Kuliner

Mantul! Berikut 10 Sate Paling Enak Di Madura

Menyebut nama kuliner yang paling terkenal di Madura, mungkin di benak Anda akan langsung terbesit nama sate Madura. Sate memang menjadi panganan yang khas dan melegenda dari Madura. Sate tersebut bukan hanya dijajakan di wilayah Madura saja namun hingga luar daerah juga akan banyak Anda dapati keberadaannya. Sate yang berbahan dasar ayam dengan bumbu kecap kacangnya yang khas ini menjadi kuliner yang banyak diminati. Namun sebenarnya bukan hanya sate Madura saja yang terkenal ada banyak macam sate di Indonesia. Berikut ini akan Kami sebutkan sate paling enak di Madura, antara lain:

1. Sate Ayam

Notepam.com

Yang paling terkenal dan legendaris di Madura adalah sate ayamnya. Hampir semua daerah di Indonesia bisa dengan mudah Anda jumpai orang yang menjajakan kuliner yang satu ini. dari namanya saja sudah menjelaskan bahan baku untuk membuat sate ini adalah daging ayam. Daging ayam tersebut kemudian diolah dengan berbagai macam bumbu yang diracik dan menjadi ciri khas dari kuliner yang ada di Jawa Timur. Yang menjadi istimewa dari sate ini adalah bumbu kacang serta dagingnya yang masih terasa sangat empuk dan aroma yang menggugah selera makan.

Pembuatan sate ini menggunakan daging ayam yang telah dipotong kecil kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Kemudian dicelupkan ke bumbu yang disediakan untuk dipanggang menggunakan arang yang berasal dari batok kelapa. Sesekali saat memanggang harus dengan diolesi bumbu tadi beberapa kali sehingga bumbu yang berjatuhan di atas arang membuat aromanya berterbangan kemana – mana dan menggugah setiap orang. Setelah dirasa matang hidangkan dengan lontong dan bumbu kacang yang menjadi khasnya.

Jangan berharap Anda akan menemukan sate Madura di daerah asalnya karena yang tersedia hanyalah nama – nama sate yang akan kami sebutkan ini. Kenapa? Layaknya warung Tegal yang menjual makanan khas Tegal namun di daerah asalnya namanya hanya warung nasi karena telah berada di daerah yang dimaksud sendiri. Anda bisa menemukan sate paling enak di Madura ini hanya dengan menunggu di depan rumah karena biasanya dijajakan dengan berkeliling.

 

2. Sate Kambing

Pegipegi.com

Sate kambing adalah salah satu sate yang bahan bakunya menggunakan sate kambing. Cara masaknya hampir sama dengan sate ayam yang dipotong kecil lalu ditusuk menggunakan tusuk sate yang dibakar dengan bumbu khusus dan menggunakan arang. Berbeda dengan sate ayam yang sudah enak jika disandingkan dengan lontong dan bumbu kacang kecap. Untuk sate kambing ini menggunakan bumbu kacang dengan campuran petis dan disandingkan dengan gulai kambing.

3. Sate Buntel

Berrykitchen.com

Mengetahui nama Sate Buntel memang sedikit asing namun sate yang mempunyai nama unik ini memang menjadi salah satu kuliner di Indonesia. dibandingkan dengan sate paling enak di Madura lainnya, sate ini mempunyai tampilan yang berbeda. Jika penampilan dari dua sate diatas yang menggunakan cara memotong dagingnya terlebih dahulu lalu ditusuk menggunakan tusuk sate. Sate yang ini justru menggunakan bahan baku yang dihaluskan dan bukan hanya menggunakan daging namun juga bisa menggunakan bahan seperti tempe ataupun lainnya. Daging atau tambahan bahan yang lain tadi dihaluskan lalu di tempelkan pada tusuk sate dan dibungkus menggunakan dibungkus menggunakan lemak daging hewan. Lalu dibakar dan jika sudah matang bisa disajikan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang sesuai selera.

4. Sate Kerang

ResepKoki.id

Sate ini menggunakan bahan utama daging kerang yang direbus. Makanan yang satu ini biasanya disajikan bersama lontong Kupang dengan kecap dan sambal. Rasanya akan semakin lezat jika dikonsumsi dengan lontong dan kuah kupang yang gurih. Tentu semakin menggugah selera makan Anda.

5. Sate Kalong

detikFood.com

Sate Kalong sebenarnya bukan makanan khas dari Madura namun bukan berarti Anda tidak bisa menemukannya di sana. Sate ini bukan terbuat dari daging Kalong atau dalam bahasa Indonesianya adalah daging Kelelawar. Namun menggunakan sapi atau kerbau yang mempunyai cita rasa manis menyerupai dendeng.

Bisa mendapatkan julukan Sate Kalong dikarenakan orang yang menjual sate ini disaat malam hari dan berjualannya sepanjang malam yang hampir sama seperti cara hidup kalong yang beraktivitasnya di malam hari saja.

6. Sate Lalat

GenPI.co

Jangan kaget mendengar nama kata Sate lalat dan berfikiran jika sate ini dibuat menggunakan bahan lalat. Bahan baku sate ini sama dengan yang digunakan umumnya yaitu daging ayam, kambing maupun sapi. Yang berbeda ialah potongan dari sate ini dibuat sekecil mungkin sehingga mendapat sebutan sate lalat. Banyak yang telah mencicipi sate paling enak di Madura ini dan juga ketagihan ingin mencoba dan mencobanya lagi. Ayo, apakah Anda tidak penasaran dengan rasanya?

7. Sate Jamur

YouTube.com

Jika Anda salah satu orang yang sedang menjalankan program diet maka jangan berkecil hati karena takut menyantap sate yang berbahan dasar daging. Anda bisa mencicipi sate jamur yang rasanya hampir sama dengan sate ayam. Mulai dari teksturnya yang kenyal, rasanya yang gurih dan juga aromanya yang sangat menggoda untuk dinikmati.

8. Sate Penyu

Klikhotel.com

Sate penyu menggunakan bahan baku daging penyu yang diolah sedemikian rupa dengan paduan rempah-rempah yang khas dari pulau Bali. Lalu dipanggang diatas bara yang berasal dari batok kelapa yang disuguhkan menggunakan irisan cabe rawit yang ditaburkan. Sangat menggoda untuk disantap.

9. Sate Torpedo

lifestyle.okezone.com

Hanya dengan mengetahui namanya tentu terdengar dan terlihat ekstrem karena bahan baku pembuat sate torpedo ini adalah torpedo (testis atau alat vital kambing jantan. Meskipun terdengar sangat aneh namun banyak yang mempercayai bahwa torpedo yang menjadi bahan dasar sate ini mempunyai khasiat mampu meningkatkan kemampuan dalam melakukan hubungan seks. Ini membuat sate paling enak di Madura banyak dicari. Jika daging yang lain dipotong kecil-kecil, torpedo ini dipotong sesuai dengan keinginan.

10. Sate Siput

masakandapurku.com

Dari namanya saja Anda pasti sudah tahu jika bahan yang digunakan untuk sate ini adalah siput. Jika di daerah Jawa Timur lebih dikenal dengan sebutan Bekicot. Meskipun bukan kuliner asli dari Madura namun sate ini tidak kalah lezat dari yang lainnya. Teksturnya yang kenyal dan rasa yang gurih disandingkan dengan bumbu kacang kecap yang menggoda.

Nama – nama sate diatas memang menjadi sate paling enak baik di Madura maupun daerah lainnya. Jadi, jika sate Madura yang dikenal banyak masyarakat adalah sate yang bahan dasarnya menggunakan daging ayam dan kambing. Namun banyak juga jenis sate lain yang rasanya tidak kalah enak dengan yang menggunakan bahan dasar daging ayam dan kambing. Indonesia mempunyai banyak sekali varian dari kuliner makanan. Bahkan untuk sate saja banyak sekali namanya. Demikianlah, ulasan kami mengenai sate paling enak di Madura.

One Response

  1. adi pradana January 14, 2019

Join The Discussion