10 Wisata Pangkalan Bun, Mulai Wisata Budaya Hingga Wisata Alam


Fida  February 21, 2022  0 Comment

Pangkalan Bun dikenal sebagai daerah yang merupakan ibukota Kotawaringin Barat. Pangkalan Bun juga dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata sehingga tidak heran jika banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Pangkalan Bun yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Pantai Kubu

pantai kubu
kostisolo.co.id

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Pangkalan Bun yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Pantai Kubu. Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan serta suasana yang sangat menyenangkan. Selain dimanjakan dengan perairan yang bersih, pengunjung juga dapat menikmati adanya bebatuan karang di kawasan pantai.

Beberapa hal yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Pantai Kubu diantaranya kamu dapat memilih untuk bersantai maupun berfoto di berbagai spot yang ditawarkan. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba berbagai kuliner yang ditawarkan. Kawasan pantai ini juga berdekatan dengan kampung nelayan sehingga pengunjung pantai dapat mencoba berbagai menu seafood yang lezat dan segar. Kamu dapat mengunjungi Pantai Kubu di Jalan Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal Di Gresik

2. Bukit Bolau

bukit bolau
amazingborneo.id

Bukit Bolau juga menjadi salah satu destinasi wisata Pangkalan Bun yang cukup populer dan banyak didatangi oleh wisatawan. Tempat wisata yang satu ini juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang berjiwa petualang karena jalan yang dilalui cukup menantang. Pengunjung harus melewati jalanan yang terjal dan juga licin.

Meskipun harus melewati perjalanan yang cukup melelahkan, tetapi rasa lelah akan terbayar lunas saat kamu tiba di lokasi Bukit Bolau. Kamu dapat menikmati indahnya pemandangan serta sejuknya suasana yang ditawarkan. Untuk datang dan menyusuri kawasan bukit, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang.

3. Desa Dayak

desa dayak
idntimes.com

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata Pangkalan Bun yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu rekomendasi tempat wisata yang populer dan sayang untuk dilewatkan adalah Desa Dayak. Di desa ini, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya rumah-rumah adat yang khas serta budaya yang masih sangat kental.

Untuk menyusuri Desa Dayak, kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 15.000,- per orang untuk membayar tiket masuk. Desa yang satu ini berlokasi di Jalan Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

4. Air Terjun Suayap

air terjun suayap
amazingborneo.id

Tidak kalah menarik dengan berbagai destinasi wisata Pangkalan Bun lainnya, Air Terjun Suayap juga menjadi salah satu rekomendasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Air terjun yang satu ini dikenal akan keindahannya yang sangat luar biasa. Tidak hanya aliran air yang terjun dari ketinggian, di kawasan air terjun juga terdapat kolam yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berendam atau sekedar bermain air.

Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran karena suasana yang ditawarkan sangat tenang dan asri. Tidak hanya bersantai dan menikmati pemandangan, juga dapat mencoba untuk mengabadikan momen dengan cara berfoto. Saat berkesempatan datang ke kawasan Pangkalan Bun, tidak ada salahnya untuk memutuskan mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

5. Istana Kuning

istana kuning
visitkotawaringinbarat.id

Istana Kuning juga menjadi salah satu destinasi wisata Pangkalan Bun yang kerap dikunjungi khususnya bagi pecinta tempat wisata bersejarah. Jika dilihat dari namanya, beberapa orang mengira bahwa istana ini didominasi oleh warna kuning, tetapi sebenarnya tidak.

Istana yang satu ini dulunya memiliki satu ruangan yang disebut dengan Dalam Kuning. Hal itu berasal dari bahan yang digunakan untuk membuat bangunan yakni kayu berwarna kuning. Tidak hanya menikmati indahnya arsitektur bangunan, pengunjung juga dapat melihat adanya berbagai benda bersejarah yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Kutaringin. Istana yang satu ini terletak di Jalan Raja, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

6. Sungai Arut

sungai arut
regional.kompas.com

Salah satu rekomendasi wisata Pangkalan Bun yang cocok untuk kamu kunjungi adalah Sungai Arut. Sungai yang satu ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Saat datang sore hari, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan matahari terbenam di kawasan ini.

Ujung dapat melakukan berbagai kegiatan seru saat datang ke kawasan sungai salah satunya adalah mencoba menyusuri sungai dengan menggunakan getek. Saat menyusuri sungai, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami dan bisa melihat secara langsung bekantan di pinggir sungai. Menarik sekali bukan?

7. Pantai Teluk Bogam

pantai teluk bogam
celebes.co

Saat ingin mengunjungi salah satu destinasi wisata Pangkalan Bun, Pantai Teluk Bogam tentu sayang untuk kamu lewatkan. Pantai yang satu ini sudah cukup populer dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang luas serta indahnya pemandangan alam yang ditawarkan. Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk datang ke pantai ini saat sore hari tiba untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam.

Pengunjung dapat bersantai hingga berfoto dengan berbagai spot yang ditawarkan. Pantai yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun orang tersayang.

8. Riam Tapin Bini

riam tapin bini
amazingborneo.id

Diantara banyaknya pilihan destinasi wisata Pangkalan Bun yang menarik untuk dikunjungi, Riam Tapin Bini juga menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Kawasan yang satu ini merupakan sungai dengan arus yang sangat deras. Lokasinya yang berdekatan dengan Bukit Bolau juga menjadikan kamu dapat datang ke 2 tempat wisata sekaligus saat mengunjungi Riam Tapin Bini.

Di kawasan sungai ini, kamu dapat mencoba kegiatan olahraga air yakni arung jeram. Olahraga air yang menantang sekaligus memacu adrenalin ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

9. Bundaran Pancasila

bundaran pancasila
borneo24.com

Selain tempat wisata alam, Bundaran Pancasila juga menjadi salah satu destinasi wisata Pangkalan Bun yang populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Kawasan yang satu ini merupakan tempat wisata bersejarah dengan bangunan yang masih sangat megah.

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk datang ke Bundaran Pancasila karena pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memukau. Tidak hanya itu, suasana yang ditawarkan juga sangat menyenangkan dan membuat wisatawan betah.

10. Taman Wisata Alam Tanjung Keluang

taman wisata alam tanjung keluang
kumparan.com

Taman Wisata Alam Tanjung Keluang menjadi salah satu destinasi wisata Pangkalan Bun yang sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik dan menakjubkan. Pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air maupun berfoto dengan berbagai spot menarik yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, salah satu aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan adalah menaiki kapal kelotok untuk berkeliling di kawasan pantai. Kapal kellotok merupakan kapal tradisional khas Kalimantan. Menarik sekali bukan?



Leave a Reply