Ternyata Mudah Lho Menemukan 4 Tempat Makan Halal di Laos


sisil angelin  November 16, 2018  0 Comments

Belakangan ini ada banyak sekali wisatawan yang mulai ingin liburan ke negara Laos. Hal ini tentu saja karena Laos juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa anda kunjungi juga tersedia tempat makan halal di Laos. Mulai dari Candi – candi seperti Pha That Luang yaitu candi Budha yang berlapiskan emas terbesar yang ada di kota Vientiane, Wat Xieng Thong yaitu candi yang di bangun pada masa Raja Setthatirahth sekitar tahun 1559. Selain candi ada juga pegunungan dan sungai indah yang bisa anda menjadi destinasi wisata Laos. Misalnya adalah Baloven Plateau yaitu pegunungan dengan air terjun indah dan Sungai Mekong yang merupakan sungai terpanjang yang ada di Asia Tenggara.

Karena lokasi dari Laos dekat dengan Negara China, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Kamboja. Membuat negara ini memiliki masakan yang hampir mirip dengan negara – negara tersebut. Mulai dari cita rasa hingga tampilannya sebenarnya sangat mirip dari negara tersebut. Dan masyarakat Laos juga sebenarnya sangat suka dengan sayuran dan bumbu – bumbu yang masih sangat segar. Dan uniknya, di Laos anda akan lebih sering menemukan ketan dibandingkan nasi. Karena penduduk lokal menggunakan ketan sebagai pengganti dari nasi.

Sebenarnya hampir mirip dengan negara tetangganya, Thailand. Mayoritas dari negara Laos menganut agama Budha. Sehingga untuk anda yang muslim mungkin cukup khawatir saat akan mencari makanan yang Halal di Laos. Namun anda tidak perlu khawatir, walaupun umat muslim yang tinggal di Laos dalam lingkup minoriti, namun untuk bisa mendapatkan beberapa makanan yang halal anda sebenarnya tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali restoran yang masih menyediakan beberapa menu makanan Halal. Jadi umat muslim yang kebetulan liburan ke Laos tidak perlu khawatir lagi.

Menu makanan halal di Laos dengan ciri khas makanan Laos memang sangat jarang untuk anda temukan. Namun anda bisa mengantisipasinya untuk mengunjungi beberapa menu dari restoran timur tengah atau Asia Selatan yang juga banyak berjejer di Laos. Sehingga anda tidak perlu khawatir saat akan memilih makanan halal di Laos. Berikut adalah beberapa tips dan pilihan tempat makanan halal di Laos yang bisa anda kunjungi diantaranya adalah :

1. Indian Food

Indian Food

wall.alphacoders.com

Tempat makan halal di Laos Beberapa restoran dan warung – warung di Laos yang menyajikan makanan khas india biasanya akan menyajikan beberapa menu vegetarian. Nah, jika anda sedikit khawatir dengan beberapa jenis makanan yang ada di Laos, maka ada baiknya untuk anda mampir ke warung atau restoran India yang tersedia di Laos. Untuk anda yang mungkin kebetulan selama ini sangat menyukai makanan India. Nah, jika anda ingin makan makanan halal di Laos, ke warung India bisa menjadi pilihan anda. Maka ada satu tempat yang sangat bisa direkomendasikan yaitu NISHA restoran India yang letaknya ada di Luang Prabang dan phonasavanh. Yang memiliki restoran ini adalah orang India. Nama Nisha sendiri diambil dari nama anak perempuan dari kakak yang memiliki restoran ini.
Untuk harga, masakan India dimanapun memang mematok harga yang cukup tinggi. Harga makanan India disini mulai dari 25000 kip hingga 40000 kip. Namun ada juga beberapa restoran India lain yang sebenarnya memiliki harga menanga di Laos.

Gotravelly

Randugede Hidden Paradise Sambil Menikmati Menu Makanan Di Padi Mas Resto

Melihat Hamparan Bunga Warna-Warni Di Kebun Refugia Magetan. Hortikultura Yang Super Kece!

2. Baguette

Baguette

laostourist.com

Sebenarnya masih sangat kental dengan pengaruh dari budaya Perancis, dan masyarakat asli lokal di laso sering kali mengkonsumsi Baguetta atau biasa disebut dengan roti panjang. Entah ini sebagai salah satu menu utama atau sering kali juga digunakan sebagai menu cemilan. Hanya saja penduduk lokal dari Perancis memang seringkali membeli sekantong Baguette saat mereka melakukan perjalanan bus yang cukup lama. Dan untuk harganya sendiri, satu baguette yang polos hanya dijual sekitar 1000 hingga 2000 kip.
Baguette juga banyak sekali dijual di Laos dan biasanya dibeli oleh beberapa turis. Kawasan yang paling ramai yang menjual baguette adalah kota – kota. Baguette juga sangat mudah untuk anda kombinasi bagian isinya, anda bisa menambahkan beberapa buah hingga selai. Misalnya pisang dengan selai kacang atau dengan nutella. Atau anda bisa menggantinya dengan savory misalnya adalah omelet, ayam hingga tuna dan tak lupa juga akan bisa menggunakan salad. Harga Baguette yang sudah ada isinya bisa mencapai 20000 kip. Nah karena baguette sendiri adalah roti maka ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan lain untuk makanan halal di Laos yang bisa anda pilih.

3. BBQ

makanan halal di laos

backstreetacademy.com

Kebiasaan dari masyarakat lokal Laos adalah BBQ. Dan hampir di setiap sudut dari kota Laos dipadati dengan panggangan yang memang selalu saja mengepulkan asap saat sore. Walaupun kebanyakan adalah makanan Non Halal, namun ada beberapa makanan halal yang juga dijual di kawasan ini mulai dari BBQ ayam hingga BBQ ikan yang bisa anda coba. Di kawasan Night Market yang ada di Luang Prabang, Laos ada beberapa gang sempit yang menjual beberapa menu BBQ halal yang bisa anda pilih. Namun jika kebetulan anda sedang ada di kawasan Vang Vieng dan Vientiane maka anda bisa juga menemukan BBQ yang mana memang selalu saja ramai dan selalu dikerubungi dengan banyak pengunjung lokal maupun wisatawan.
Karena ini adalah night market maka anda bisa memilih banyak menu BBQ yang disediakan. Hanya saja anda harus memastikan jika makanan yang dijual halal. Jika anda kurang yakin maka anda bisa menanyakan pada para pedagang yang menjual makanan apakah menu ini halal atau tidak.

4. Buffet

Buffet

harmarhouse.com

Ada di beberapa gang yang cukup sempit di kawasan night market yang ada di Luang Prabang, Laos terdapat beberapa buffet yang disediakan untuk wisatawan yang berkunjung dimana anda bisa memilih dengan bebas dan mengambil beberapa jenis sayuran sesuka hati anda atau biasanya disebut dengan all you can eat. Dan biasanya sayuran yang tersedia di buffet ini tidak ada dagingnya. Sehingga bisa dikatakan jika menu yang disajikan menjadi sangat aman untuk anda konsumsi. Ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk anda yang mencari makanan halal di Laos.
Ada beberapa menu yang bisa anda pilih di buffet ini diantaranya adalah mie goreng dan tumisan sayur. Sebenarnya ada juga menu daging yang tersedia namun letaknya yang berbeda ada bagiannya sendiri.
Selain itu, sebenarnya di beberapa kota lain yang ada di Laos anda bisa mendatangi beberapa warung lokal yang kadang menjual sayuran matang yang halal. Biasanya sayuran masak isi diletakkan dalam sebuah panci yang terbuat dari logam. Disini ada banyak sekali pilihan menu makanan dengan banyak pilihan daging halal dan beberapa menu tumisan sayuran.
Jadi, jika kebetulan anda sedang ada di Laos anda tidak harus pusing dan khawatir saat sedang mencari menu makanan halal di Laos. Walaupun mereka negara komunis namun mereka masih memberikan ruang untuk kaum muslim yang ingin memilih makanan halal saat liburan ke negara Laos.



Leave a Reply

One Response
  1. wuri nugraeni says:

    alhamdulillah ya, jadi tenang kalo mo makan