungi Canyon Matka akan menjadi pengalaman yang tak mudah dilupakan.
Sebagian besar pengunjung datang ke Canyon Matka, lalu menyewa perahu untuk menyusuri Canyon Matka, melihat goa, kemudian makan siang di Canyon Matka Hotel and Restaurant. Canyon Matka menawarkan 10 gua dan beberapa formasi batuan yang menawan. Goa Vrelo adalah Goa yang paling mengesankan.
Canyon Matka juga rumah bagi lebih dari 70 spesies kupu-kupu. Terdapat pula tempat bermain kayak yang populer karena perairannya yang tenang dan pemandangannya yang menyegarkan. Selain segala hal yang beraroma alami, Canyon Matka adalah rumah bagi tiga Gereja yakni Gereja St. Andrew, Gereja St. Nicholas Shishovski, dan Gereja Matka. Masing-masing Gereja menyimpan lukisan dinding yang indah, beberapa di antaranya berasal dari abad ke-14.

3. Bitola

Bitola

davidsbeenhere.com


Bitola adalah kota terbesar kedua di Macedonia. Terletak di selatan Macedonia, dekat perbatasan Yunani. Bitola adalah kota tua Ottoman yang dulu dikenal sebagai “Kota Konsul” karena berfungsi sebagai pusat diplomatik. Elegan adalah kata terbaik untuk menggambarkan suasana Bitola.
Mengunjungi Bitola, wisatawan akan melihat townhouse penuh warna (abad ke-18), pemandian Turki Deboj Amam (abad ke-17), reruntuhan Heraclea Lyncestis, Masjid Jeni dan Masjid Isak Beg yang baerdiri sejak abad ke-16. Pengalaman yang tidak boleh adalah duduk di sepanjang Širok Sokak (Wide Street) dan menyeruput espresso Bitola. Jika hendak berbelanja oleh-oleh kunjungi Stara Čaršija atau Bazaar Lama Bitola.

Baca juga :  7 Rekomendasi Open Kitchen Restaurant di Jakarta

4. Taman Nasional dan Danau Mavrovo

Danau Mavrovo
meanderbug.com


Taman Nasional Mavrovo adalah yang terbesar di Macedonia. Membentang lebih dari 192.000 hektar dari Danau Mavrovo ke perbatasan Albania. Di Taman Nasional Mavrovo wisatawan akan menemukan puncak tertinggi Macedonia dan tempat bermain ski terbaik di Macedonia. Pada musim panas, Taman Nasional Mavrovo menjadi subur dan hijau.
Danau Mavrovo adalah danau buatan terbesar di negara ini. Di musim panas, Danau Mavrovo menjadi tujuan populer untuk berenang dan berperahu. Satu hal yang tidak biasa tentang Danau Mavrovo adalah Gereja St. Nicholas yang sengaja ditenggelamkan pada tahun 1953 ketika danau buatan itu digali, tetapi justru menciptakan pemandangan yang unik.

5. Kruševo

Kruševo
macedonia.for91days.com


Meskipun hanya memiliki sekitar 10.000 warga, Kruševo pernah menjadi republik sendiri. Kruševo menjadi saksi perjuangan berabad-abad untuk memenangkan kemerdekaan dari Kekaisaran Ottoman. Wisatawan akan menemukan Mechkin Kaman dan Makedonim yakni dua monumen yang dibangun untuk mengenang pemberontakan. Terletak di Pegunungan Baba, Kruševo memiliki arsitektur yang luar biasa dan beberapa biara dan gereja yang patut dikunjungi.

6. Stobi

Stobi
discoveringmacedonia.com


Tempat wisata di Macedonia ini adalah salah satu situs arkeologi. Stobi pertama kali didirikan oleh Kerajaan Paeonia abad ke-7. Pada masa Romawi, Stobi adalah ibu kota provinsi Macedonia Secunda. Stobi memiliki posisi strategis di sepanjang rute perdagangan Romawi kuno dan menjadi pusat perdagangan penting. Perjalanam ke Stobi membutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara di tenggara Kota Skopje. Situs arkeologi ini buka setiap hari jam 10 pagi sampai jam 3 sore.

7. Taman Nasional Pelister

Pelister

YouTube


Salah satu tempat wisata di Macedonia ini merupakan taman nasional yang tertua dari tiga taman nasional Macedonia. Taman Nasional ini adalah rumah bagi pohon pinus lima jarum, yang hanya ditemukan di beberapa gunung di Semenanjung Balkan. Selain itu, para penggemar wisata alam akan menemukan rusa roe, serigala, beruang, chamois, elang, partridge, dan gagak merah.
Berada di Macedonia barat, dekat dengan Kota Bitola. Terdapat Gunung Pelister dengan ketinggian 2600 meter. Taman Nasional Pelister juga memiliki dua danau yang indah, yang oleh penduduk setempat disebut Pelisterski Oci atau Pelister’s Eyes. Pelister juga menjadi salah satu lokasi favorit para penghobi hiking.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Menarik di Singkawang, Dijamin Nggak Mau Pulang

8. Gevgelija

Gevgelija

Pinterest


Tempat wisata di Macedonia yakni Gevgelija memiliki reputasi sebagai tempatnya bersenang-senang dengan julukan “Las Vegas Macedonia” karena di sini tersedia kasino, hotel bintang lima, klub malam, galeri, dan tempat konser. Ada banyak spot untuk hiburan eksklusif di Gevgelija. Tetapi ada pula spa dengan pemandian belerang. Keindahan alam juga ditampilkan dengan keberadaan hutan pinus di Gevgelija.

9. Ohrid Town

Ohrid Town

Pixabay


Tempat wisata di Macedonia ini berada di sepanjang Danau Ohrid dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Terdapat biara-biara di sekitar Ohrid Town. Jangan lewatkan mengunjungi Benteng Tsar Samuil untuk melihat pemandangan indah ke arah danau dan Ohrid Town.
Wisatawan juga akan menemukan Gereja St. Clement yang berdiri sejak abad ke-13 dan Teater Kuno. Yang juga tak boleh dilewatkan yaitu naik perahu di Danau Ohrid

10. Monastery of St. Naum

Monastery of St. Naum
adriaticdmc.hr


Tempat wisata di Macedonia yang satu ini memiliki nama lain Sveti Naum. Terletak sekitar 18 mil dari Ohrid Town, terletak di tebing berbatu dekat perbatasan Albania. Butuh waktu sekitar 30 menit berkendara dari Ohrid Town. Lukisan dinding abad ke 16 dan 17 menjadikan objek wisata populer dan beberapa lukisan religius terbaik seantero Balkan dapat ditemukan di Monastery of St. Naum. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan danau yang indah.
Tempat wisata di Macedonia adalah representasi indah dari wilayah Balkan dengan berbagai pengaruh etnis, tetapi tetap ada kehadiran kota-kota modern yang berdampingan dengan pedesaan indah. Macedonia juga memiliki surga alami yang menakjubkan dengan situs-situs bersejarah dan reruntuhan yang tersimpan cukup baik di desa-desa indah, bahkan seolah tak pernah berubah selama berabad-abad.



Leave a Reply