11 Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Indah Pemandangan Alamnya


Reni  August 21, 2018  0 Comment

Semua provinsi di Indonesia tentunya memiliki kekayaan alam masing-masing yang menarik untuk dikunjungi. Apabila Anda berkunjung ke Sumatera Utara, salah satu lokasi yang wajib menjadi destinasi wisata Anda adalah Berastagi. Berastagi merupakan sebuah kecamatan yang berada di Sumatera Utara yang menyimpan berbagai jenis wisata, salah satunya yakni wisata alam yang sangat eksotis. Apa saja? Ini dia tempat wisata di Berastagi yang patut Anda kunjungi

1. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap

dangstars.blogspot.com

Tempat wisata di Berastagi selanjutnya adalah air terjun Sikulikap. Menurut warga sekitar, air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang sangat indah dan eksotis. Dengan memiliki ketinggian sekitar 30 meter, areal air terjun ini ditumbuhi dengan hutan cemara yang menimbulkan aroma harum di sekitarnya.

Air terjun ini bersumber dari Taman hutan rakyat Bukit Barisan yang merupakan Kawasan Ekosistem Leuser. Untuk menuju lokasi ini, diperlukan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam dengan menggunakan angkutan umum antar daerah. Apabila membawa kendaraan, dapat diparkirkan di warung yang berada di Penatapan Berastagi.

review kuliner

Mikie Funland (Mikie Holiday), Family Trip , Berastagi

2. Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

williekhonggo.com

Lokasi wisata ini memiliki sumber air panas alami dengan belerang yang berasal dari aliran lava Gunung Sibanyak. Banyak yang berkunjung ke wisata ini, termasuk wisatawan domestik maupun mancanegara untuk sekedar relaksasi dan merasakan hangatnya air belerang dan sejuknya udara pegunungan. Air terjun ini dikelola oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Pemandian air panas ini terdiri dari kolam-kolam dengan suhu air rata-rata 40-45 derajat Celcius. Tempat ini cukup ramai dikunjungi saat hari libur.

3. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

arikokena.blogspot.com

Di lokasi inilah pagoda terbesar di Indonesia berada. Agoda yang berada di Taman Alam Lumbini ini merupakan replikasi dari pagoda Shwedago di Myanmar. Pagoda ini berukuran sekitar 69 meter ersegi dengan tinggi sekitar 46,8 meter yang berdiri di areal 3 hektare. Selain kuli dan pagoda, Anda juga bisa menikmati keindahan taman yang berada di sekeliling lokasi wisata ini.

4. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

ranselkecil.com

Tempat wisata di Berastagi selanjutnya adalah air terjun dua warna. Air terjun ini memiliki dua warna yakni kehijauan serta warna biru yang membuatnya sangat eksotis ketika dilihat. Lokasi air terjun ini yakni berada di area camping Sibolangit dengan tinggi mencapai 75 meter. Air terjun ini berada di susunan bebatuan di dekatnya.

Sumber air terjun ini adalah sebuah sungai sisa letusan dari Gunung Sibanyak. Bagi Anda yang berniat berkunjung ke tempat wisata ini, alangkah baiknya Anda untuk bersiap secara fisik dulu, hal ini dikarenakan untuk berwisata kesini harus berjalan menerobos hutan.

Biaya masuk ke areal lokasi wisata ini adalah Rp 25.000., yang digunakan sebagai biaya perawatan dan perlindungan terhadap hutan Sibolangit. Ketika Anda berkunjung ke wisata ini sangat disarankan untuk menggunakan jasa tour guide agar tidak kesasar dikarenakan rute tempuh yang membelah hutan sangat lebat. Bagi para peinta alam, Anda juga bisa mendirikan tenda di lokasi ini.

5. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

tribunnews.com

Tempat wisata di Berastagi selanjutnya adalah Bukit Gundaling. Bukit ini terletak sekitar 3 km dari pusat kota berastagi. Lokasi ini terletak di ketinggian 1575 dari permukaan laut sehingga memiliki hawa yang sangat sejuk.

Ketika sudah sampai di bukit ini, akan Nampak pemandangan Kota berastagi serta pemandangan indah yang disuguhkan oleh Gunung Sinabung dan Sibayak. Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa menyewa angkutan umum dari berastagi. Sebelum mencapai puncak bukit ini, Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 4.000., per orang.

Anda bisa berkeliling menikmati keindahan alam disini dengan cara berjalan kaki, berkuda, atau naik sado. Apabila sudah puas berkeliling, Anda jugsa bisa langsung menikmati keindahan alam di sekitar bukit ini dengan membawa alas duduk atau tikar. Disini juga terdapat pusat souvenir yang bisa Anda kunjungi karena memilik harga yang sangat murah, asalkan Anda pintar menawar.

6. Penatapan Berastagi

Penatapan Berastagi

cakrabaymaxtourism.blogspot.com

Tempat wisata di Berastagi selanjutnya adalah Penatapan Berastagi. Ketika sampai di lokasi ini, hal pertama yang paling diincar oeh para pengunjung adalah wisata kulinernya. Dengan menyajikan menu hidangan khas Berastagi dan ditambah dengan suasana alam terbuka sambil menikmati bukit hijau di sekitar lokasi ini.

Harga yang ditawarkan di lokasi ini cukup murah, ditambah dengan kelezatan rasa serta emdangan yang disuguhkan sangat cocok untuk menemani waktu santai Anda bersama dengan keluarga saat liburan telah tiba.

7. Air Terjun Batu Belah

Air Terjun Batu Belah

wisatajawatimur.xyz

Masih di lokasi yang sama, Anda pun dapat berwisata ke air terjun yang lainnya yakni batu belah waterfall. Berbeda halnya dengan air terjun dua warna, batu belah ini tidak terlalu terkenal, padahal keindahan alam di sekitar lokasi ini juga tak kalah menariknya dengan lokasi air tejun dua warna.

Untuk menu ke lokasi ini pun memiliki akses yang tak sesulit menuju area air terjun dua warna. Lokasi ini bisa ditempuh selama 5 menit perjalanan dengan motor, kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan membelah hutan sampai menjumpai batu belah.

Disebut dengan batu belah dikarenakan adanya 2 tebing yang sangat besar dan membentuk sebuah dinding alami ditambah dengan jalan kecil yang mengapit keduanya. Lokasi wisata ini cocok dijadikan sebagai lokasi camping bagi para komnitas pecinta lingkungan.

8. Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh

fototanahkaro.blogspot.com

Bagi para pecinta tanaman hias, kebun raya Tongkoh ini menjadi salah satu destinasi favorit Anda. Di lokasi wisata ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis tanaman hias yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dan menunjukkan bahwa Anda pernah mengunjungi Berastagi. Dengan harga yang sangat bervariasi, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang ditawarkan.

9. Desa Lingga

Desa Lingga

fzdodos.wordpress.com

Desa inilah yang dijuluki sebagai desa tertua dan masih menjaga kelestarian peninggalan Budaya Karo. Desa ini hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Berastagi. Disini juga terdapat museum mini yang berisi peninggalan Kerajaan Karo, rumah tua yang berumur hampir ratusan tahun. Di lokasi ini Anda juga bisa belajar bagaimana cara menggunakan pakaian adat Karo.

10. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

nopipon.com

Tempat wisata di Berastagi yang terakhir yakni Danau Lau Kawar. Wisata ala mini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dengan bukit hijaunya serta memiliki udara yang sejuk karena berada di bawah kaki Gunung Sinabung. Memiliki areal yang sangat luas yakni sekitar 200 hektar dan juga memiliki fasilitas area camping ground bagi para pecinta alam.

11. Bukit Kubu

Bukit Kubu

nichpakaich.net

Tempat wisata di Berastagi yang pertama adalah Bukit Kubu. Tempat ini memiliki udara yang sejuk dan nyaman ditambah dengan pemandangan alam yang sangat memukau. Bukit Kubu ini memiliki hamparan lapangan hijau yang sangat luas. Wisata di berastagi yang terletak di dataran tinggi ini memang menjadi salah satu destinasi terfavorit bagi para pengunjung.



Leave a Reply